Unika Soegijapranata Semarang

Unika

UNIKA Soegijapranata adalah sebuah universitas Katolik yang diselenggarakan oleh Yayasan Soegijapranata. Kampusnya terletak di Jalan Pawiyatan Luhur IV no 1 Bendan Dhuwur, sebuah kawasan di wilayah atas kota Semarang yang suhunya relatif sejuk.

Unika Soegijapranata merupakan kelanjutan dari Unika Atmajaya dan bentuk pengembangan dari Institut Teknologi Katolik Semarang. Didirikan tanggal 5 Agustus 1982 dengan Surat Keputusan Mendikbud RI tanggal 24 September 1983 Nomor.0400/0/1983.

Sejalan dengan amanat Konstitusi Apostolik tentang Universitas Katolik “Ex Corde Ecclesiae” dan semangat Mgr. Albertus Soegijapranata pelindung universitas, serta visi dan misi Perguruan Tinggi Katolik anggota APTIK.

Hingga saat ini Unia Soegijapranata mengelola sebelas Program Studi Sarjana, satu Program Studi Diploma dan sembilan Program Magister.

Kesebelas Program Studi Sarjana meliputi Arsitektur, Teknik Sipil, Manajemen, Akuntansi, Ilmu Hukum, Psi-kologi, Teknik Elektro, Teknologi Pangan, Sastra Inggris, Teknik Informatika dan Disain Komunikasi Visual, satu Program studi diploma Perpajakan.

Program Magister meliputi Program Magister Sains Manajemen dan Magister Manajemen, Program Magister Lingkungan dan Perkotaan (PMLP), Program Magister Hukum dengan konsentrasi Hukum Kesehatan dan Advokat.

Selain itu, Program Magister Sains Psikologi dengan konsentrasi Psikologi Perkembangan Sosial dan Pendidikan, Magister Profesi Psikologi, Magister Teknik Arsitektur konsentrasi Arsitektur dan Permukiman serta Magister Teknologi Pangan.

Unika Soegijapranata, sebagaimana disebut dalam visi organisasi mereka, berusaha menjadi komunitas akademik yang unggul dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian dengan dilandasi nilai nilai kristiani, cinta kasih, keadilan dan kejujuran.

Dr. Budi

Kini Unika Soegijapranata dipimpin oleh Yohanes Budi Widianarko  hingga tahun 2013. Ia menggantikan Y Bagus Wismanto, rektor sebelumnya. Ia bertekad menciptakan iklim pembelajaran yang kondusif dan bermakna agar mahasiswa dapat mencapai kesukacitaan dalam belajar (joy of learning).

“Perguruan tinggi merupakan konstelasi yang dinamis. Untuk itu, saya akan mencoba pendekatan organis dan evolusioner dalam memimpin,” ujarnya saat dilantik menjadi rektor.

Ketika memimpin, Budi yang juga merupakan ahli pangan ini berencana mengembangkan pusat penelitian yang dapat mengkaji Pulau Jawa sebagai sebuah entitas keruangan, sumber daya, ekologi, sosial, ekonomi, dan budaya. Pusat penelitian ini akan dinamakan The Java Institute.

Sebelum terpilih menjadi rektor, Budi telah menjabat sebagai Ketua Program Magister Lingkungan dan Perkotaan (2001-2009), Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Pengembangan (2000-2005), dan Dekan Fakultas Teknologi Pertanian (1995-2000).

UNIKA SOEGIJAPRANATA
Alamat: Jl. Pawiyatan Luhur IV/1 Bendan Dhuwur Semarang 50234
Telepon:62-24-8441555 | Fax : 62-24-8415429
Email : humas@unika.ac.id
Website:www.unika.ac.id

SEJARAH | PROGRAM STUDI | KEUNGGULAN | BIAYA KULIAH | UNIKA SOEGIJAPRANATA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


Get Widget