Soal UTS Bahasa Indonesia Rombel 24

Ujian Tengah Semester (UTS) MKU Bahasa Indonesia dilakukan untuk mengevaluasi perkuliahan. Melalui UTS ini mahasiswa dapat merefleksikan proses dan hasil selama mengikuti perkuliahan dan dapat merumuskan cara agar inerja ke depan lebih baik.

Bagi dosen, UTS ini bermanfaat sebagai bahan evaluasi terhadap mahasiswa agar bisa mengembangkan perkuliahan dengan lebih efektif sebagaimana tujuan perkuliahan. Pada akhirnya, kedua tujuan itu bermuara pada tercapainya tujuan perkuliahan.

Petunjuk:

  1. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan cermat.
  2. Tulislah jawaban Anda pada kolom komentar di bawah artikel ini dengan mencantumkan nama lengkap dan NIM.
  3. Waktu pengerjaan: 11.00 s.d. 12.30 WIB.

Pertanyaan:

  1. Apa manfaat yang Anda peroleh ketika mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia?
  2. Apa manfaat yang Anda peroleh ketika mempelajari materi kesantunan berbahasa?
  3. Apa manfaat yang Anda peroleh ketika mempelajari ragam bahasa?
  4. Hal apa saja yang harus dipertimbangkan supaya seorang penulis dapat memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah?
  5. Bagaimana cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif?
  6. Perbaikilah kalimat di bawah ini sehingga menjadi kalimat yang efektif:
    Pertarungan ekonomi antara Amerika terhadap China akan semakin berlangsung sengit karena Amerika dan China memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan punya rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
  7. Susunlah sebuah paragraf yang baik tentang bidang keilmuan Anda sesuai dengan kriteria paragraf yang baik!
  8. Apa hal yang akan Anda lakukan agar keterampilan menulis Anda meningkat signifikan?

Selamat mengerjakan.

31 Comments

  1. Arya Firdy Eka Paksi

    October 25, 2016 at 4:54 am

    Nama : Arya Firdy Eka Paksi
    Nim : 6101415034

    1. Manfaat yang saya peroleh adalah Saya dapat mengetahui pentingnya sejarah bahasa Indonesia dan ada beberapa alasan mengapa bahasa Indonesia diambil dari bahasa Melayu seingat saya karena bahasa Indonesia tidak memiliki tingkatan bahasa seperti pada bahasa Jawa atau bahasa Daerah.

    2. Manfaat yang Saya peroleh adalah Saya dapat mengetahui bagaimana cara yang benar untuk mengirim pesan tertulis maupun secara langsung kepada orang yang lebih tua dengan menggunakan bahasa yang santun dan sopan.

    3. Manfaat yang Saya peroleh adalah Saya dapat mengetahui macam-macam keanekaramgaman bahasa dan juga Saya dapat mengetahui karakteristik yang benar pada tiap-tiap ragam bahasa.

    4. Salah satu hal yang harus dipertimbangkan atau diperhatikan supaya seorang penulis dapat menentukan kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah adalah Diksi. Diksi yang digunakan harus tepat atau sesuai, kata yang digunakan harus menggunakan kata baku, lalu kalimat yang digunakan tidak boleh mubadjir atau berlebihan, penulisan sesuai dengan EYD dan kalimat yang digunakan harus bersifat objektif.

    5. Cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif adalah dengan memperhatikan unsur kesatuan, kepaduan, penekanan, penghematan, kevariasian, dan paralel atau kata kerja (memiliki, menguasai, dan mempunyai.)

    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dan Cina semakin sengit karena mereka memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.

    7. Gerak dasar merupakan kemampuan gerak yang biasa siswa
    lakukan guna meningkatkan kualitas
    hidup. Kemampuan gerak dasar di bagi
    menjadi tiga yaitu: Loco motor adalah
    kemampuan memindahkan tubuh dari satu
    tempat ketempat lain, Non locomotor
    adalah kemampuan yang dilakukan
    ditempat tanpa ada ruang gerak yang
    memadai, kemampuan Manipulatif lebih
    banyak melibatkan tangan dan kaki,tetapi
    bagian tubuh kita juga dapat digunakan. Kemampuan manipulatif terdiri dari:
    Gerakan mendorong, gerakan menerima,
    gerakan memantul-mantulkan bola.

    8. Hal yang akan Saya lakukan adalah dalam perkuliahan bahasa Indonesia yang saya dapat, saya akan memperhatikan dengan baik materi yang diberikan dan menerapkan materi yang Saya dapatkan diperkuliahan tersebut dalam karya tulis maupun hal lain yang berhubungan dengan bahasa Indonesia.

  2. Wulan ayu simpati

    October 25, 2016 at 4:59 am

    Nama : wulan ayu simpati
    Nim : 6101415004

    1. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia adalah Saya dapat mengetahui beberapa alasan mengapa jdnbahasa Indonesia diambil daribahasa Melayu, salah satunya adalah karena bahasa Indonesia tidak memiliki tingkatan bahasa seperti pada bahasa jawa.

    2. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari materi kesantunan berbahasa adalah Saya dapat mengetahui bagaimana cara mengirim pesan baik tertulis maupun secara langsung kepada orang lain terutama dosen atau orang yang lebih tua. dengan menggunakan bahasa yang santun.

    3. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari ragam bahasa adalah saya dapat mengetahui berbagai ragam bahasa selain itu saya juga dapat mengetahui bagaimana karakteristik yang digunakan pada tiap ragam bahasa.

    4. Hal yang harus di pertimbangkan supaya seorang penulis dapat memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah adalah diksi yang digunakan harus sesuai, kata yang digunakan harus menggunakan kata baku, kalimat yang digunakan tidak boleh mubazir, kalimat yang digunakan harus bersifat objektif, selain itu penulisan harus sesuai dengan EYD.

    5. Cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif adalah dengan memperhatikan kesatuan, kepaduan, penekanan, penghematan, kevariasian, dan paralel.

    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dan Cina semakin sengit karena Amerika dan Cina memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.

    7. Hukum Newton dibedakan menjadi 3 yaitu Hukum I Newton, Hukum II Newton, dan Hukum III Newton. Contoh penerapan dari Hukum I Newton adalah sebuah bola yang awalnya diamakan cenderung diam apabila tidak diberikan gaya pada bola tersebut. Penerapan dariHukum II Newton adalah sebuah meja yang didorong dengan gaya tertentu akan mengalami perpindahan posisi. Sedangkan penerapan dariHukum III Newton adalah aksi yang kita berikan pada sebuah bola akan menimbulkan reaksi dari bola tersebut.

    8. Hal yang akan saya lakukan agar keterampilan menulis saya meningkat signifikan adalah dengan senantiasa mengikuti perkuliahan bahasa Indonesia dengan baik.

  3. Arbani Rusdi

    October 25, 2016 at 4:59 am

    Nama : Arbani Rusdi
    NIM : 7211415126
    Rombel:24

    1. Dari sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia, Saya bisa mengetahui perkembangan bahasa Indonesia seperti ejaan atau kata yang seiring berlalunya waktu mulai berubah-ubah. Dengan mempelajari sejarah bahasa Indonesia kita bisa mengetahui bagaimana perjuangan bangsa kita dalam menghadapi penjajah. Perkembangan bahasa Indonesia sangat bermanfaat karena dengan mempelajarinya kita mengetahui ejaan, penulisan, dan makna kata yang baik dan benar.

    2. Kesantunan berbahasa sangat diperlukan untuk kehidupan sehari-hari misalnya, dalam mengirim pesan singkat kepada dosen. Di zaman ini kesantunan berbahasa mulai hilang. Seseorang berbicara tanpa mempedulikan siapa mitra tuturnya.

    3. Ragam bahasa membantu kita dalam menulis. Ragam bahasa adalah variasi kata yang tepat untuk digunakan dalam apa yang ingin kita tulis. Misalnya, saat kita ingin menulis dengan topik berita maka kita akan memilih ragam bahasa jurnalistik agar pesan yang ingin kita sampaikan dapat dipahami oleh pembaca.

    4. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih kata yang tepat dalam karya ilmiah yaitu kata yang digunakan harus berkaitan dengan topik atau judul dari karya ilmiah. Jika menggunakan bahasa asing maka kata harus dibuat miring. Kelas kata yang digunakan harus setara.

    5. Cara menyusun kalimat yang efektif yaitu memiliki keutuhan bahasa, terdiri dari unsur minimal subyek dan predikat, memiliki prinsip kehematan, kesejajaran, ketegasan, kepaduan, dan kelogisan.

    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dengan China semakin sengit karena keduanya memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan punya rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.

    7. Akuntansi adalah salah satu jurusan di fakultas ekonomi UNNES. Jurusan ini memiliki daya saing yang cukup ketat. Hal itu disebabkan oleh luasnya lapangan kerja dengan persyaratan minimal S1 Akuntansi.

    8. Melatih kemampuan menulis akan membuat kemampuan kita meningkat signifikan. Seperti memperbaiki kalimat yang kurang efektif menjadi efektif, memperbaiki paragraf agar menjadi utuh, dan memilih kata yang tepat dalam menulis kalimat.

  4. Wemma Fernanza Aushdayfa

    October 25, 2016 at 5:00 am

    Nama : Wemma Fernanza Aushadyfa
    NIM : 6101415035
    Rombel : 024
    ” Ulangan Tengah Semester ”

    1. Manfaat yang Saya peroleh ketika mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia adalah Saya dapat mengetahui beberapa alasan mengapa bahasa Indonesia diambil dari bahasa Melayu.

    2. Manfaat yang Saya peroleh ketika mempelajari materi kesantunan berbahasa adalah Saya dapat mengetahui bagaimana perbedaan dan cara mengirim pesan baik tertulis maupun secara langsung kepada orang lain terutama dosen dengan menggunakan bahasa yang santun.

    3. Manfaat yang Saya peroleh ketika mempelajari ragam bahasa adalah Saya dapat mengetahui macam-macam dari ragam bahasa selain itu Saya juga dapat mengetahui bagaimana karakteristik yang digunakan pada tiap-tiap ragam bahasa.

    4. Hal yang harus dipertimbangkan supaya seorang penulis dapat memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah adalah diksi yang digunakan harus sesuai, kata yang digunakan harus menggunakan kata baku, kalimat yang digunakan tidak boleh mubadjir, kalimat yang digunakan harus bersifat objektif, selain itu dalam penulisan harus sesuai dengan EBI.

    5. Cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif adalah dengan memperhatikan kesatuan, kepaduan, penekanan, penghematan, kevariasian, dan paralel.

    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dan China semakin sengit karena Amerika dan China memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.

    7. Dalam permainan bola basket, ada beberapa teknik dasar yang harus dikuasai terlebih dahulu yaitu : Dribble, Passing, Shooting.
    Dribble adalah gerakan dimana seseorang menggiring bola untuk melewati lawan.
    Passing adalah suatu gerakan mendorong bola yang diberikan kepada rekan satu tim
    Shooting adalah gerakan melempar bola yang ditujukan kepada ring .

    8. Hal yang akan Saya lakukan agar keterampilan menulis Saya meningkat signifikan adalah dengan senantiasa mengikuti perkuliahan bahasa Indonesia dengan baik dan menerapkan ilmu-ilmu yang sudah tertera di buku maupun yang sudah di berikan olah dosen pengajar.

  5. MUHAMMAD SYAMSUDDIN

    October 25, 2016 at 5:01 am

    nama : muhammad syamsuddin
    nim : 7211415124
    1. manfaat yang saya dapat dari mempelajari sejarah dan perkembangan bahasa indonesia yaitu saya dapat mengerti bagai mana awal mula bahasa indonesia itu sendiri hadir mulai saat menggunakan bahasa melayu hingga pada akhirnya saat di cetuskanya sumpah pemuda muncullah bahasa indonesia yang tak lain merupakann dari unsur bahasa melayu, dan perkembanganya hingga sampai sekarang makin banyak kosa kata yang dapat dipelajari di wawan indonesia
    2. manfaat yang saya dapat dari materi kesantunan adalah saya dapat menggunakan bahasa yang sopan dan santu kepada orang yang saya ajak bicara sehingga informasi yang saya sampaikan dapat diserap dengan baik oleh mereka. selain itu saya dapat menggunakan bahasa atau kata sesuai dengan topik atau kejadian yang terjadi.
    3. manfaat ragam bahasa yaitu saya dapat menggunakan bahasa sesuai konteks media yang saya pakai misal saja ragam jurnalistik saya pakai saat menggunakan media massa seperti koran, saya dspat menggunakan ragam bahasa komunikatif, ada juga ragam hukum dengan ragam bahasa yang singkat dan jelas, ilmiah dengan ragam bahasanya yang mengandung informasi biasa digunakan saat penelitian dan ragam karya sastra yang memiliki ragam bahasa yang dapat dikembangkan sesuai dengan kreasi kita karena karya sastra berisikan tentang keindahaan berhasa.
    4.yang pelu dipertimbangkan dalam menulis karya ilmiyah
    a. bahasa yang digunakan
    b. keefektifan
    c. penjedaan dan tanda baca
    d. pokok pikiran paragraf
    e. kesantunan bahasa
    f. diksi atau pilihan kata
    g. tujuan dapat tesampaikan dengan baik
    5. menyusun kalimat agar efektif dapat dilakukan dengan cara tidak menggunakan kata yang bermakna ganda, membuang kalimat yang tidak perlu, dalam kalimat memiliki kesinambungan, kalimat tersebut memiliki kesatuan, memiliki magsud dan tujuan yang jelas tidak ambigu.
    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dengan China akan semakin sengit terjadi, karena ke dua negara memiliki modal yang besar, memiliki kekuasaan mayoritas di pasar dunia, dan memiliki rakyat dalam jumlah yang besar sebagai basis konsumen.
    7. Akuntansi, merupakan salah satu cabang prodi yang terdapat di fakultas ekonomi UNNES. Prodi ini termasuk dalam jajaran jurusan terpopuler yang ada di UNNES. Hal ini dapat diliat saat pendaftaran masuk perguruan tinggi, akuntansi masuk jajaran atas penerimaan mahasiswa baru.
    8. agar kemampuan menulis menjadi menigkat signifikan kita perlu berlatih secara rutin, mencoba dan mencoba, membaca da mencari wawasan baru untuk mendapatkan perkembangan ( wawasan ) yang luas.

  6. Hesti Rosdiana

    October 25, 2016 at 5:04 am

    Hesti Rosdiana
    Nim: 6101415082
    1. Manfaatnya yaitu kita dapet mengetahui asal mulanya sejarah Mengingat pentingnya peranan bahasa Indonesia, kami sebagai mahasiswa dituntut untuk lebih memahami bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Yang salah satunya adalah mempelajari sejarah perkembangan bahasa Indonesia dari zaman pra kemerdekaan, kemerdekaan, dan reformasi. Dan Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan perasaan, berpatisipasi dalam masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut dan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya.
    2. Manfaat yang diperoleh dalam kesantunan berbahasa adalah kita dapat menghargai antara berbahasa dengan yg tua, berbahasa dengan yg muda agar terjalin rasa saling menghormati. Selain itu pula, dalam hal surat menyurat, kita dapat santun dalam berbahasa yang baik dan benar sesuai ebi.
    3. Manfaat yg dapat saya peroleh dari mempelajari ragam bahasa, yaitu di menumbuhkan sikap nasionalisme, identitas bangsa di mata internasional, alat persatuan bangsa, sebagai ikon pariwisata, menambah pendapat nasional, memupuk sikap toleransi, dan sumber pengetahuan bagi dunia.
    4.- Dengan menyajikan fakta obyektif
    – kerangka ilmiah sistematis
    – Tidak bersifat persuasif
    – Menggunakan diksi tepat
    – Menggunakan ejaan benar
    – Menggunakan kalimat yang padu dan koherensif
    – Menggunakan kalimat efektif.
    5. Kalimat menjadi efektif apabila memiliki kesepadanan struktur, keparalelan bentuk, ketegasan makna, kehematan kata, kecermatan penalaran, kepaduan gagasan/kalimat, dan kelogisan bahasa.
    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dan China semakin sengit, karena keduanya memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan rakyat dalam jumlah besar sebagai masyarakat konsumen.
    7. PJKR adalah Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi. Berperan dalam pendidikan bidang jasmani, yaitu pendidikan dengan berbasis jasmani,yg mementingkan aspek gerak,dan nilai-nilai penjas. Serta penjas berperan penting dalam kehidupan sehari-hari.
    8. Yang saya lakukan supaya kemampuan menulis saya meningkat adalah dengan memperhatikan materi bahasa Indonesia yang diberikan serta memperbanyak membaca dan latihan menulis dengan menerapkan materi materi yang diberikan, lebih sering belajar menulis/ membuat karya ilmiah, menulis dengan kalimat yang efektif dan tata tulis yang benar, lebih sering melakukan evaluasi pada penulisan dan meminta saran dan kriktik pada hasil tulisan kita.

  7. Wahyu Agung Irfianto

    October 25, 2016 at 5:06 am

    Wahyu Agung Irfianto
    6101415028

    1.Manfaat yg saya peroleh dari mempelajari sejarah bahasa indonesia, saya jadi tau kalo bahasa indonesia itu awalnya adalah bahasa melayu, dan setelah saya tau, saya jadi lebih menghargai bahasa indonesia, dan menerapkannya dalam bahasa sehari hari.
    2.Manfaat mempelajari kesantunan berbahasa membuat saya lebih santun dalam berbicara kepada orang lain sesuai dengan maksim-maksim yg ada.
    3.Manfaat yg saya peroleh ketika mempelajari ragam bahasa adalah membuat saya mengetahui berbagai macam ragam bahasa dan mengetahui perbedaan macam ragam bahasa terserbut sehingga dalam menulis menjadi lebih baik dan tidak bercampur-campur bahasanya.
    4.Yang harus dipertimbangkan saat memilih kata yg tepat untuk penulisan karya ilmiah adalah pemilihan kata yg tepat sesuai EYD atau EBI, penggunaan kalimat yg efektif dan paragraf yg padu.
    5.Cara menyusun kalimat yang efektif adalah membuat kalimat yang memiliki keutuhan atau kesatuan gagasan, perpautan atau kepaduan antara unsur unsur dalam kalimat, membuat kalimat dengan adanya pemusatan perhatian atau penekanan, kalimatnya harus hemat dan tidak ada kata kata yang mubazir, kalimat yang dibuat harus bervariasi agar pembaca tidak bosan dan kesejajaran dan paralelisme antar kalimat.
    6.Persaingan ekonomi antara Amerika dan Cina semakin sengit, karena keduanya memiliki modal besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan memiliki rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7.Ilmu Olah Raga menerapkan prinsip-prinsip dan teknik ilmiah dalam rangka memperbaiki kinerja olahraga. Ilmu Olah raga tidak hanya mencakup bidang biologi fisik namun juga berfokus pada persyaratan gizi manusia serta metode analisis kinerja atlet.
    8.Yang saya lakukan supaya kemampuan menulis saya meningkat adalah dengan memperhatikan materi bahasa Indonesia yang diberikan serta memperbanyak membaca dan latihan menulis dengan menerapkan materi materi yang diberikan.

  8. Vera Junifa Sumarsono

    October 25, 2016 at 5:08 am

    Vera Junifa Sumarsono
    6101415044

    1. Manfaatnya yaitu kita dapat mengetahui asal usul sejarah bahasa negara kita, mengingat pentingnya peranan bahasa Indonesia, kami sebagai mahasiswa dituntut untuk lebih memahami bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Yang salah satunya adalah mempelajari sejarah perkembangan bahasa Indonesia dari zaman pra kemerdekaan,kemerdekaan, dan reformasi.
    2. Manfaat mempelajari kesantunan bahasa yaitu, kita dapat menghargai antara berbahasa dengan yg tua, berbahasa dengan yg muda agar terjalin rasa saling menghormati. Selain itu pula, dalam hal surat menyurat, kita dapat santun dalam berbahasa yang baik dan benar sesuai ebi.
    3.Manfaat yg dapat saya peroleh dari mempelajari ragam bahasa, yaitu di negara kita kan mempunyai beragam bahasa dari Sabang sampai Merauke, di harapkan kita warga dalam satu negara dapat mengetahui ragam bahasa tersebut, maupun mempelajari bahasa tersebut, supaya menambah wawasan antar penduduk setanah air.Dan kita juga dapat mengetahui ejaan atau kata kata asing yang belum kita ketahui sebelumnya dengan mempelajari beragam budaya di Indonesia.
    4. Hal yang harus dipertimbangkan penulis dalam menulis karya ilmiah yaitu:
    a). Dengan menyajikan fakta obyektif
    b). kerangka ilmiah sistematis
    c). Tidak bersifat persuasif
    d). Menggunakan diksi tepat
    e). Menggunakan ejaan benar
    f). Menggunakan kalimat yang padu dan koherensif
    g). Menggunakan kalimat efektif
    5. kalimat efektif yaitu: apabila memiliki kesepadanan struktur, keparalelan bentuk, ketegasan makna, kehematan kata, kecermatan penalaran, kepaduan gagasan/kalimat, dan kelogisan bahasa.
    6.Pertarungan ekonomi antara Amerika dan China semakin sengit, karena keduanya memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia,dan rakyat dalam jumlah besar sebagai masyarakat konsumen.
    7.PJKR adalah Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi. Berperan dalam pendidikan bidang jasmani, yaitu pendidikan dengan berbasis jasmani,yg mementingkan aspek gerak,dan nilai-nilai penjas.Serta penjas berperan penting dalam kehidupan sehari hari.
    8.-sering berlatih menulis/ membuat karya ilmiah
    -Perbanyak membaca
    -menulis dengan kalimat yang efektif dan tata tulis yang benar
    -Lebih sering melakukan evaluasi pada penulisan
    -Meminta saran dan kriktik pada hasil tulisan kita kepada orang yang terpercaya atau orang yang lebih bisa bertata bahasa yang baik dan benar.

  9. Fajar Hawari

    October 25, 2016 at 5:09 am

    Nama : fajar hawari
    Nim : 6101415008

    1. Maanfaat yang bisa saya ambil dari mempelajari bahasa indonesia banyak, contohnya yang sebelumbya saya belum tahu atau yang menurut saya benar ternyata salah disitu menguak semuanya bisa di pahami kalimat satu persatu agar tidak salah kalimat lagi,maka dari itu maanfaat bisa diambil dari mempelajari perkembangan bahasa indonesia.
    2. Maanfaat mempelajari kesantunan berbahasa kita terhadap yang lebih tua bisa berbahasa dengan santun, karena sudah bisa berbahasa dengan baik dan rapi, tidak seenaknya sendiri berbahasa.
    3. Maanfaatnya kita bisa tau bahasa yang pantas di gunakan untuk menyusun kalimat, tidak asal membuat kalimat,disitu bisa tau pantas tidaknya juga.
    4.seorang penulis harus jeli dapat milih kalimat yang akan disusun, pas tidaknya seorang penulis dalam memilih kalimat tersebut,contohnya kosakata yang akan di gunakan tidak semenah menah.
    5.memiliki keutuhan yang bergagas, harus padu,kalimat kalimat harus baku,
    6.pertarungan china dan amerika disektor ekonomi akan berlangsung sengit keduanya memiliki modar yang sama sama besar, keduanya juga menguasi pasar dunia, dan mereka juga mempunyai rakyat yang besar sebagai konsumen.
    7.ilmu olahraga menerapkan prinsip yang lebih baik dalam kinerja olahraga,olahraga juga tidak hanya mencakup bidang biologi tetapi merka juga bisa meneliti gizi untuk atletnya sendiri
    8.kita sering baca refrensi referensi supaya kita dapat giat membaca dan mencoba latihan menulis dengan baik dan rapi.

  10. Nadia Rachma Putri/1301415034

    October 25, 2016 at 5:09 am

    1. Apa manfaat yang Anda peroleh ketika mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia?
    jawab : Manfaat dari saya mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa indonesia yaitu saya dapat mengetahui seperti apa perkembangan bahasa indonesia yang ternyata dari bahasa melayu serta saya dapat mengetahui ejaan-ejaan dalam bahasa indonesia yang diperbaharui sesuai dengan perkembangannya.

    2. Apa manfaat yang Anda peroleh ketika mempelajari materi kesantunan berbahasa?
    jawab : manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari materi kesantunan berbahasa yaitu dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, tidak canggung ketika harus menghubungi dosen karena sudah belajar mengenai kesantunan bahasa, serta merasa lebih menghargai orang lain ketika berkomunikasi.

    3. Apa manfaat yang Anda peroleh ketika mempelajari ragam bahasa?
    jawab : manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari ragam bahasa yaitu saya dapat membedakan masing-masing karakteristik bahasa yang sesuai dengan topik pembicaraan.

    4. Hal apa saja yang harus dipertimbangkan supaya seorang penulis dapat memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah
    jawab : Karya ilmiah bersifat objektif, disusun secara sistematis, menggunakan kalimat efektif sesuai dengan ejaan, menggunakan bahasa baku serta hindari penggunaan bahasa yang ambigu.

    5. Bagaimana cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif?
    jawab : – minimal memiliki subjek dan predikat
    – memiliki keutuhan
    – memiliki kepaduan
    – memiliki kehematan
    – memiliki penekanan
    – memiliki variasi
    – paralel atau kesejajaran

    6. Perbaikilah kalimat di bawah ini sehingga menjadi kalimat yang efektif:
    Pertarungan ekonomi antara Amerika terhadap China akan semakin berlangsung sengit karena Amerika dan China memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan punya rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    jawab : Pertarungan ekonomi antara Amerika dengan China akan berlangsung sengit karena memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar yang berbasis konsumen.

    7. Susunlah sebuah paragraf yang baik tentang bidang keilmuan Anda sesuai dengan kriteria paragraf yang baik!
    jawab : Setiap individu yang lahir didunia hakikatnya mempunyai karakteristik yang berbeda-beda antar individu. Karakteristik ada dua macam, yaitu karakteristik yang sudah ada pada diri individu tersebut (hereditas) dan karakteristik yang dipengaruhi oleh lingkungan. Karakteristik yang sudah ada pada diri individu merupakan karakteristik yang dibawa sejak lahir yang berhubungan dengan faktor biologis maupun sosial psikologis. Sedangkan karakteristik yang dipengaruhi oleh lingkungan merupakan karakteristik yang terbentuk ketika individu tersebut mulai berkembang pada lingkungan masyarakat.

    8. Apa hal yang akan Anda lakukan agar keterampilan menulis Anda meningkat signifikan?
    jawab : hal yang akan saya lakukan agar keterampilan menulis saya meningkat signifikan yaitu dengan mempelajari tentang penulisan mulai dari bahasa, ejaan, tanda baca, dan lain-lain; mulai menerapkan pada tugas-tugas seperti makalh, paper, karya ilmiah, dan lain-lain; mengkuti organisasi tentang keilmiahan; serta mengikuti pelatihan tentang keterampilan menulis.

  11. AHMAT HERYANTO (1301415013)

    October 25, 2016 at 5:10 am

    NAMA : AHMAT HERYANTO (1301415013)

    1. Manfaat yang saya peroleh dari mempelajari sejarah dan perkembangan Bahasa Indonesia adalah saya mengetahui asal usul dari mana munculnya dan bagaimana proses terbentuknya Bahasa Indonesia pada masa lampau. Selain itu saya juga bisa menghargai berbagai perbedaan bahasa dari setiap daerah, dan saya juga bisa menghargai Bahasa Indonesia untuk saya pergunakan setiap hari
    2. Manfaat yang saya peroleh dari mempelajari kesantunan berbahasa adalah saya lebih jelih dalam memilah-milah bahasa yang saya pergunakan setiap hari apakah sudah santun apa belum. Kesantunan berbahasa itu sangat penting untuk berkomunikasi sehari hari. dengan mempelajari kesantunan berbahasa, lawan bicara saya merasa lebih nyaman dengan cara saya berbahasa sehingga komunikasi lebih efektif.
    3. Manfaat yang saya peroleh dari mempelajari ragam bahasa adalah saya menjadi tahu ada bermacam macam ragam bahasa yaitu ragam bahasa jurnalistik, Undang-undang, Sastra dan Ilmiah serta dapat mengerti masing-masing perbedaannya. Selain itu saya juga dapat mengetahui ciri khusus, fungsi dan tujuan dari masing masing ragam bahasa. Sehingga saya bisa menerapkan dalam kehidupan saya seperti contoh saat membuat skripsi saya menggunakan ragam bahasa ilmiah.
    4. Hal yang harus di pertimbangkan dalam memilih kata saat menulis karya ilmiah yaitu memperhatikan yang akan digunakan apakah tepat atau tidak, gunakan kata yang tidak memiliki makna ganda, gunakan kata sesuai EBI, memperhatikan perubahan makna pada kalimat, gunakan makna denotasi bukan konotasi.
    5. Cara menyusun kalimat yang efektif adalah dengn memperhatikan ciri-ciri kalimat efektif itu sendiri, diantaranya adalah memiliki keutuhan atau kesatuan gagasan, kepaduan, memiliki pusat perhatian atau penekanan, praktis atau tidak mubadzir, paralelisme, dan kevariasian. Dengan mempertimbangkan ciri-ciri tersebut maka dapat disusun kalimat yang efektif.
    6. Persaingan ekonomi antara Amerika dan China semakin sengit karena keduanya memiliki modal besar untuk menguasai pasar dunia dari banyaknya konsumen yang mereka miliki.
    7. Pada kenyataanya Bimbingan dan Konseling mengalami banyak yang salah dalam cara pandang masing-masing orang. Terutama siswa yang menganggap Bimbingan dan Konseling sebagai polisi sekolah. Selain itu banyak yang menganggapnya hanya sebagai proses pemberian nasehat. Bahkan ada yang mengartikannya sebagai penyelesaian masalah saja.
    8. Hal yang saya lakukan untuk meningkatkan keterampilan menulis adalah dengan memperbanyak mebaca referensi-referensi tentang cara menulis yang baik dan benar seperti Teknik Penulisan Karya Ilmiah, Karya Tulis Ilmiah, dan referensi lain. Selain itu juga sering berlatih agar tidak hanya tau materinya saja melainkan mampu mempraktekanya.

  12. Ayu Nur Laili / 1301415020

    October 25, 2016 at 5:10 am

    1. Dengan mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa indonesia, manfaat yang saya peroleh yaitu bisa lebih mengerti dan memahami tentang bagaimana sejarah dan perkembangan bahasa indonesia dari masa ke masa selama ini.
    2. Dengan mempelajari materi kesantunan berbahasa, manfaat yang saya peroleh yaitu bisa berbicara lebih santun dan bisa menyesuaikan dengan siapa saya berbicara serta bahasa bagaimana yang sebaiknya saya gunakan.
    3. Dengan mempelajari materi ragam bahasa, manfaat yang saya peroleh yaitu bisa lebih mengerti dan memahami dengan jelas tentang ragam bahasa yang ada dalam bahasa indonesia sehingga saya bisa mengaplikasikan dengan tepat dalam kehidupan sehari-hari.
    4. Seorang penulis harus memperhatikan ditujukan untuk siapa karya tulis yang dibuat dengan menyesuaikan diksi yang digunakan sehingga para pembaca yang membutuhkan informasi dalam tulisan tersebut dapat memahami dengan mudah isi tulisan tersebut.
    5. Keutuhan atau kesatuan gagasan, kepaduan, memiliki pusat perhatian, praktis, pararelisme dan kevariasian.
    6. Persaingan ekonomi antara Amerika dan China semakin ketat karena keduanya sama-sama memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan punya rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7. Kesalahpahaman tentang peran guru BK di sekolah masih sangat banyak dijumpai sampai sekarang, salah satunya yaitu guru BK dianggap sebagai polisi sekolah. Banyak anggapan bahwa guru BK kerjanya hanya mengurusi siswa nakal saja, menghukum, memberi point dan semacamnya. Padahal tidak semua siswa nakal saja yang berurusan dengan guru BK tetapi siswa yang mempunyai permasalahan seperti bingung ingin melanjutkan pendidikan dimana yang sesuai dengan potensi, minat serta bakat yang dimilikinya itu bisa dikonsultasikan. Jadi guru BK tidak hanya untuk siswa nakal saja tapi untuk semua siswa di sekolah.
    8. Agar kemampuan menulis saya meningkat, saya akan memperbanyak membaca buku maupun apa saja yang dapat menambah wawasan serta mempelajari tentang cara penulisan karya ilmiah yang baik dan benar.

  13. ASRUL MUJIB AMNAN

    October 25, 2016 at 5:11 am

    nama asrul mujib amnan
    nim 7211415168

    1.Apa manfaat yang Anda peroleh ketika mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia?
    jawab
    saya lebih faham tentang perkembangan bahasa indonesia,setelah tahu sejarahnya.perkembangan bahasa indonesia dulunya yang digunakan adalah bahasa mlayu namun dengan perkembangan zaman bahasa mlayu diganti dengan bahasa indonesia karena bahasa indonesia dinilai lebih mudah dipahami.bahasa indonesia adalah bahasa pemersatu bangsa.
    2.Apa manfaat yang Anda peroleh ketika mempelajari materi kesantunan berbahasa?
    jawab
    saya lebih tahu tentang adat kesopanan dalam berbahasa ini sangat penting karena kesantunan bahasa adalah jiwa dalam bahasa.
    3.Apa manfaat yang Anda peroleh ketika mempelajari ragam bahasa?
    jawab
    saya lebih tahu tentang bermacam-macam bahasa.
    4.Hal apa saja yang harus dipertimbangkan supaya seorang penulis dapat memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah?
    jawab
    1.logis=kalimat yang bisa diterima dengan akal sehat
    2.tidak ambigu
    Kalimat yang menimbulkan makna atau tafsir ganda disebut juga dengan kalimat yang tidak efektif.
    3.hemat
    Suatu kalimat dapat dikatakan efektif jika tidak ada pemborosan kata di dalamnya. Tanpa kita sadari, kita sering sekali menggunakan kata-kata yang tidak perlu digunakan pada kalimat yang kita buat.
    4.tanda baca
    Kalimat efektif sudah tentu kalimat yang baku. Oleh karena itu, syarat yang terakhir pada kalimat efektif adalah harus mengikuti kaidah yang telah ditentukan dalam EYD.
    5.Bagaimana cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif?
    jawab
    harus logis.tidak ambigu,hemat,padu,terstruktur,ketegasan topik,memperhatikan tanda baca
    6.Perbaikilah kalimat di bawah ini sehingga menjadi kalimat yang efektif:
    jawab
    Pertarungan ekonomi antara Amerika terhadap China akan semakin berlangsung sengit karena Amerika dan China memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan punya rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    jawab
    Persaingan ekonomi antara Amerika terhadap China akan semakin kuat karena Amerika dan China memiliki modal yang besar, untuk menguasai pasar dunia,ditambah dengan rakyat dalam jumlah sangat besar.
    7.Susunlah sebuah paragraf yang baik tentang bidang keilmuan Anda sesuai dengan kriteria paragraf yang baik!
    jawab
    Akuntansi Keuangan adalah bidang akuntansi yang mengkhususkan diri dalam proses pencatatan transaksi hingga penyajian dalam bentuk laporan keuangan.Akuntansi sama seperti bidang keilmuan lainnya memiliki banyak sekali cabang, cabang-cabang ini pada umumnya berkaitan dengan profesi spesialis bagi seorang akuntan. Sama seperti profesi dokter yang memiliki bidang-bidangnya misalkan dokter gigi, dokter umum, dll.
    8.Apa hal yang akan Anda lakukan agar keterampilan menulis Anda meningkat signifikan?
    jawab
    senantiasa mengikuti perkuliahan bahasa Indonesia dengan baik,menerapkan materi yang Saya dapatkan diperkuliahan dalam karya tulis yang Saya buat dan berlatih dalam konteks penalaran ilmu bahasa.

  14. Dheka Akbar Prasetyo

    October 25, 2016 at 5:11 am

    Nama:Dheka Akbar Prasetyo
    Nim :6101415061
    1.Setelah saya mempelajari sejarah dan perkembangan bahaha indonesia saya lebih mengetahui atau mengingat pentingnya peranan bahasa Indonesia, kami sebagai mahasiswa dituntut untuk lebih memahami bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Yang salah satunya adalah mempelajari sejarah perkembangan bahasa Indonesia dari zaman pra kemerdekaan, kemerdekaan, dan reformasi.
    2.Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari tentang kesantunan bahasa yaitu, kita dapat menghargai antara berbahasa dengan yg tua, berbahasa dengan yg muda agar terjalin rasa saling menghormati. Selain itu pula, dalam hal surat menyurat, kita dapat santun dalam berbahasa yang baik dan benar sesuai ebi.
    3.Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari ragam bahasa yaitu,menumbuhkan sikap nasionalisme, identitas bangsa di mata internasional, alat persatuan bangsa, sebagai ikon pariwisata, menambah pendapat nasional, memupuk sikap toleransi, dan sumber pengetahuan bangsa indonesia dan dunia.
    4.Hal yang harus di pertimbangkan supaya seorang penulis memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah yaitu: 1).Dengan menyajikan fakta obyektif
    2).Kerangka ilmiah sistematis
    3).Tidak bersifat persuasif
    4).Menggunakan diksi tepat
    5).Menggunakan ejaan benar
    6).Menggunakan kalimat yang padu dan koherensif
    7). Menggunakan kalimat efektif
    5. Cara menyusun kalimat agar menjadi efektif adalah kalimat menjadi efektif apabila memiliki kesepadanan struktur, keparalelan bentuk, ketegasan makna, kehematan kata, kecermatan penalaran, kepaduan gagasan/kalimat, dan kelogisan bahasa.
    6.Pertarungan ekonomi antara Amerika dan China semakin sengit, karena keduanya memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan rakyat dalam jumlah besar sebagai masyarakat konsumen.
    7.PJKR adalah Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi. Berperan dalam pendidikan bidang jasmani, yaitu pendidikan dengan berbasis jasmani,yg mementingkan aspek gerak,dan nilai-nilai penjas.Serta penjas berperan penting dalam kehidupan sehari hari.
    8.- Lebih sering belajar menulis/ membuat karya ilmiah
    – Sering membaca buku, majalah/ novel
    – Menulis dengan kalimat yang efektif
    – Lebih sering melakukan evaluasi pada penulisan
    – Meminta kritikan dan saran.

  15. afif apriyanto

    October 25, 2016 at 5:14 am

    Nama : afif apriyanto
    Nim : 6101415033

    1. Setelah saya mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa indonesia saya menjadi mengetahui perkembangan bahasa yang dulu berasal dari bahasa melayu yang kemudian berkembang adanya sumpah pemuda yang membentuk menjadi bahasa indonesia.

    2. Manfaat yang Saya peroleh ketika mempelajari materi kesantunan berbahasa adalah Saya dapat mengetahui bagaimana perbedaan dan cara mengirim pesan baik tertulis maupun secara langsung kepada orang lain terutama dosen dengan menggunakan bahasa yang santun.

    3. Manfaat yang Saya peroleh ketika mempelajari ragam bahasa adalah Saya dapat mengetahui macam-macam dari ragam bahasa selain itu Saya juga dapat mengetahui bagaimana karakteristik yang digunakan pada tiap-tiap ragam bahasa.

    4. Hal yang harus dipertimbangkan supaya seorang penulis dapat memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah adalah diksi yang digunakan harus sesuai, kata yang digunakan harus menggunakan kata baku, kalimat yang digunakan tidak boleh mubadjir, kalimat yang digunakan harus bersifat objektif, selain itu dalam penulisan harus sesuai dengan EBI.

    5. Cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif adalah dengan memperhatikan kesatuan, kepaduan, penekanan, penghematan, kevariasian, dan paralel.

    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dan China semakin sengit karena Amerika dan China memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.

    7. Dalam olahraga atletik cabang lompat jauh, ada beberapa teknik dasar yang harus dikuasai terlebih dahulu yaitu : awalan, tolakan,dan mendarat.
    Awalan adalah pesiapan kita sebelum melakukan tolakan yaitu lari dengan jarak yg semaksimal mungkin dengan kecepan yang baik. Tolakan merupakan posisi kaki di balok tumpuan.dan mendarat yaitu dimana posisi kaki ketika kita diudara serta penempatannkaki di pasir

    8. Hal yang akan Saya lakukan agar keterampilan menulis Saya meningkat signifikan adalah dengan senantiasa mengikuti perkuliahan bahasa Indonesia dengan baik dan selalu membaca sebelum mata kuliah,memahami materi dan selalu akrif dalam mempelajari materi bahasa indonesia dan menerapkan segala ilmu yang diperoleh

  16. Rizqi Teguh Iskandar

    October 25, 2016 at 5:15 am

    Nama : Wemma Fernanza Aushadyfa
    NIM : 6101415035
    Rombel : 024
    ” Ulangan Tengah Semester ”

    1. Manfaat yang Saya peroleh ketika mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia adalah Saya dapat mengetahui beberapa alasan mengapa bahasa Indonesia diambil dari bahasa Melayu.

    2. Manfaat yang Saya peroleh ketika mempelajari materi kesantunan berbahasa adalah Saya dapat mengetahui bagaimana perbedaan dan cara mengirim pesan baik tertulis maupun secara langsung kepada orang lain terutama dosen dengan menggunakan bahasa yang santun.

    3. Manfaat yang Saya peroleh ketika mempelajari ragam bahasa adalah Saya dapat mengetahui macam-macam dari ragam bahasa selain itu Saya juga dapat mengetahui bagaimana karakteristik yang digunakan pada tiap-tiap ragam bahasa.

    4. Hal yang harus dipertimbangkan supaya seorang penulis dapat memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah adalah diksi yang digunakan harus sesuai, kata yang digunakan harus menggunakan kata baku, kalimat yang digunakan tidak boleh mubadjir, kalimat yang digunakan harus bersifat objektif, selain itu dalam penulisan harus sesuai dengan EBI.

    5. Cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif adalah dengan memperhatikan kesatuan, kepaduan, penekanan, penghematan, kevariasian, dan paralel.

    6. Pertarungan ekonomi antara amerika dan china akan beelangsung sengit karena amerika dan china memiliki modal yang besar menguasai pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen
    7.Olahraga sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Dengan olahraga yang teratur tubuh menjadi sehat dan lincah. Hal ini dikarenakan olahraga membantu proses metabolisme di dalam tubuh kita sehingga menghasilkan energy untuk menunjang aktivitas kehidupan sehari-hari. Olahraga juga bisa membuat tubuh kita bugar sehingga membuat kita semangat sepanjang hari.
    8. Saya akan latihan dan mendalami materi bahasa indonesia terutama pada bab penulisan karya ilmiah

    nama: Rizqi Teguh Iskandar (6101415006)

  17. Patria Chandra Yunianto

    October 25, 2016 at 5:15 am

    Jawab :
    1. Manfaaat mempelajari sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia antara lain : a) kita menjadi tahu sejarah bahasa Indonesia yang asalnya dari bahasa melayu karena bahasa melayu sudah berkembang di daerah-daerah di Indonesia dan diterima semua kalangan. b) meningkatkan rasa cinta dan menjunjung tinggi bahasa Indonesia karena bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan kita.
    2. Manfaat yang kita dapatkan dari mempelajari kesantunan berbahasa yaitu kita mejadi lebih mengevaluasi diri apakah bahasa yang kita gunakan dalam keseharian kita sudah cukup santun atau tidak, sehingga dengan kita mempelajarinya dengan maksim-maksim yang ada kita akan mengimplementasikannya di lingkungan kita.
    3. Manfaat kita mempelajari ragam bahasa yaitu kita menjadi tahu apa saja ragam bahasa yang ada dalam bahasa Indonesia seperti : Ragam Hukum, Ragam Jurnalistik, Ragam Ilmiah dan Ragam Sastra. Kita juga menjadi tahu ragam bahasa yang mana yang akan kita gunakan agar kita dalam membuat karangan atau karya limiah menjadi lebih baik.
    4. Hal yang perlu diperhatikan antara lain : a) memilih diksi yang tepat sesuai dengan maksud yang diinginkan oleh penulis agar para pembaca menjadi paham dan masuk akal. b) melihat siapa saja yang menjadi pembaca dari faktor usia, pendidikan, status dan lainnya. c) menggunakan ragam bahasa ilmiah karena kita membuat karya ilmiah.
    5. cara menyusun kalimat menjadi kalimat efketif yaitu kita perlu tahu apa saja ciri kalimat efektif agar kita mampu membuat kalimat yang efektif. caranya antara lain : memilih diksi yang tepat, ada komponen minimal sebuah kalimat ( subjek dan predikat), perlu adanya penekanan atau intonasi, tidak ada kata yang mubazir, hemat dalam penggunaan kata, tidak berbelit-belit atau langsung pada intinya.
    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dan China berlangsung sengit karena 2 negara tersebut memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7. Tugas seorang akuntan salah satunya adalah menyusun laporan keuangan. Laporan keuangan terdiri dari laporan laba/rugi, laporan perubahan modal, laporan neraca, laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan. Laporan laba/rugi berisi pendapatan dan beban dalam satu periode. Laporan perubahan modal berisi besarnya modal awal, laba yang didapat dan modal akhir. Laporan neraca berisi aktiva, kewajiban dan modal. Laporan arus kas berisi aliran kas dari aktivitas operasional. Catatan atas laporan keuangan berisi informasi yang diperlukan dalam laporan keuangan.
    8. cara agara keterampilan menulis saya meningkat signifikan antara lain : a) kita harus melihat dan memperhatikan hal atau peristiwa di sekeliling. b) kemudian kita mendengar kita orang-orang ketika berbicara. c) membaca buku atau referensi lain agar kemampuan menulis kita meningkat. menulis merupakan akhir dari proses belajar manusia dengan melihat, memperhatikan, mendengar, berbicara kemudian menulis.

  18. Alfi sholehah dwi meyrani

    October 25, 2016 at 5:16 am

    1. Setelah saya mempelajari sejarah dan perkemkembangan bahasa indonesia, saya dapat mengetahui sejarah bahasa indonesia dari melayu menjadi bahasa indonesia. Manfaat yang saya peroleh yaitu lebih menghargai bahasa indonesia, menerapkan bahasa tersebut dengan benar dalam kehidupan sehari-hari.
    2.Materi kesantunan bahasa sangat bermanfaat. Saya mendapatkan pengetahuan bagaimana cara berbahasa yang baik dan santun sesuai dengan karakteristik tersebut. Sehingga dengan pengetahuan tersebut, saya dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Seperti mempresentasikan materi perkuliahan, bahasa yang dikomunikasikan lebih mudah dan benar.
    3. Setelah saya mempelajari ragam bahasa, manfaat yang saya peroleh yaitu pengetahuan, macam-macam bahasa, karakterisiknya, dll. Sehingga, saya dapat mempergunakan bahasa yang mana untuk diterapkan di hal apa.
    4. Memilih kata untuk penulisan karya ilmiah, hal yang harus saya pertimbangkan yaitu harus mengetahui sistematika penyusunan karya ilmiah, kata aturan yang dipergunakan, diksi yang baik, ragam bahasa karya ilmiah, merangkai kata tersebut menjadi kalimat yang efektif, dll.
    5. Cara menyusun kalimat efektif, hendaknya kita harus mengetahui dan memahami pengertian kalimat efektif itu apa dan ciri-ciri kalimat efektif itu bagaimana. Ciri-ciri kalimat tersebut yaitu keterpaduan kalimat, kehematan kata, memiliki penekanan, dll.
    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dan China dapat berlangsung sengit karena memiliki modal yang besar, mayoritas menguasai pasar dunia, dan masyarakat sebagai basis konsumen.
    7. Pendidikan seni rupa sangat penting untuk dipelajari. Beberapa manfaat yang diperoleh. Seperti menguasai konsep seni, wawasan yang luas dalam berkarya, dan menerapkannya sebagai pendidik seni.
    Manfaat tersebut juga dapat diterapkan dalam hal berkarya. Berkarya yang kreatif dan ekspresif.
    8. Dengan kuliah mata pelajaran bahasa indonesia, Memahami segala hal Yang diajarkan, dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Seperti selalu berkarya kreatif dengan mengikuti setiap perlombaan jenis penulisan, aktif organisasi dan kepanitiaan. Karena hal tersebut pasti ada hal menulis redaksi, dll.

  19. Vicki Khoiru Nizar

    October 25, 2016 at 5:17 am

    Nama : vicki khoiru nizar
    Nim 2401415039
    Jawab
    1. saya menjadi tahu tentang sejarah bahasa indonesia dan mengerti asal mula digunakannya bahasa indonesia ini awalnya dari bahasa melayu. Dan juga saya mengerti bahwa dari bahasa melayulah kita dapat disatukan karena bahasa ini mudah dimengerti dan masyarakat mudah beradaptasi dengan bahasa ini.
    2.saya jadi mengerti bagaimana caranya bertutur kata yang baik dan bisa memilih bahasa apa yang cocok digunakan saat berkomunikasi dengan lawan bicara yang kadang berbeda sifat dan karakter. Saya juga jadi mengerti tidak semua orang yang saya ajak berkomunikasi akan paham dengan apa yang saya ucapkan. Maka dari itu sebelum saya berkomunikasi saya terlebih dahulu akan beradaptasi dengan sifat dan karakternya agar apa yang saya sampaikan bisa ditangkap oleh orang tersebut.
    3. Saya menjadi tahu bahwa tidak semua gaya bahasa bisa digunakan di saat situasi dan tempat tertentu, atau dengan siapa saya berkomunikasi. Misal dalam bidang hukum, saya baru mengerti jika satu kata saja kurang tepat, maka penafsirannya juga akan berbeda-beda. Dan ini bisa berakibat fatal untuk kedepannya.
    4. ragam bahasa yang digunakan adalah ragam bahasa ilmiah. Artinya kata yang digunakan harus baku, jelas, tidak berbelit-belit, ejaan bahasa Indonesia harus benar, serta mudah dimengerti. Karena berhubungan dengan penelitian, maka harus mudah dipahami oleh pembaca, walaupun hanya di salah satu bidang saja.
    5. Menggunakan ejaan bahasa Indonesia, tidak berbelit-belit, tidak menggunakan kata yang mubazir, diksi atau pilihan kata harus tepat, penjedaan dan tanda baca harus jelas, serta tujuan dapat tersampaikan dengan tepat.
    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dengan Cina akan berlangsung semakin sengit karena dua negara tersebut memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis kinsumen.
    7. Sebuah karya seni rupa dapat dikatakan bernilai, jika memiliki kriteria keindahan. Keindahan disini tidak hanya terletak pada bentuk, namun juga pada nilai yang terkandung di dalamnya. Contohnya adalah lukisan yang dibuat oleh Affandi. Banyak yang bilang lukisannya terkesan urakan, namun ada juga yang menilai justru dari urakannya itulah lukisan sang maestro menjadi mendunia.
    8. Terus mempelajari ilmu berbahasa, banyak membaca banyak artikel agar tahu perbedaan-perbedaan diantaranya.

  20. Yunita Dwi Rahayu / 1301415028

    October 25, 2016 at 5:18 am

    1. Dengan mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa indonesia saya mendapatkan manfaat bahwa untuk memperdalam bahasa indonesia kita perlu mengetahui perkembangannya sampai saat ini sehingga saya tahu mengenai bahasa pemersatu dari berbagai suku dan adat istiadat yang beranekaragam di Indonesia.
    2. Dengan mempelajari materi kesantunan berbahasa yang saya peroleh yaitu dalam merealisasikan kegiatan bersosialisasi sehari-hari dari prinsip sopan santun
    3. Dengan mempelajari materi ragam bahasa saya dapat mengetahui penggunaan bahasa yang sesuai dengan situasi dan kondisi
    4. yang harus dipertimbangkan adalah objektif, sistematit, dan sesuai ejaan
    5. Caranya yaitu apa bila ada kata yang tidak mempengaruhi maka menghilangkan kata tersebut karena mubazir, hindari kata yang berulang-ulang, dan logis
    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika terhadap China akan semakin berlangsung sengit karena memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan punya rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7. Konselor sebagai sahabat siswa dimana konselor bersikap peduli terhadap masalah yang dihadapinya, sehingga siswa dapat terbuka dalam menceritakan masalahnya
    8. saya akan memperbanyak dan membiasakan membaca buku dan jurnal-jurnal

  21. Rio Bagus Kurniawan

    October 25, 2016 at 5:21 am

    Rio Bagus Kurniawan
    6101415062

    1. Manfaatnya yaitu kita dapat mengetahui asal usul sejarah bahasa negara kita, mengingat pentingnya peranan bahasa Indonesia, kami sebagai mahasiswa dituntut untuk lebih memahami bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Yang salah satunya adalah mempelajari sejarah perkembangan bahasa Indonesia dari zaman pra kemerdekaan,kemerdekaan, dan reformasi.
    2. Manfaat mempelajari kesantunan bahasa yaitu, kita dapat menghargai antara berbahasa dengan yg tua, berbahasa dengan yg muda agar terjalin rasa saling menghormati. Selain itu pula, dalam hal surat menyurat, kita dapat santun dalam berbahasa yang baik dan benar sesuai ebi.
    3.Manfaat yg dapat saya peroleh dari mempelajari ragam bahasa, yaitu di negara kita kan mempunyai beragam bahasa dari Sabang sampai Merauke, di harapkan kita warga dalam satu negara dapat mengetahui ragam bahasa tersebut, maupun mempelajari bahasa tersebut, supaya menambah wawasan antar penduduk setanah air.Dan kita juga dapat mengetahui ejaan atau kata kata asing yang belum kita ketahui sebelumnya dengan mempelajari beragam budaya di Indonesia.
    4. Hal yang harus dipertimbangkan penulis dalam menulis karya ilmiah yaitu:
    a). Dengan menyajikan fakta obyektif
    b). kerangka ilmiah sistematis
    c). Tidak bersifat persuasif
    d). Menggunakan diksi tepat
    e). Menggunakan ejaan benar
    f). Menggunakan kalimat yang padu dan koherensif
    g). Menggunakan kalimat efektif
    5. kalimat efektif yaitu: apabila memiliki kesepadanan struktur, keparalelan bentuk, ketegasan makna, kehematan kata, kecermatan penalaran, kepaduan gagasan/kalimat, dan kelogisan bahasa.
    6.Pertarungan ekonomi antara Amerika dan China semakin sengit, karena keduanya memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia,dan rakyat dalam jumlah besar sebagai masyarakat konsumen.
    7.PJKR adalah Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi. Berperan dalam pendidikan bidang jasmani, yaitu pendidikan dengan berbasis jasmani,yg mementingkan aspek gerak,dan nilai-nilai penjas.
    8.Yang saya lakukan supaya kemampuan menulis saya meningkat adalah dengan memperhatikan materi bahasa Indonesia yang diberikan serta memperbanyak membaca dan latihan menulis dengan men

  22. DEA MAYANG YULIA PUTRI

    October 25, 2016 at 5:23 am

    Nama : Dea Mayang Yulia Putri
    Nim : 2301416037

    1. Menurut saya manfaat yang dapat diperoleh dari belajar materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia kita dapat mengetahui asal usul terbentuknya bahasa indonesia sehingga kita tidak hanya menelan mentah-mentah pelajaran berbahasanya melainkan kita mengetahui juga sejarahnya.

    2. Manfaat belajar materi kesantunan berbahasa kita dapat mengetahui kata yang benar, sehingga memudahkan kita dalam berkomunikasi dengan orang lain secara langsung maupun tidak langsung.

    3. Manfaat dari belajar ragam bahasa kita dapat mengenali jenis jenis ragam bahasa seperti jurnalistik, sastra, hukum, ilmiah. Serta saya dapat memahami ciri-ciri dari setiap ragam bahasa itu sendiri.

    4. Menurut saya hal yang harus diperhatikan penulis dalam menulis karya ilmiah adalah pemilihan diksi yang tepat, menggunakan kata baku, memperhatikan ejaan agar sesuai dengan EBI, memiliki kesatuan bahasa, memiliki pusat perhatian, logis, lugas, dan tidak menggunakan kata secara berlebihan yang mengakibatkan mubadzir.

    5. Menurut saya cara menulis kalimat supaya menjadi kalimat yang efektif adalah dengan memperhatikan PARAGRAF YANG BAIK, yaitu memiliki kesatuan bahasa, memiliki pusat perhatian, logis, lugas, dan menggunakan kata dengan hemat.

    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika terhadap Cina semakin sengit karena mereka memiliki modal yang besar, mereka menguasi pasar dunia serta mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.

    7. Pendidikan bahasa Prancis mempelajari tentang struktur-struktur kalimat dalam bahasa Prancis. Mengetahui berbagai macam kata kerja serta konjungsinya, mempelajari arti kata dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
    Tujuan saya mempelajari bahasa Prancis agar saya dapat menguasai bahasa Prancis dengan baik dan benar, berbicara bahasa Prancis dengan lancar dengan memperhatikan aturan-aturannya.
    Dalam pendidikan bahasa Prancis dapat menjadikan saya seorang guru, sehingga dengan perkuliahan ini dapat membantu dalam dunia kerja sebagai guru.

    8. Mempelajari kaidah menulis bahasa Indonesia yang benar, mengikuti mata perkuliahan bahasa Indonesia dengan baik, mempelajari kembali apa yang sudah dosen sampaikan, menerapkan cara berbicara bahasa Indonesia yang baik, benar dan santun, sering-sering melatih keterampilan menulis disaat senggang, tidak malu bertanya jika ada sesuatu yang belum dipahami.

  23. INTAN PUSPITA SARI

    October 25, 2016 at 5:23 am

    NAMA : INTAN PUSPITA SARI
    NIM : 8111416252

    JAWABAN

    1. manfaat yang saya dapatkan banyak sekali, karena saya dapat mengetahui bagaimana bahasa Indonesia tercipta, bagaimana bahasa Indonesia di publikasikan, bagaimana Indonesia melalui masa tanpa bahasa persatuan.
    manfaat yang lainnya kita dapat menghargai bahasa kita karena mendapatkan era seperti sekarang memerlukan perjuangan yang tidak mudah.

    2. manfaat yang saya dapatkan antara lain saya bisa menulis dan berbicara dengan bahasa yang santun dan tahu perbedaan mana bahasa yang santun dan tidak.

    3. manfaat yang saya dapatkan dari mempelajari ragam bahasa adalah, saya bisa menghargai orang-orang disekitar saya karena bahasa mereka yang sedikit berbeda, saya dapat mengetahui bahwa sangat banyak bahasa di luar sana yang merupakan bahasa daerah negara kita, tanpa disadari kita sudah mengeksplore pengetahuan kita tentang aneka ragam bahasa.

    4. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan pemilihan kata saat penulisan karya ilmiah antara lain:
    – menggunakan diksi yang tepat
    – menggunakan ejaan yang benar menurut EBI
    – tidak bertele-tele atau mubadzir kata
    – memiliki kevariasian
    – memiliki alasan logis

    5. cara menyusun kalimat menjadi kalimat efektif sebagai berikut:
    – membuang kata yang tidak perlu atau menghapus kata yang mubadzir
    – mengganti kata yang tidak baku dengan yang baku menurut EBI
    – harus ada subjek, predikat, dan objeknya
    – menambahkan konjungsi yang tepat
    – mengganti kata yang sering muncul dengan variasi kata yang lain
    – kata satu dengan yang lain harus memiliki keutuhan

    6. pertarungan ekonomi antara Amerika terhadap China semakin berlangsung sengit, karena kedua negara tersebut memiliki modal yang besar menguasai mayoritas pasar dunia serta mempunyai rakyat yang banyak sebagai konsumen.

    7. Ilmu hukum merupakan ilmu yang mempelajari segala tentang hukum. Hukum Indonesia misalnya, ia mempelajari tentang sumber hukum Indonesia, pelaksanaan hukum Indonesia, hukum perdata, pidana, tata negara Indonesia. Tidak lupa ilmu hukum selalu memberikan pandangan terhadap sisi terdakwa dan penuntut. Penuntut di Hukum Indonesia mengatasnamakan rakyat Indonesia dalam menuntut suatu vonis terhadap terdakwa.

    8. yang saya lakukan tentu mempelajari lagi dari buku referensi-referensi bahasa Indonesia, mencoba dan terus berlatih menulis dengan baik, dan mengevaluasi diri dengan menanyakan orang yang paham tentang bagaimana cara menulis.

  24. Calvin Ardianto Kurniawan

    October 25, 2016 at 5:24 am

    Nama: Calvin Ardianto Kurniawan
    NIM : 7211415171

    1. Manfaat yang saya dapatkan ketika memperoleh materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia adalah saya jadi mengetahui perkembangan bahasa Indonesia dari zaman ke zaman, dari awal mula terciptanya bahasa Indonesia hingga sekarang. Dengan mempelajari sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia juga menunjukkan bahwa bahasa Indonesia merupakan jatidiri bangsa Indonesia yang harus dilestarikan.

    2. Ketika mempelajari kesantunan berbahasa, saya jadi mengetahui bagaimana cara bertutur kepada mitra tutur agar tidak menyinggung perasaan mitra tutur yang diikuti dengan pemilihan kata-kata dan susunan kalimat yang tepat. Ketika berbahasa secara lisan juga perlu memperhatikan mimik wajah maupun gerak tubuh.

    3. Ketika mempelajari tentang ragam bahasa, saya jadi mengetahui berbagai macam ragam bahasa yang digunakan dalam berbahasa, seperti: ragam bahasa undang-undang, ragam bahasa ilmiah, ragam bahasa jurnalistik, dan ragam bahasa sastra. Dimana keempat ragam bahasa tersebut mempunyai karakteristik bahasa yang berbeda-beda, sehingga saya dapat memahami ragam bahasa mana yang harus saya gunakan dalam berbahasa.

    4. Hal yang harus dipertimbangkan supaya seorang penulis dapat memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah adalah dengan memahami makna kata yang akan digunakan dalam suatu kalimat, kemudian dengan memperhatikan kesesuaian kata yang akan digunakan sehingga tidak menimbulkan pemahaman yang berbeda antara pembaca dan penulis.

    5. Cara menyusun kalimat supaya efektif salah satunya yaitu dengan memperhatikan ciri-ciri dari kalimat efektif tersebut. Kalimat yang digunakan harus memiliki keutuhan atau kesatuan gagasan, kalimat yang digunakan harus berpaduan satu sama lain, hemat dalam penggunaan kata dengan menghindari penggunaan kata yang mubadzir, memiliki paralelisme antar kata dan kalimat, adanya pemusatan perhatian dengan cara menonjolkan bagian dalam kalimat, dan bervariasi dalam pemilihan kata supaya pembaca tidak bosan ketika membaca tulisan yang dibuat oleh penulis.

    6. Persaingan ekonomi antara Amerika dan China semakin sengit karena keduanya memiliki potensi ekonomi dan konsumen yang besar.

    7. Akuntansi adalah proses pengumpulan data dan pencatatan atas transaksi keuangan dalam suatu perusahaan. Transaksi yang telah dicatat tersebut selanjutnya akan diolah dan dibuat suatu output berupa laporan-laporan keuangan. Laporan keuangan yang dihasilkan digunakan sebagai penilaian atas aktivitas keuangan perusahaan.

    8. Supaya keterampilan menulis meningkat signifikan perlu berlatih menulis secara terus-menerus, kemudian membaca sumber yang telah terbukti kebenarannya dengan memperhatikan berbagai aspek dalam penulisan.

  25. INTAN PUSPITA SARI

    October 25, 2016 at 5:25 am

    NAMA : INTAN PUSPITA SARI
    NIM : 8111416252

    JAWABAN

    1. manfaat yang saya dapatkan banyak sekali, karena saya dapat mengetahui bagaimana bahasa Indonesia tercipta, bagaimana bahasa Indonesia di publikasikan, bagaimana Indonesia melalui masa tanpa bahasa persatuan.
    manfaat yang lainnya kita dapat menghargai bahasa kita karena mendapatkan era seperti sekarang memerlukan perjuangan yang tidak mudah.

    2. manfaat yang saya dapatkan antara lain saya bisa menulis dan berbicara dengan bahasa yang santun dan tahu perbedaan mana bahasa yang santun dan tidak.

    3. manfaat yang saya dapatkan dari mempelajari ragam bahasa adalah, saya bisa menghargai orang-orang disekitar saya karena bahasa mereka yang sedikit berbeda, saya dapat mengetahui bahwa sangat banyak bahasa di luar sana yang merupakan bahasa daerah negara kita, tanpa disadari kita sudah mengeksplore pengetahuan kita tentang aneka ragam bahasa.

    4. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan pemilihan kata saat penulisan karya ilmiah antara lain:
    – menggunakan diksi yang tepat
    – menggunakan ejaan yang benar menurut EBI
    – tidak bertele-tele atau mubadzir kata
    – memiliki kevariasian
    – memiliki alasan logis

    5. cara menyusun kalimat menjadi kalimat efektif sebagai berikut:
    – membuang kata yang tidak perlu atau menghapus kata yang mubadzir
    – mengganti kata yang tidak baku dengan yang baku menurut EBI
    – harus ada subjek, predikat, dan objeknya
    – menambahkan konjungsi yang tepat
    – mengganti kata yang sering muncul dengan variasi kata yang lain
    – kata satu dengan yang lain harus memiliki keutuhan

    6. pertarungan ekonomi antara Amerika terhadap China semakin berlangsung sengit, karena kedua negara tersebut memiliki modal yang besar menguasai mayoritas pasar dunia serta mempunyai rakyat yang banyak sebagai konsumen.
    7. Ilmu hukum merupakan ilmu yang mempelajari segala tentang hukum. Hukum Indonesia misalnya, ia mempelajari tentang sumber hukum Indonesia, pelaksanaan hukum Indonesia, hukum perdata, pidana, tata negara Indonesia. Tidak lupa ilmu hukum selalu memberikan pandangan terhadap sisi terdakwa dan penuntut. Penuntut di Hukum Indonesia mengatasnamakan rakyat Indonesia dalam menuntut suatu vonis terhadap terdakwa.
    8. yang saya lakukan tentu mempelajari lagi dari buku referensi-referensi bahasa Indonesia, mencoba dan terus berlatih menulis dengan baik, dan mengevaluasi diri dengan menanyakan orang yang paham tentang bagaimana cara menulis.

  26. Yudha AT Pratama

    October 25, 2016 at 5:29 am

    Nama: Yudha Aji Tyas Pratama
    Nim : 7211415130
    Rombel: 024

    1. Manfaat yang saya peroleh setelah mempelajari sejarah dan perkembangan bahasa indonesia antara lain, saya dapat mengetahui asal usul terciptanya bahasa indonesia yang berasal dari rumpun bahasa melayu, selain itu bahasa indonesia juga memegang peran penting dalam mempersatukan NKRI karena dengan adanya bahasa indonesia sebagai bahasa nasional di tengah tengan ratusan bahkan ribuan bahasa daerah yang ada, bahasa indonesia dapat menjadi bahsa yang bersifat universal, mudah dipahami dan dipelajari, sehingga dapat menjadi alat untuk berkomunikasi antar wilayah meskipun wilayah atau daerah tersebut memiliki bahasanya masing masing, namun bahasa indonesia dapat menggantikan bahasa daerah tersebut dalam hal untuk berkomunikasi antar daerah yang memiliki perbedaan bahasa.

    2. Manfaat yang saya peroleh setelah mempelajari kesantunan berbahasa antara lain, ketika saya ingin berkomunkasi dengan orang lain, baik secara lisan maupun tulisan, maka saya harus berkomunikasi sesuai dengan norma dan aturan yang ada, baik itu norma tertulis maupun tidak tertulis yang ada di masyarakat, maupun aturan atau tata cara komunikassi yang berlaku dalam lingkungan tertentu misal dalam lingkungan kampus maka kita harus berkomunikasi secra formal serta baik dan benar sesuai dengan EBI, berbeda halnya saat saya sedang berkomunikasi dengan teman saya, mungkin saya akan baerkomunikasi menggunakan bahasa indonesia yang baik namun belum tentu benar.

    3. Manfaat yang saya peroleh setalah mempelajari ragam bahasa, saya dapat mengetahu berbagai ragam bahasa yang ada yaitu ragam bahasa hhukum, ragam bahas ilmiah, ragam baha jurnalistik, dan ragam bahasa sastra. Dengan mengetahu dan memahami berbagai ragam bahasa tersebut naka saya bisa membedakan dan menerapkan ragam bahasa sesuai dengan tujuannya masing masing, misalkan saya mendapat tugsa kuliah untuk membuat karangan berupa cerita pendek, maka saya harus menggunakan ragam bahasa sastra.

    4. Hal yang harus dipertimbangkan seorang penulis saat memilih kata untuk membuat sebuah karya ilmiah menurut saya antara lain, yang pertama kata yang dipilih dan digunakan harus sesuai dengan tema dari karnya ilmiah tersebut, yang kedua kata yang dipilih harus baku karena digunakan untuk dalam lingkup formal, ketiga kata yang dipilih dan diigunakan harus disesuaikan dengan kompetensi pembaca atau pengguna karya ilmiah tersebut sehingga tidak terjadi kesalah pahaman mengenai arti kata yang digunakan.

    5. Cara menyusun kalimat efektif menurut saya adalah dengana cara memperhatikan ciri dari kalimat efektif itu sendiri yaitu kalimat tersebut harus memiliki keutuhan atau kesatuan gagasan, memiliki perpautan atau kepaduan, memiliki pemusatan perhatian atau penekanan, memiliki kehematan dalam penggunaan kata, memiliki kevariasian sehingga bahasa tersebut tidak terkesan membosankan dan aneh, yang terakhir memiliki kesejajaran atau bentuk bahassa yang sama.

    6. Persaingan ekonomi antara Anerika dan China semakin sengit, karena kedua negara tersebut memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyau jumlah pendukduk yang besar sebagai basis konsumen.

    7. Akuntansi adalah aktivitas mengidentifikasi, mengukur, mengklasifikasikan dan mengikhtisarkan suatutransaksi ekonomi yang menghasilkan data berupa laporan keuangan. Laporan keuangan yang dihasilkan dari proses tersebut dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan ekonomi bagi pihak tertentu yang membutuhkan. Selain itu laporan keuangan tersebut dapat menunjukan tingkat kemajuan atau kemunduran suatu entitas bisnis, sehingga laporan keuangn memiliki peran penting dalam proses pengambilan keputusan ekonomi.

    8. Hal yang saya lakukan untuk meningkatkan keterampilan menulis yang saya miliki adalah dengan cara mempraktekan dan menerapkan tata cara menulis yang baik ddan benar sesuai dengan apa yang telah saya dapatkan dalam proses pendidikan dari sd sampai dengan perkuliahan, dengan begitu saya dapat melakukan kooreksi mengenai ketetampilan yang saya miliki ddari waktu kewaktu sehingga kualitas dan keterampilan menulis saya meningkat.

  27. ZAKIYATU BAROKATHIL ILMIAH

    October 25, 2016 at 5:30 am

    NAMA : ZAKIYATU BAROKATHIL ILMIAH
    NIM : 1301415027
    MAKUL : BAHASA INDONESIA

    1. Manfaat yang saya peroleh setelah mempelajari sejarah dan perkembangan Bahasa Indonesia ialah saya dapat mengetahui bagaimana terbentuk dan berkembangnya bahasa Indonesia di Negara Indonesia ini. lalu, saya sebagai mahasiswa dapat berkomunikasi dengan baik dan benar sesuai dengan EYD. saya juga dapat bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara.Yang mana, semakin berkembangnya zaman berbagai bahasa mulai muncul diberbagai daerah. dan kita sebagai generasi berikutnya harus bisa mengikuti alur perkembangan zaman tersebut.dengan cacatan harus saling menghargai meski memiliki perbedaan makna dalam berbahasa

    2. Manfaat yang saya peroleh ketika saya mempelajari kesantunan dalam berbahasa ialah saya dapat memilah kata-kata yang tepat. yang mana ketika saya berbicra tidak menyakiti hati sang pendengar. karena apabila kata-kata yang saya ucapkan menyakiti atau menyinggung hati pendengar, berarti saya belum memiliki rasa kesantunan berbahasa dalam diri saya. dan ketika saya menggunakan bahasa yang santun dalam berbicara, maka secara tidak sengaja kita memperlihatkan diri kita sebagai manusia yang beretika, berpendidikan, dan mendapatkan penghargaan sebagai individu yang baik.

    3. manfaat yang saya peroleh ketika saya mempelajari ragam bahasa ialah saya dapat menghargai berbagai bahasa yang ada di Indonesia. seperti adanya mahasiswa UNNES yang menggunakan bahasa dari asal daerahnya masing-masing. karena dengan belajar menghargai ragam bahasa yang ada, kita dapat memperoleh informasi atu pengetahuan yang lebih melalui keberbagaian ragam bahasa.

    4. hal-hal yang perlu diperhatikan ketika menulis karya ilmiah : a) sistematis,b) sesuai dengan EYD yang telah ditetapkan, c) objektif

    5. cara menyusun kalimat agar efektif : a) harus ada unsur kata. min : subjek dan predikat b)memiliki satu kesatuan :antara kata satu dengan kata yang lainnya harus berkesinambungan atau berhubungan c)hemat : tidak adanya kemubaziran kata dalam membuat sebuah kalimat d)logis : kalimat yang akan dibuat harus masuk akal e)tidak berulang-ulang

    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika terhadap China akan berlangsung sengit karena kedua negara tersebut memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan punya rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.

    7. Saya adalah mahasiswa dari Bimbingan dan Konseling (BK). Di jurusan saya memiliki berbagai komunitas, seperti Concious, Bikonspala, bicoustic dan sebagainya. Di salah satu komunitas tersebut yang menonjol adalah Bicoustic, karena komunitas tersebut memang bisa dibilang asyik. selain itu mahasiswa yang mengikuti juga mayoritas anak-anak yang sudah benar-benar ahli dalam memainkan alat musik.

    8. terus berlatih dan berusaha untuk mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam proses perkuliahan.

  28. ZAKIYATU BAROKATHIL ILMIAH

    October 25, 2016 at 5:31 am

    NAMA : ZAKIYATU BAROKATHIL ILMIAH
    NIM : 1301415027
    MAKUL : BAHASA INDONESIA

    1. Manfaat yang saya peroleh setelah mempelajari sejarah dan perkembangan Bahasa Indonesia ialah saya dapat mengetahui bagaimana terbentuk dan berkembangnya bahasa Indonesia di Negara Indonesia ini. lalu, saya sebagai mahasiswa dapat berkomunikasi dengan baik dan benar sesuai dengan EYD. saya juga dapat bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara.Yang mana, semakin berkembangnya zaman berbagai bahasa mulai muncul diberbagai daerah. dan kita sebagai generasi berikutnya harus bisa mengikuti alur perkembangan zaman tersebut.dengan cacatan harus saling menghargai meski memiliki perbedaan makna dalam berbahasa

    2. Manfaat yang saya peroleh ketika saya mempelajari kesantunan dalam berbahasa ialah saya dapat memilah kata-kata yang tepat. yang mana ketika saya berbicra tidak menyakiti hati sang pendengar. karena apabila kata-kata yang saya ucapkan menyakiti atau menyinggung hati pendengar, berarti saya belum memiliki rasa kesantunan berbahasa dalam diri saya. dan ketika saya menggunakan bahasa yang santun dalam berbicara, maka secara tidak sengaja kita memperlihatkan diri kita sebagai manusia yang beretika, berpendidikan, dan mendapatkan penghargaan sebagai individu yang baik.

    3. manfaat yang saya peroleh ketika saya mempelajari ragam bahasa ialah saya dapat menghargai berbagai bahasa yang ada di Indonesia. seperti adanya mahasiswa UNNES yang menggunakan bahasa dari asal daerahnya masing-masing. karena dengan belajar menghargai ragam bahasa yang ada, kita dapat memperoleh informasi atu pengetahuan yang lebih melalui keberbagaian ragam bahasa.

    4. hal-hal yang perlu diperhatikan ketika menulis karya ilmiah : a) sistematis,b) sesuai dengan EYD yang telah ditetapkan, c) objektif

    5. cara menyusun kalimat agar efektif : a) harus ada unsur kata. min : subjek dan predikat b)memiliki satu kesatuan :antara kata satu dengan kata yang lainnya harus berkesinambungan atau berhubungan c)hemat : tidak adanya kemubaziran kata dalam membuat sebuah kalimat d)logis : kalimat yang akan dibuat harus masuk akal e)tidak berulang-ulang

    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika terhadap China akan berlangsung sengit karena kedua negara tersebut memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan punya rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.

    7. Saya adalah mahasiswa dari Bimbingan dan Konseling (BK). Di jurusan saya memiliki berbagai komunitas, seperti Concious, Bikonspala, bicoustic dan sebagainya. Di salah satu komunitas tersebut yang menonjol adalah Bicoustic, karena komunitas tersebut memang bisa dibilang asyik. selain itu mahasiswa yang mengikuti juga mayoritas anak-anak yang sudah benar-benar ahli dalam memainkan alat musik.

    8. terus berlatih dan berusaha untuk mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam proses perkuliahan.

  29. Ulung Giri Sutikno

    October 25, 2016 at 5:35 am

    Nama: Ulung Giri Sutikno
    NIM : 1301415038

    1.Manfaat mempelajari sejarah bahasa Indonesia adalah memahami asal – usul bahasa Indonesia yang semula merupakan bahasa melayu, karena bahasa melayu dinilai sebagai bahasa yang populer di beberapa daerah khususnya Jawa dan Kalimantan. selain itu juga tidak terdapat kasta/tingkatan dalam bahasa melayu maka dari itu bahasa ini lebih mudah di jadikan bahasa Nasional.

    2.Manfaat mempelajari kesantunan berbahasa adalah memiliki keterampilan cara mengirim pesan yang baik kepada dosen maupun pihak yang lebih terhormat karena itu merupakan bagian dari softskill yang jarang dipraktikan oleh kebanyakan mahasiswa.

    3.Manfaat dari mempelajari ragam bahasa adalah memiliki keterampilan menganalisis suatu bacaan dari berbagai sumber. selain itu juga memiliki keterampilan untuk memublisasikan suatu berita atau ilmu dengan penulisan bahasa menyesuaikan objek sasaran bacaan, sehingga lebih efektif.

    4.Memperhatikan karakteristik umum sasaran pembaca karya ilmiah, seperti latar belakang pendidikan, budaya lingkungan pembaca, menggunakan kaliamt lugas dan informatif, memilih kata ganti yang tepat untuk merepresentasikan karya ilmiah sesuai pemikiran pembaca.

    5.Memperhatikan prinsip kesetaraan antar kata, prinsip kesinambungan antar kata, prinsip keutuhan, kesatuan gagasan, memiliki variasi dan tidak ada kata – kata yang mubazir.

    6.Persaingan ekonomi negara Amerika dan China semakin ketat. karena mereka memiliki modal yang sama besar, mereka juga menguasai sebagian besar pasar dunia, bahkan mereka memiliki rakyat dalam jumlah besar sebagai dalih konsumen produk masing – masing.

    7.Guru Bimbingan dan Konseling atau biasa disebut Guru BK ini sering dipersepsi siswa sebagai Guru yang menyeramkan. hal itu terjadi karena kebanyakan siswa masih salah paham terhadap peran guru BK. mereka membayangkan Guru BK sebagai polisi sekolah yang bertugas untuk melakukan razia kelas, memarahi yang tidak rapi, mencukur rambut tanpa pandang buliu bagi siswa yang memiliki rambut panjang hal itu dinilai menyeramkan bagi siswa. selain itu saat siswa disuruh masuk ke ruang BK, mereka merasa takut untuk masuk karena mereka berfikiran itu merupakan ruang interogasi oleh Guru BK yang memojokan dirinya.

    8.sering berlatih menulis, baik itu formal maupun nonformal dengan memperhatikan setiap detail aturan penulisan yang baik dan benar.

  30. rizqi teguh iskandar

    October 25, 2016 at 5:36 am

    1.Manfaat yang saya dapat ketika mempelajari sejarah dan pekembangan bahasa Indonesia yaitu saya lebih memahami dan mengetahui asal muasal terbentuknya bahasa Indonesia. Sehingga saya lebih menghargai bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan baik untuk berkomunikasi dengan orang lain baik tertulis maupun secara lisan.
    2. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari kesantuanan berbahasa yaitu sekarang saya lebih memilah milih kata untuk berbahasa apakah itu santun atau tidak lewat maksim-maksim yang saya pelajari seperti maksim kebijaksanaan,maksim kesederhanaan,maksim penghargaan, maksim simpati, maksim kemufakatan dan maksim kedermawanan. Karena, kesantunan berbahasa itu sangat penting untuk berkomunikasi serta membuat orang lain nyamn berbicara dengan saya. Terlebih sebagai civitas akademik, berbahasa yang santun sangatlah penting. Karena orang yang baik salah satunya bisa diliha dari kesantunan berbahasanya.
    3. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari ragam bahasa yaitu saya lebih bisa mengenali berbagai macam ragam bahasa yang ada. Seperti ragam bahasa jurnalistik, Undang-undang, Sastra dan Ilmiah serta dapat mengerti masing-masing perbedaannya. Selai itu,saya juga bisa lebih memaham cirikhusus masing-masing ragam bahasa yangdapat membuat saya lebih mampu memposisikan kata ataupun kalimat sesuai ragam bahasanya.
    4. Hal yang harus dipertimbangkan dalam pemilhan kata yaitu, memperhatikan perubahan makna pada kalimat, jangan membuat kata-kata sendiri, hindari penggunaan bahasa asing dalam kalimat, membedakan makna konotasi dan denotasinya, harus bisa membedakan kalimat khusus dan umum.
    5. Cara menyusun kalimat efektif yaitu dengan cara memperhatikan ciri dari kalimat efektif, cirri-cirinya adalah kalimat yang digunakan harus memiliki keutuhan, kalimatnya harus berpautan, kalimat harus hemat, memiliki paralelisme, memiliki pemusatan perhatian dan lebih baik menggunakan kevarasian dalam penulisannya.
    6. pertarungan ekonomi antara amerika dan china akan berlangsung sengit karena amerika dan china memiliki modal yang besar menguasai pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7. Olahraga secara teratur bisa membuat tubuh menjadi sehat dan bugar. Hal ini dikarenakan olahraga membantu proses metabolisme di dalam tubuh kita, sehingga semua makanan tecerna dengan sempurna. Sempurnanya proses pencernaan makanan ini akan menghasilkan energi yang cukup untuk mendukung segala aktivitas yang kita lakukan sehingga tubuh menjadi bugar sepanjang hari. Berolahraga yang teratur juga menyebabkan tubuh menjadi sehat dan kebal terhadap penyakit yang mengintai. Bahkan ada pepatah asing yang mengatakan bahwa di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Oleh sebab itu, tidak dapat dipungkiri bahwa olahraga merupakan aktivitas yang menyehatkan.
    8. yang saya lakukan akan mendalami bahasa indonesia terutama pada bab cara menulis dengan benar , membaca dan membuat karya ilmiah dengan baik

    Nama : Rizqi Teguh iskandar (6101415006)

  31. kevin oktario darmawan 2311416051

    October 25, 2016 at 6:17 am

    1.manfaat yang saya peroleh adalah melestarikan jati diri bangsa Indonesia. mengetahui perkembangan sastra dari zaman ke zaman dimulai dari awal mula sastra dan perjalanan sastra hingga sekarang, dan dengan mempelajari sastra kita juga berarti menghargai karya-karya dari para pengarang sastra lama.

    2.manfaat mempelajari kesantunan bahasa adalah lebih ahli dalam pemilihan kata-kata yang tidak menyinggung perasaan atau mempermalukan mitra tutur.

    3.manfaat yang saya peroleh saat mempelajari ragam bahasa ialah saya dapat mengnal 4 ragam bahasa yang berbeda,yang dapat membantu saya dalam menulis karya ilmiah,jurnalistik,sastra, maupun undang-undang.

    4.hal-hal yang harus di pertimbangkan dalam menulis kata ilmiah dalam pemilihan kata adalah.
    -hindari singkatan
    -hindari istilah
    -hindari menulis huruf kapital di tengah kalimat
    -perhatikan penulisan kata sandang
    -kata depan
    -partikel per
    -singkatan lembaga dan gelar

    5.untuk kalimat supaya efektif ialah
    -memiliki keutuhan dan kesatuan gagasan
    -memiliki perpautan dan kepaduan
    -memiliki pemusatan perhatian dan penekanan
    -memilikikehematan
    -memiliki kevariasan
    -kesejajaran dan parlelisme.
    6.pertarungan ekonomi antara Amerika dengan Cina semakin sengit. selatin itu Amerika dan Cina adalah pemilik modal yang sama besar, yang membuat mereka menguasai mayoritas pasa dunia dan juga mempunyai sama-sama mempunyai rakyat dalam jumlah besar.

    7. Perkembangan Sastra Prancis di Indonesia
    Bahasa adalah alat komunikasi dan bertukar informasi manusia sejak zaman dahulu. Tidak heran banyak negara-negara saling mempelajari bahasa negara lain demi kepentingan bersama.
    Sastra Prancis adalah bahasa nomor 2 yang paling banyak digunakan di dunia. Indonesia sendiri juga menggunakan bahasa prancis untuk komunikasi.Hal ini tentu memberikan hubungan baik antara Indonesia dan Prancis dalam hubungan antar negara.

    8.Saya biasanya berlatih dengan menulis novel diary dan embaca karya-karya sastra orang lain untuk memperdalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.