Soal UTS Bahasa Indonesia Rombel 1

Ujian Tengah Semester (UTS) MKU Bahasa Indonesia dilakukan untuk mengevaluasi perkuliahan. Melalui UTS ini mahasiswa dapat merefleksikan performa diri selama mengikuti perkuliahan dan dapat merumuskan cara agar performa ke depan lebih baik.

Bagi dosen, UTS ini bermanfaat sebagai bahan evaluasi terhadap mahasiswa agar bisa mengembangkan perkuliahan dengan lebih efektif sebagaimana tujuan perkuliahan. Pada akhirnya, kedua tujuan itu bermuara pada tercapainya tujuan perkuliahan.

Petunjuk:

  1. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan cermat.
  2. Tulislah jawaban Anda pada kolom komentar di bawah artikel ini (bukan Facebook Comment) dengan mencantumkan nama lengkap dan NIM.
  3. Waktu pengerjaan: 07.00 s.d. 08.30 WIB.

Pertanyaan:

  1. Apa manfaat yang Anda peroleh ketika mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia?
  2. Apa manfaat yang Anda peroleh ketika mempelajari materi kesantunan berbahasa?
  3. Apa manfaat yang Anda peroleh ketika mempelajari ragam bahasa?
  4. Hal apa saja yang harus dipertimbangkan supaya seorang penulis dapat memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah?
  5. Bagaimana cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif?
  6. Perbaikilah kalimat di bawah ini sehingga menjadi kalimat yang efektif:
    Pertarungan ekonomi antara Amerika terhadap China akan semakin berlangsung sengit karena Amerika dan China memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan punya rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
  7. Susunlah sebuah paragraf yang baik tentang bidang keilmuan Anda sesuai dengan kriteria paragraf yang baik!
  8. Apa hal yang akan Anda lakukan agar keterampilan menulis Anda meningkat signifikan?

Selamat mengerjakan.

35 Comments

  1. Edi Bangkit Yuni Lastyo

    October 27, 2016 at 1:19 am

    NAMA: EDI BANGKIT YUNI LASTYO
    NIM : 7211415104
    ROMBEL 1

    1.Dengan mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa indonesia, saya mengetahui sejarah bahasa Indonesia yang awalnya dari Bahasa Melayu sampai menjadi Bahasa Indonesia yang sekarang. Dengan sejarah perkembangan yang panjang membuat saya lebih menghargai Bahasa Indonesia dan menerapkanya dalam berbahasa sehari-hari serta menambah rasa nasionalisme pada diri saya.

    2. Dengan mempelajari materi kesantunan bahasa, saya lebih bisa untuk memilih kata yang harus digunakan saat berbicara dengan orang lain (orang tua, teman, orang lain yang belum kita kenal ) atau dengan kata lain saya dapat lebih santun dalam berbicara.

    3. Saya menjadi tahu akan ragam bahasa dan mengetahui perbedaan ragam bahasa jurnalistik, karya ilmiah,sastra, dan hukum. Sehingga dalam penulisannya tidak salah, misal kita membuat karya ilmiah kita menggunakan bahasa yang tepat yaitu bahasa untuk karya ilmiah, bukan menggunakan bahasa hukum ataupun jurnalistik.

    4.Hal yang diperhatikan dalam menulis karya ilmiah:
    -pemilihan diksi yang tepat
    -menggunakan bahasa yang baku
    -kalimat harus efektif
    -bersifat objektif
    -sesuai dengan EYD

    5. Dalam menyusun kalimmat efektif harus memperhatikan :
    -kesepadanan dalam kalimat, kecermatan dalam pemilihan dan penggunaan kata, kehematan dalam penggunaan kata, kelogisan kalimat, kesatuan dan kepaduan, keparalellan atau kesejajaran.

    6. Persaingan dalam dunia ekonomi antara Amerika dan China akan mengalami persaingan yang sengit, mengingat kedua negara tersebut sama-sama memiliki modal yang besar, tidak hanya itu keduanya juga menguasai sebagian besar perdagangan dunia, terlebih mereka juga memiliki penduduk dalam jumlah besar yang dapat menjadi basis konsumen.

    7. “Dewasa ini peran akuntansi sebagai alat dalam pengambilan keputusan ekonomi dan keuangan semakin besar dalam membantu melancarkan tugas manajemen untuk melaksanakan fungsi perencanaan dan pengawasan. Karena perkembangan bidang perekonomian tersebut yang menyebabkan peran akuntansi semakin meningkat dan peningkatan tersebut menuntut adanya akuntansi yang dapat memberikan informasi keuangan yang di butuhkan dalam pengambilan keputusan ekonomi”

    8. 1) Memperbanyak membaca buku baik itu karya ilmiah atau yang lainnya, supaya lebih mengetahui pemilihan kata dalam membentuk kalimat yang baik, 2) Mulai menulis dengan acuan yang tepat (sesuai tahapan penulisan kalimat yang baik ), jika perlu mempublish tulisan atau karya kita supaya bisa mengetahui reaksi pembaca atau komentar pembaca terhadap karya kita.

  2. Nurul aulia putri m (7211415154)

    October 27, 2016 at 1:20 am

    Nama : nurul aulia pm
    NIM : 7211415154
    1. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa indonesia yaitu mengetahui bagaimana rakyat indonesia pada saat itu memperjuangkan penggunaan bahasa indonesia dalam masa penjajahan dan bagaimana perkembangan perkembangannya sehingga sekarang bahasa indonesia menjadi bahasa nasional di Indonesia
    2. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari materi kesantunan berbahasa yaitu saya dapat menggunakan bahasa yang lebih santun kepada orang lain, terutama ketika berbicara kepada orang yang berbeda status sosial atau yang lebih tua
    3. Manfaat mempelajari ragam bahasa yaitu mengetahui berbagai macam ragam bahasa yang ada dan mengetahui ragam bahasa mana yang seharusnya digunakan tergantung dengan situasi, kondisi, dan cakupannya.
    4. Hal yang harus dipertimbangkan seorang penulis dalam memilih kata yang tepat dalam karya ilmiah yaitu memperhatikan ragam bahasa yang digunakan yaitu ragam bahasa ilmiah, menggunakan diksi yang tepat dengan memilih kata yang tetap dapat mewakili maknanya dan kesesuaian katanya
    5. Cara menyusun kalimat supaya menjadi efektif yaitu dengan cara memperhatikan keutuhan kalimat tersebut, memperhatikan kesesuaian per unsur kalimatnya, tidak mengulangi kata yang sama, tidak berbelit-belit memperhatikan kelogisan kalimat, dan buat kalimat agar maknanya mudah dipahami oleh pembaca.
    6. “Pertarungan ekonomi antara Amerika dan Cina akan semakin sengit karena mereka memiliki modal besar, menguasai mayoritas pasar dunia, punya rakyat banyak sebagai basis konsumen,”
    7. Jurusan Akuntani dalam sebuah Universitas merupakan salah satu jurusan terfavorit yang menjadi incaran para calon mahasiswa. Hal itu dikarenakan lulusan jurusan akuntansi memiliki masa depan yang jelas dan terarah. Beberapa profesi bagi lulusan mahasiswa akuntansi antara lain Akuntan Publik, Akuntan Manajemen, Konsultan Akuntansi, dll. Namun, dari beberapa profesi tersebut yang paling banyak diminati adalah Akuntan Publik, karena dinilai lebih menjanjikan.
    8. Yang saya lakukan agar kemampuan menulis saya meningkat yaitu dengan cara sering berlatih menulis, atau membaca karangan orang lain dan memperhatikan peimilihan kata/diksinya. Dengan seperti itu maka saya bisa memperkaya kosakata yang sudah saya miliki. Cara lainnya dengan mengetahui cara cara menulis yang benar.

  3. Risna Ade Tarantika (7211415155)

    October 27, 2016 at 1:21 am

    Nama : Risna Ade Tarantika
    NIM : 7211415155
    1. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari materi sejarah perkembangan bahasa indonesia adalah kita dapat mengetahui bagaimana asal mulanya bahasa indonesia dan bagaimana perkembangan bahasa indonesia dari jaman dahulu yang penulisannya masih ‘doeloe’ menjadi ‘dulu’ seperti sekarang yang kita gunakan.
    2. Dengan mempelajari kesantunan bahasa kita mendapat pengetahuan bagaimana cara berbahasa dan berkomunikasi yang baik sehingga saat kita berkomunikasi dengan orang lain kita tidak akan taku jika perkataan kita menyakiti atau menyinggung perasaannya karena kita sudah mengetahui dan paham bagaimana cara berbahasa yang santun.
    3. Mempelajari ragam bahasa membuat kita mengetahui berbagai macam ragam bahasa yang digunakan sehingga kita tahu bagaimana ciri khusus yang menggambarkan ragam bahasa tersebut seperti ragam bahasa hukum cirinya yaitu kata-katanya yang cermat ,ragam bahasa sastra yang identik dengan kata-katanya yang indah,ragam bahasa jurnalistik yang sangat komunikatif, dan karya ilmiah dengan kelogisannya.
    4. Untuk memilih kata yang tepat saat menulis karya ilmiah kita harus tahu dulu karya ilmiah tersebut tentang apa, untuk siapa, tujuan penulisan karya ilmiah tersebut dan sarana seperti apa yang digunakan dengan begitu kita dapat memilih kata yang sesuai dengan karya ilmiah yang akan kita tulis.
    5. Untuk menyusun sebuah kalimat harus ada syarat minimalnya yaitu subjek dan predikat yang memiliki sebuah gagasan, dan untuk menyusun sebuah kalimat efektif selain harus ada minimal subjek dan predikat yang tentunya kita harus memperhatikan ciri-ciri kalimat efektif yaitu memiliki satu kesatuan gagasan, memiliki kepaduan,memiliki pemusatan perhatian, memiliki kehematan, memiliki kevariasian, dan memiliki kesejajaran.
    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dan China semakin sengit karena mereka memiliki modal yang besar, menguasai pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7. Pajak adalah pungutan wajib yang dibayar rakyat untuk negara dan akan digunakan untuk kepentingan pemerintah dan masyarakat umum. Saat kita membayar pajak tentunya negara mendapatkan tambahan pendapatan. Tambahan pendapatan tersebut yang nantinya akan dijadikan pemerintah untuk membangun sarana dan prasarana umum seperti jalan raya umum, rumah sakit, sekolah, pembangunan tempat ibadah dan masih banyak lagi yang sangat bermanfaat untuk kepentingan masyarakat luas. Oleh karena itu bayarlah pajak agar masyarakat kita sejahtera.
    8. Membaca buku-buku yang memberikan bagaimana cara-cara menulis yang baik dan benar atau buku-buku yang berhubungan dengan bahasa dan kepenulisan, selain kita juga bisa mengamati tulisan-tulisan orang lain yang ada sehingga kita dapat belajar dari situ,kita juga harus mempraktekannya dengan cara kita membuat tulisan setelahnya kita bisa memperlihatkan tulisan kita ke teman atau orang sekitar untuk dimintai penilaiannya sehingga kita tahu bagaimana tulisan kita jika masih kurang baik kita bisa memperbaikinya dan membuat tulisan yang lebih baik lagi. Saya rasa dengan cara seperti itu dapat meningkatkan keterampilan menulis saya.

  4. NURDIAH (7211415001)

    October 27, 2016 at 1:22 am

    Nama : Nurdiah
    NIM : 7211415001

    1.manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari sejarah dan perkembangan bahasa indonesia yaitu saya dapat mengetahui seberapa banyak perubahan yang terjadi terhadap bahasa indonesia. Saya juga dapat mempelajari kosakata pada masa lampau.
    2.Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari materi kesantunan bahasa yaitu saya dapat memilah bahasa mana yang baik digunakan dalam kondisi yang diperlukan. Sebagai contohnya saya dapat memilih dan membedakan penggunaan kata atau paragraf yang cocok digunakan ketika berbicara didepan orang tua, didepan teman sebaya, di acara formal, maupun acara nonformal.
    3.Yang saya dapatkan ketika mempelajari ragam bahasa yaitu saya dapat mengerti macam-macam bahasa beserta artinya, sehingga suatu saat ketika saya berbicara, saya tidak akan salah bicara dalam forum tersebut.
    4.Yang harus dipertimbangkan supaya seorang penulis dapat memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah yaitu mempertimbangkan subjek, predikat dan objek. Memperhatikan kesesuaian kata dengan EYD. Kalimat dan maksud dari penulisan harus bisa dilogika.
    5.Cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif yaitu harus berisi subjek, predikat, dan objeknya. Kemudian kalimat itu tidak menghasilkan kata atau kalimat yang mubadzir. Dalam kalimat harus menggunakan kata yang sesuai dengan EYD.
    6.Persaingan ekonomi antara Amerika dan China semakin berlangsung sengit. Karena, Amerika dan China memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7.Menjadi orang dengan gelar Sarjana Ekonomi dari jurusan Akuntansi dipandang sebagai status yang tinggi. Apalagi bila berada dilingkungan yang masyarakatnya dari kelas menengah kebawah. Bagi masyarakat yang tingkat pendidikannya rendah, seorang Akuntan hanya bisa bekerja di Pemerintahan Derah maupun sebagai pegawai Bank saja. Namun pada kenyataannya, masyarakat juga butuh seorang Akuntan yang mengelola dana desa.
    8.Yang saya lakukan agar kemampuan menulis saya meningkat dengan signifikan yaitu dengan rajin membaca buku dan juga menulis. Menulis disini boleh diaplikasikan dengan menulis buku/catatan harian, maupun ketika mengerjakan tugas-tugas kuliah.

  5. MUHAMMAD RIFKY MAULANA(7211415147)

    October 27, 2016 at 1:23 am

    NAMA : M RIFKY MAULANA
    NIM : 7211415147
    ROMBEL : BAHASA INDONESIA ROMBEL 1

    1.Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari materi dan sejarah perkembangan bahasa Indonesia saya bisa mengetahui bagaimana alur proses bahasa Indonesia menjadi bahasa yang digunakan untuk bahasa pemersatu di tanah air ini , saat kita mempelajari materi bahasa Indonesia saya merasa bahwa kita sebagai mahasiswa sadar betapa sangat detailnya saat kita melakukan penulisan jurnal ilmiah dan tentunya sangat mendukung sekali jika kita bisa mempelajari bahasa Indonesia ini

    2.Manfaat yang kita peroleh saat mempelajari kesantunan berbahasa adalah kita bisa lebih mengetahui bagaimana kita menggunakan tutur berbahasa yang baik saat bertemu dengan masyarakat.Karena jika bertemu dengan orang yang terlihat lebih tua kita harus menggunakan bahasa yang sopan dan lebih terhormat, adapun sebaliknya jika kita bertutur kata dengan teman seusia kita mungkin penggunaan bahasa bisa lebih sedikit santai.Dengan zaman seperti ini adanya materi kesantunan berbahasa manfaat yang dirasakan akan lebih terasa karena kita sadar bahwa bahasa yang baik tentunya akan lebih enak didengar apabila penyampaiaanya lebih santun

    3.Manfaat yang kita peroleh ketika mempelajari ragam bahasa adalah kita bisa lebih tau bahwa di Indonesia memiliki berbagai macam ragam bahasa,dan dengan adanya materi tersebut kita bisa lebih tau berbagai macam ragam bahasa yang anda dan kita bisa mempelajari dan menerapkan pengajaran ragam bahasa yang telah disampaikan

    4.Tentunya sang penulisa harus memiliki referensi yang banyak dari berbagai sumber dan mengerti apa yang akan ditulis didalam suatu karya ilmiah.Bukan hanya sumber tetapi sang penulis harus memilikki pemikiran yang luas sehingga dia bisa menuliskan karya ilmiah yang baik.

    5.Cara menyusun kalimat supaya efektif yaitu kita harus memperhatikan gramatikal,dalam penyusunan suatu kalimat efektif kita tidak diboleh kan menggunakan kata berlebihan dan bertumpang tindih,saat awal penulisan kata , kata depan tidak terlalu berlebihan,selain itu kita harus memilih diksi yang sesuai dengan kalimat yang akan kita tuliskan

    6.Pertarungan ekonomi antara Amerika dan China akan semakin sengit .Keduanya memiliki modal yang besar , menguasai mayoritas pasar dunia, dan memiliki rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen

    7. Akuntansi biaya adalah bidang akuntansi yang ditujukan bagi proses pencatatan, dan analisis terhadap biaya-biaya yang berhubungan dengan aktivitas suatu organisasi untuk menghasilkan barang atau jasa. Biaya didefinisikan sebagai waktu dan sumber daya yang dibutuhkan dan menurut konvensi diukur dengan satuan mata uang

    8. Hal yang akan saya lakukan agar keterampilan menulis saya meningkat signifikan adalah dengan terus berlatih mengetik dari berbagai macam sumber,sering membaca karya ilmiah hasil dari penulis yang baik , meningkatkan pengetahuan ejaan yang terbaru , menulis dengan penggunaan kata yang mudah dicerna orang banyak serta penyampaian yang tidak terlalu banyak ambigu

  6. DWI OKTAVIANI (7211415042)

    October 27, 2016 at 1:24 am

    NAMA : DWI OKTAVIANI
    NIM : 7211415042

    1. Menjadi mengerti bahwasanya bahasa yang dipakai saat ini atau bahasa indonesia saat ini merupakan bahasa yang telah menjadi pemenang dari bahasa bahasa lain yang pernah digunakan di Indonesia seperti bahasa jawa, batak, melayu,dll.
    2. Dari materi kesantunan bahasa kita dapat mengetahui bahawasanya ada beberapa maksim yang menunjukkan cara kita menggunakan bahasa dimuka umum atau masyarakat. entah itu maksim kesederhanaan, kedermawanan, simpati, kerendahhatian, dll.
    3. Dalam ragam bahasa kita dapat mengetahui varian dari sebuah bahasa menurut pemakaian. karena ragam bahasa berbeda dengan dialek. dialek yaitu varian dari sebuah bahasa menurut pemakai. Variasi tersebut bisa berbentuk dialek, aksen, laras, gaya, atau berbagai variasi sosiolinguistik lain, termasuk variasi bahasa baku itu sendiri.
    4. Dalam memilih kata atau diksi yang tetap untuk melakukan penulisan maka kita harus memeperhatikan kaidah kaidahnya. Kaidahnya yaitu kaidah makna, kaidah kalimat kaidah sosial, kaidah karang-mengarang. Dengan kata lain, kita harus mempertimbangankan gagasan yang kita ungkapkan tersebut kepada siapa, dimana, dengan tujuan apa, dalam situasi bagaimana, dan dalam rangka apa.
    5. Dalam penyususnan kalimat efektif kita perlu memperhatikan beberapa hal. Yang pertama, antar kalimat harus memliki kesatuan yang utuh. Kedua, antar kalimat harus memliki keterpaduan. Yang ketiga, memliki pemusatan atau penonjolan. Yang keempat, memiliki kehematan kata dalam kalimat. Yang kelima, memiliki kevariasian agar terhindar dari kebosanan pembaca. Dan yang keenam, memiliki kesejajaran.
    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dengan China semakin sengit karena keduanya memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan punya rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7. Akuntansi Perpajakan merupakan bidang akuntansi yang bertujuan untuk menetapkan besar kecilnya jumlah pajak. Sederhananya, akuntansi pajak bertugas menangani, mencatat, mengkalkulasi dan menganalisa serta membuat strategi pajak berkaitan dengan kejadian/transaksi ekonomi perusahaan. Laporan Akuntansi Pajak disusun serta disajikan dengan berdasar pada peraturan perpajakan yang berlaku walaupun ada ketidak cocokan aturan antara akuntansi pajak dengan pedoman laporan keuangan. Meskipun kita mengetahui keguanaaan akan pajak itu sediri, namun pada perkembangannya belum disadari betul oleh perusahaan khususnya perusahaan berskala menengah kebawah. bahkan kecenderungannnya akuntansi pajak diabaikan, tidak tertarik karena terlalu ribet untuk mengurusinya hingga pada akhirnya mereka menyerahkannya pada konsultan, dimana konsultan pajak ini tidak tahu betul operasional perusahaan yang ditangani dengan detail, bahkan bisa menjerumuskannya. Namun pada perusahaan berskala menengah besar, akuntansi pajak sudah dirasa sangat penting dan penerapannya sudah serius. Umunya Penghasilan sering dibebankan pajaknya berdasar pertimbangan-pertimbangan yang mayoritas tidak berhubungan dengan asas penentuan rugi lama ataupun dalam penetapan pendapatan dan beban.
    8. Hal yang perlu dilakukan agar ketrampilan menulis meningkat adalah mengetahui tatanan bahasa yang baik, penggunakan kata yang baik, penyusunan kata atau kalimat yang baik pula, agar para pembaca atau pendengar tidak merasa risih atau aneh atau bahkan bosan dengan apa yang kita ungkapkan dengan lisan maupun tulisan. Karena bahasa merupakan salah satu cara pengungkapan yang baik. Dengan menulis atau bertutur kata baik maka orang lain dapat menilai kita dari bahas yang kita gunakan apakah kita baik atau buruk.

  7. INDRIYANI PRATAMA

    October 27, 2016 at 1:27 am

    INDRIYANI PRATAMA
    7211415043

    1. Setelah saya mempelajari sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia wawasan saya bertambah, pengetahuan saya tentang bahasa Indonesia meningkat. Setidaknya saya mengetahui asal-usul bagaimana, darimana, kapan, siapa saja yang berperan sampai adanya dan terbentuknya bahasa Indonesia. Sehingga kita tidak bisa menganggap sepele tentang adanya bahasa Indonesia dan lebih menghargai lagi adanya bahasa Indonesia.
    2. Setelah belajar tentang kesantunan bahasa tentunya kita dapat mengevaluasi diri tentang bagaimana bahasa kita dalam berkomunikasi apakah sudah memenuhi maksim atau belum sebelum kita dianggap sebagai orang yang santun. Sehingga kita sebagai mahasiswa dapat menempatkan diri bagaimana kita dalam bertutur kata dengan orang-orang disekitar kita.
    3. Setelah mempelajari ragam bahasa, kita dapat lebih mudah dalam menulis, dimana setiap penulisan karya ada aturan tersendiri dalam penulisannya. Apabila kita sudah memahami bagaimana penulisan ragam bahasa, maka kita dapat memilih kata, diksi, kalimat, frasa yang sesuai.
    4. Pemilihan diksi, tanda baca,ungkapan kata dan kalimat harus memenuhi syarat kesesuiaian dan ketepatan dengan apa yang akan disampaikan dalam penulisan karya ilmiah.
    5. Menyusun kalimat supaya menjadi efektif yaitu harus memperhatikan unsur-unsur penting yang harus dimiliki setiap kalimat, memenuhi ciri-ciri kalimat efektif, aturan-aturan tentang Ejaan yang Disempurnakan, dan cara memilih kata dalam kalimat.
    6. Pertarungan ekonomi Amerika terhadap China akan berlangsung sengit karena keduanya memiliki modal yang besar, menguasai sebagian besar pasar dunia, dan memiliki penduduk dalam jumlah yang besar sebagai konsumen.
    7. Akuntansi merupakan salah satu jurusan yang berada di Universitas Negeri Semarang, dan termasuk kedalam Fakultas Ekonomi. Jurusan Akuntansi sangat akrab dengan perhitungan. Jurusan Akuntansi UNNES sendiri sudah memiliki akreditasi A. Jadi tidak heran bila tahun ini banyak yang memperebutkan jurusan ini. Jurusan ini juga memiliki prospek kerja yang baik, banyak perusahaan swasta maupun negeri yang membutuhkan lulusan Akuntansi. Karena setiap perusahaan pasti membutuhkan akuntan.
    8. Yang akan saya lakukan:
    • harus banyak membaca. Karena dengan membaca kita dapat menuangkan ide-ide yang kita miliki ke dalam sebuah karya.
    • Melatih kemampuan menulis agar dapat menghasilkan karya yang baik dan benar.
    • Mempelajari kaidah-kaidah penulisan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Dengan mempelajari kaidah-kaidah penulisan tersebut kita dapat memahaminya dan bisa langsung mempraktekannya ke dalam tulisan yang kita buat.
    • Mempublikasikan hasil tulisan yang kita buat, seperti media elektronik dan cetak. Agar kita dapat mengetahui seberapa besar kemampuan kita.
    • Selalu percaya diri dengan apa yang kita tulis. Jika kita tidak percaya dengan apa yang kita tulis maka kita tidak akan puas dengan hasilnya.

  8. Wahyu Setiyawan

    October 27, 2016 at 1:27 am

    NAMA : WAHYU SETIYAWAN
    NIM : 7211415102
    ROMBEL : BAHASA INDONESIA ROMBEL 1 (HARI KAMIS PUKUL 07.00-08.40 WIB)

    Jawaban UTS :

    1. Manfaat yang saya peroleh yaitu dapat mengetahui sejarah dan perkembangan tentang Bahasa Indonesia yang mengakibatkan saya semakin menghargai dan menghormati Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan kesatuan, walaupun dibawahnya masih banyak keanekaragaman bahasa daerah.

    2. Manfaat yang saya peroleh yaitu dapat menghormati tatacara komunikasi seseorang dimana budaya komunikasi yang dianggap santun di kelompok masyarakat tertentu, belum tentu kita anggap santun, begitupun sebaliknya. Lalu, semakin paham tentang tatacara berkomunikasi yang santun terhadap seseorang yang lebih tua.

    3. Manfaat yang saya peroleh yaitu mengetahui 4 jenis ragam bahasa (ragam undang-undang, ragam jurnalistik, ragam ilmiah, dan ragam sastra) beseerta ciri-cirinya. Dan keragaman tersebut dapat digunakan di kondisi tertentu.

    4. Hal yang perlu diperhatikan penulis dalam menulis karya ilmiah :
    – diksi yang tepat
    – ejaan harus sesuai EYD
    – kata yang digunakan bermakna denotasi bukan makna konotasi
    – kata yang digunakan familiar bukan yang tidak banyak dikenal orang
    – mudah dimengerti seseorang ketika membaca

    5. Cara menyusun kalimat efektif :
    – menghindari penggunaan dua kata yang berarti sama
    – menggunakan kata dengan struktur dan ejaan yang baku sesuai EYD
    – menghindari diksi yang tidak tepat
    – menghindari kalimat ambigu yang dapat menimbulkan salah arti
    – jangan menggunakan pengulangan kata yang tidak perlu

    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dan China akan semakin sengit. Keduanya memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan memiliki rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.

    7. Era pertukaran informasi atau yang disebut Automatic Exchange System of Information (AEoI) akan berlaku tahun 2018. AEoI ini mendukung pertukaran rekening wajib pajak antarnegara. Sehingga wajib pajak yang membuka rekening di luar negeri akan langsung terlacak oleh negara asal. Hal ini yang merupakan faktor utama pemberlakuan kebijakan Tax Amnesty di Indonesia sebelum AEoI diberlakukan.

    8. Hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan menulis yang signifikan :
    – Sering-sering membaca hasil karya orang lain
    – Latian menulis dan hasilnya bisa minta tolong dikoreksi yang lebih ahli
    – Menulis PKM
    – Dan yang terkakhir sedang menulis novel tentang perjalanan hidup

  9. Abdul Maskur (2411414039)

    October 27, 2016 at 1:27 am

    Nama : Abdul Maskur
    NIM : 2411414039

    jawaban
    1. manfaat yang saya peroleh dari materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia adalah sebagai berikut.
    a. mengetahui asal dan usul perkembangan bahasa Indonesia
    b. Dapat meningkatkan sikap cinta terhadap bahasa kebangsaan sendiri (Bahasa Indonesia)

    2. Manfaat yang diperoleh pembelajaran materi kesantunan berbahasa
    a. dapat meningkat kwalitas berbahasa menjadi lebih santun dan beradab
    b. dapat berkomunkasi dan memilih bahasa dengan santun, baik dan benar kepada siapapun dari kalangan bawah sampai kalangan atas.
    c. Dapat menghindari hal-hal yang tidak diharapkan dalam berkomunikasi seperi : salah paham, sakit hati dan lain sebagainya.
    3. Manfaat yang diperoleh dari mempelajari ragam bahasa, sebagai berikut:
    a. Mengetahui berbagai ragam bahasa dalam behasa Indonesia seperti jurnalis, sastra, karya ilmiah dan hukum
    b. memberikan khasanah keilmuan dalam kepenulisan
    c. dapat memberikan referensi yang dapat dijadikan patokan dalam berkepentingan kepenulisan
    4. yang harus dipertimbangkan supaya seorang penulis dapat memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah.
    a.Menggunakan kata yang mudah dipahami oleh pembaca
    b. Ketepatan kata
    c. benar dan hemat kata
    5. cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif
    a. Keutuhan / Kesatuan gagasan.
    b. logis dan mudah dipahami
    c. Hemat kata
    d. Penekanan
    6. Pertarungan ekonomi antara Amerik dan China semakin sengit karena Amerika dan China memiliki modal yang besar untuk menguasai mayoritas pasar dunia, selain itu kedua negara tersebut mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7. penulisan paragrah sesuai dengan keilmuan saya .
    Desain komunikasi visual merupakan ilmu yang mempelajari tentang perancangan komunikasi menggunakan media visual. Adapun media visual yang digunakan dalam perancangan desain adalah bahan, alat dan teknik. Dalam kehidupan sehari-hari manusia secara tidak tidak bisa lepas dengan “Komunikasi visual” sepeti Packaging , poster, papan informasi, desain web, komik , animasi dan lain sebagainya. Sedangkan setiap karya desain pasti mempunyai tujuan dan fungsi atas terciptanya karya. Maka dari itu kita sebagai makhluk sosial dan akademisi harus mengetahui dan memahami berbagai desain yang berada di sekitas kita sebagai media komunikasi.
    8. hal yang akan Anda lakukan agar keterampilan menulis
    a. Banyak baca buku maupun jurnal sebagai referensi
    b. Mengikuti bebrapa pelatihan kepenulisan
    b. Mengikuti kompetisi kepenulisan sebagai ajang untuk mengasah kemampuan saya dalam bidang kepenulisan

  10. VIDA CHUSNIA CHAQ (7211415153)

    October 27, 2016 at 1:28 am

    1. Manfaat saya ketika mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa indonesia adalah sebagai penduduk asli saya dapat mengetahui asal mula dan perubahan-perubahan bahasa indonesia yang dulunya berasal dari bahasa melayu sampai akhirnya menjadi bahasa indonesia yang sekarang ini.
    2. Manfaat ketika saya mempelajari kesantunan bahasa adalah saya dapat lebih mengetahui cara berbicara dengan baik sesuai kondisi dan orang yang akan diajak berbicara baik secara langsung maupun tidak langsung.
    3. Manfaat ketika mempelajari ragam bahasa adalah saya dapat mengolah kata dan memilih kata sesuai dengan yang akan saya ucapkan maupun tulis. Seperti, saya memulis karya sastra dengan bahasa yang indah tanpa adanya EYD yang benar.
    4. Saat menulis karya ilmiah, hal yang purlu dipertimbangkan seorang penulis dalam memilih kata yang tepat adalah kesatuan bahasa dimana satu kata dengan kata yang lain harus menjadi satu kesatuan yang utuh, keterpaduan bahasa dimana antara satu kalimat dengan kalimat yang lainnya harus saling berhubungan, efektif dimana tidak ada keterborosan dalam pemilihan kata.
    5. Menyusun kalimat agar efektif adalah tidak adanya keborosan kata dengan cara jika kita menghilangkan satu kata yang kita anggap boros tidak akan merubah makna kalimat tersebut, ada yang menjadi pusat perhatian dalam suatu kalimat, adanya pengulangan kata yang dapat digantikan dengan kata ganti contoh: anita diganti dia/nya, kesamaan/keterpaduan makna kata contoh: menyapu, mengepel, mencuci.
    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dan Cina semakin berlangsung sengit karena keduanya memiliki modal besar, menguasai pasar dunia, dan memiliki jumlah besar penduduk berbasis konsumen.
    7. Pendapatan Nasional dapat melambangkan kemakmuran suatu Negara. Pendapatan Nasional atau bisa disubut GNP (Gross National Product) adalah jumlah seluruh barang/jasa yang dihasilkan oleh penduduk di suatu Negara baik yang berada di dalam negeri maupun luar negeri. Dalam menghitung Pendapatan Nasional dapat dilakukan menggunakan 3 pendekatan, yaitu: pendekatan pengeluaran, pendekatan pendapatan dan pendekatan produksi.
    8. Hal yang saya lakukan agar keterampilan menulis saya meningkat signifikan adalah lebih banyak membaca dan berlatih menulis seperti, membuat PKM (Program Kreativitas Mahasiswa), menulis diary ketika sedih dan membuat status (caption) di social media.

  11. Anita Noviyanti (7211415022)

    October 27, 2016 at 1:31 am

    Nama : Anita Noviyanti
    NIM : 7211415022

    1. Manfaat mempelajari tentang sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia adalah kita mengetahui bagaimana perjalanan bahasa Indonesia sampai menjadi seperti sekarang ini. Kita dapat mengetahui sejarah bahasa Indonesia yang diangkat dari bahasa Melayu. Dan bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Negara Kesatuan Republik Indonesia dan bahasa pemersatu bangsa Indonesia (Sumpah Pemuda). Dengan begitu tumbuh rasa memiliki dan menghargai bahasa Indonesia.
    2.Kita dapat menggunakan kesantunan bahasa dalam kehidupan sehari-hari agar tidak menyinggung perasaan orang lain. Dalam bahasa lisan kita dapat menggunakan kesantunan bahasa dengan menggunakan bahasa yang baik dan gerak anggota tubuh yang baik sehingga tidak menyinggung perasaan orang lain (komunikan). Dalam bahasa tulis kita dapat menggunakan kesantunan bahasa dengan menggunakan bahasa tulis yang baik yang tidak menunjukkan kekuasaan agar tidak menyinggung orang lain. Ciri-ciri kesantunan bahasa yang dapat kita terapkan adalah (1) Tuturan yang panjang karena semakin panjang tuturan maka semakin sopan (2) Memerintah menggunakan kalimat berita atau kalimat tanya karena lebih sopan dibanding kita menggunakan kalimat perintah. (3) Menyampaikan tuturan secara tidak langsung.
    3. Kita dapat mengetahui macam-macam ragam bahasa dan dapat mengaplikasikan ragam bahasa dalam penulisan karya ilmiah sehingga karya ilmiah yang kita buat itu sesuai dengan kaidah yang berlaku. Ciri-ciri ragam bahasa yaitu menggunakan kalimat efektif, menggunakan ejaan yang benar, menggunakan pola paragraf yang padu dan koherensif, menggunakan pilihan kata yang tepat. Misalkan kita dapat mengaplikasikan ragam bahasa jurnalistik ketika kita akan menulis jurnalis (berita) dengan penggunaan bahasa komunikatif.
    4. Hal yang dilakukan penulis agar dapat memilih kata dengan tepat adalah (1) Membedakan dengan cermat denotasi dari konotasi (2) Membedakan dengan cermat kata-kata yang bersinonim (3) Membedakan kata-kata yang mirip dengan ejaannya (4) Membedakan kata khusus dan kata umum (5) Memperhatikan kelangsungan pemilihan kata (6)Hindarilah menggunakan kata-kata ciptaan sendiri (7) Waspadalah terhadap penggunaan kata asing (8) Memperhatikan perubahan makna yang terjadi pada kata yang sudah dikenal (9) Menggunakan kata-kata indria untuk menunjukkan persepsi yang khusus.
    5. Kalimat efektif dapat disimpulkan bahwa komunikan memiliki gagasan yang sama dengan komunikator. Kita dapat menggunakan kalimat efektif dengan acuan ciri-ciri kalimat efektif. Ciri-ciri kalimat efektif adalah (1) Memiliki kesatuan gagasan (2) Memiliki kehematan (3) Memiliki perhatian khusus/penekanan (4) Memiliki kevariasian (5) Kesejajaran (6) Memiliki keterikatan / perpaduan.
    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dan China semakin sengit karena mereka memiliki modal yang besar, menguasai pasar dunia, dan punya rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7. Akuntansi adalah proses mengolah data keuangan yang menghasilkan informasi keuangan sebagai outputnya yang berguna bagi pihak yang berkepentingan. Berdasarkan tipe pengguna informasi keuangan dibagi menjadi 2, yaitu : informasi keuangan yang ditujukan untuk pihak eksternal dan informasi keuangan yang ditujukan untuk pihak internal. Informasi keuangan yang ditujukan untuk pihak eksternal (pemilik perusahaan,investor dan kreditor) disebut akuntansi keuangan. Sedangkan informasi yang ditujukan untuk pihak internal (manajemen) disebut akuntansi manajemen.
    8. Hal yang dapat dilakukan agar keterampilan menulis meningkat adalah menambah pengetahuan tentang tulis menulis dan berlatih menulis secara terus menerus dengan benar. Setelah itu memoles tulisan agar menjadi komunikatif dan sesuai dengan kaidah yang berlaku.

  12. Fitri Nur Faizin ( 5101415023 )

    October 27, 2016 at 1:31 am

    Nama : Fitri Nur Faizin
    NIM : 5101415023
    1. manfaat setelah mempelajari sejarah dan perkembangan bahasa indonesia,
     mengetahui asal usul dan perjuangan pemimpin bangsa dalam menyatukan bangsa indoesia
     mengetahui fungsi bahasa yang diantaranya adalah sebagai sarana informasi dan komunikasi
     mengetahui kegunaan bahasa dalam berbagai, seperti pekerjaan, penelitian, jurnalistik, karya ilmiah, dan kekuasaan.
     Mengetahui perkembangan bahasa mulai dari awal diresmikannya bahasa indonesia sampai sekarang. Diantaranya sekarang muncul bahasa indonesia gaul seperti bahasa alay, sehingga dikhawatirkan bangsa indonesia akan kehilangan bahasa persatuannya.
    2. Manfaat setelah mempelajari kesantunan berbahasa
     Mengetahui ada beberapa aturan yang tidak boleh dilanggar dalam berbahasa yang santun yaitu maksim, diantaranya terdapat maksim kesederhanaan, kedermawanan, kebijaksanaan, dan maksim simpati
     Mengetahui tentang skala kesantunan berbahasa yaitu cara kita untuk berbahasa yang baik ketika berkomunikasi dengan orang lain diantaranya terdapat skala keuntungan, ketersediaandua pilihan, ketidak langsungan tujuan, jarak sosial.
     Mendapatkan beberapa pengalaman dari beberapa tokoh yang diajukan sebagai tugas dalam menganalisa kesantunan berbahasa.
    3. Manfaat setelah mempelajari ragam bahsasa
     Mengetahui adabeberapa bahasa yang digunakan untuk keperluan masing-masing yaitu bahasa hukum, jurnalistik, ilmiah, dan bahasa sastra
     Mengetahui cara menganalisis bahasa yang digunakan dalam beberapa ragam bahasa melalui tugan yang diberikan oleh dosen
     Dapat mempraktikan membuat paragraf dalam beberapa ragam bahasa

    4. Cara penulis memilih kata yang tepat dalam pembuatan suatu karya
     Memilih kata sesuai dengan jenis karya yang dibuat, seperti sastra, jurnalistik, hukum, dan karya ilmiah
     Menggunakan prinsip makna dan rasa, artinya ketikakata tersebut disajikan maknanya sesuai dan rasanya enak untuk dibaca
     Menggunakan kata imbuhan, kata majemuk, dan kata ulang sesuai dengan proporsinya

    5. Cara menyusun kalimat sehingga menjadi kalimat yang efektif
     Memperhatikan keutuhan atau kesatuan gagasan
     Memperhatikankepaduan antar kata
     Kalimat tersebut memiliki pokokkalimat
     Memperhatikan kehematan kalimat
     Memperhatikan kevariasian
     Memperhatikan kesejajaran kata atau tergolong dalam kelaskata yang sama

    6. Memperbaiki kalimat menjadi kalimat efektif

    Sebelum

    Pertarungan ekonomi antara Amerika terhadap China akan semakin berlangsung sengit karena Amerika dan China memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan punya rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.

    Sesudah

    Pertarungan ekonomi antara Amerika terhadap China akan semakin sengit karena mereka memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.

    7. Bangunan adalah kebutuhan pokok masyarakat yang berfungsi sebagai pelindung diri dari berbagai bahaya dunia luar. Dikarekan fungsi bangunan tersebut kekuatan dan kenyamanan dalam mendesain bangunan sangat diperhaikanuntuk menjamin keselamatan penghuninya. Oleh karena itu pendidikan teknik bangunan adalah salah satu cara menciptakan ahli bangunan dan dapat menjadi seorang guru dalam dalam pendidikan kejuruan yang berkompeten dan mampu menciptakan ahli banguna yang bertanggung jawab.

    8. Cara agar keterampilan menulis meningkat

     Sering membaca dan menganalisis hasil karya seseorang
     Belajar bahasa indonesia dengan baik dan benar
     Mengikuti pembelajaran dikelas dengan memperhatikan dan menulis apa yang disampaikan pengajar
     Berlatih membuat suatu karya dan mengikuti lomba-lomba karya tulis

  13. Triono

    October 27, 2016 at 1:32 am

    Nama TRIONO
    NIM 7211415093

    1. Dengan mempelajari sejarah perkembangan Bahasa Indonesia saya dapat mengetahui seluk beluk Bahasa Indonesia serta mengetahui bagaimana Bahasa Indonesia mampu menjadi Bahasa nasional bangsa Indonesia, hal ini membuat saya mengerti akan makna kebudayaan dan perjuangan.

    2. Manfaat yang saya peroleh adalah saya dapat menggunakan Bahasa yang baik dalam berkomunikasi dengan orang lain, sehingga saya dalam berkomunikasi tanpa menyinggung perasan orang lain. Selain itu materi kesantunan Bahasa dapat Saya dapat terapkan dalam kehidupan sehari – hari.

    3. Dengan mempelajari ragam Bahasa saya dapat mengetahui ciri khas tersendiri dari tiap – tiap ragam Bahasa seperti Bahasa hokum yang mempunyai ciri cermat, jurnalistik yang memiliki ciri komunikatif dll

    4. Keefektifan, kelogisan, keterpaduan, kesatuan gagasan dll

    5. Dengan cara memilih diksi yang tepat sehingga antar kata tersebut menjadi padu, menambah kevariasian kata, menghemat penggunaan kata, memusatkan kalimat tersebut dalam satu topik tertentu.

    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dan China semakin sengit, hal ini dikarena Amerika dan China memiliki modal yang besar, mampu menguasai mayoritas pasar dunia, dan punya rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.

    7. Akuntansi adalah sebuah seni mencatat, mengklasifikasi, meeingkas, mengolah, dan menyajikan data transaksi atau kejadian kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga menghasilkan laporan keuangan yang dapat digunakan oleh pihak internal maupun eksternal dalam mengambil keputusan. Pengambilan keputusan seperti peningkatan intensitas produksi, menentukan harga jual produk, pembagian deviden, penanaman modal dll.

    8. Hal yang akan saya lakukan adalah dengan belajar membuat tulisan – tulisan seperti esay, puisi, dll, menuangkan gagasan – gagasan saya kedalam sebuah tulisan, serta saya akan mencoba mengikuti lomba lomba yang berkaitan dengan menulis, hal ini bertujuan untuk mengukur kemampuan saya dalam menulis

  14. Siti Markhamah (7211415150)

    October 27, 2016 at 1:32 am

    Nama : Siti MArkhamah
    NIM : 7211415150

    1. Manfaat yang saya peroleh dari mempelajari materi sejarah dan perkembangan Bahasa Indonesia adalah saya dapat mengetahui perkembangan kosa kata yang telah digunakan dari duu hingga sekarang. BAnyak sekali perubahan yang terjadi sehingga ilmu yang saya dapatkan semakin bertambah. Saya lebih bisa mengatur kalimat-kalimat yang akan saya ucapkan.
    2. Manfaat yang saya peroleh dari materi kesantunan bahasa adalah saya bisa lebih menjaga tata bahasa saya agar apa yang saya ucapkan tidak menyakiti lawan bicara saya. Dibandingkan ssebelum saya mempelajari materi tersebut, saya seenaknya menggunakan kalimat yang belum tentu lawan bicara saya mengerti apa yang saya utarakan. Sehingga sangat bermanfaat bagi komunikasi yang saya lakukan.
    3. Manfaat yang saya peroleh dari mempelajari materi ragam bahasa adalah saya lebih mengerti ciri-ciri dari suatu kalimat beserta perbedaan dalam penggunaan kalimat tergantung dengan situasi dan kondisi. Misalnya saja kalimat jurnalistik yang pada kalimat tersebut penggunaan bahasa yang digunakan haruslah cermat. Berbeda dengan kalimat sastra yang identik dengan keindahan di dalamnya. Dalam materi ragam bahasa saya bisa membedakan kalimat-kalimat yang sesuai dalam penempatannya.
    4. Hal yang dipertimbangkan saat memilih kata yang tepat untuk menulis karya ilmiah yaitu harus bersifat logis, untuk siapa, dan tujuannya apa. Agar tidak menjadi kesenjangan antara penulis dengan pembacanya nanti. Kalimat yang digunakan sesuai dengan karakter si pembaca.
    5. Dalam penyusunan kalimat efektif harus minimal ada subjek dan predikat, menggunakan kata yang termasuk dalam KBBI, tidak menggunakan kalimat yang bertele-tele, tujuan pembuatan kalimatnya jelas, dan mudah dipahami.
    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dan China semakin sengit karena mereka memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan rakyat dalam jumah besar sebagai basis konsumen.
    7. Kas Kecil atau Petty Cash adalah uang yang dicadangkan oleh entitas bisnis/perusahaan untuk pembayaran pengeluaran-pengeluaran yang bersifat rutin, namun jumlah nominalnya relatif kecil serta tidak material. Dalam pencatatan kas kecil menggunakan 2 metode, yaitu sistem dana tetap dan sistem dana berubah. Metode sistem dana tetap merupakan metode pembukuan kas kecil dimana rekeningnya selalu tetap. Sedangkan metode sistem dana berubah menghendaki bahwa jumlah nominal kas kecil tidak ditetapkan, akan tetapi sesuai dengan kebutuhan(berubah-ubah).
    8. Hal yang saya lakukan agar kemampuan belajar ssya meningkat yaitu dengan mencoba belajar menulis, misalnya membuat karya ilmiah. Setelah saya selesai membuatnya, kemudian saya akan mengoreksi kembali kalimat-kalimat yang saya gunakan. Apakah sesuai dengan syarat dari kalimat efektif aatau belu. Jika belum sesuai, maka akan saya revisi kembali.

  15. WINA ILMIYANA (7211415113)

    October 27, 2016 at 1:33 am

    Euis Fitriani · Works at Theater
    WINA ILMIYANA (7211415113) – ROMBEL 1
    JAWABAN :
    1. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia, yaitu :
    -Saya mengetahui bagaimana asal usul bahasa Indonesia yang diresmikan pada Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928.
    -Saya menjadi lebih bangga menggunakan bahasa Indonesia.
    -Menambah ilmu pengetahuan saya.

    2. Manfaat yang saya peroleh setelah mempelajari materi kesantunan berbahasa, yaitu:
    -Saya menjadi lebih berhati-hati dalam berbicara maupun bertindak, karena setiap tindakan dan lisan kita akan dinilai oleh orang lain.
    -Belajar kesantunan berbahasa membantu dalam bidang public speaking saya
    -Mengetahui berbagai macam maksim (kebijaksanaa, kedermawanan, dll)

    3. Manfaat yang saya peroleh setelah mempelajari materi ragam bahasa adalah:
    -Menambah pengetahuan mengenai macam-macam ragam bahasa seperti ragam bahasa jurnalistik, hukum, sastra, karya ilmiah)
    -Dengan adanya ciri-ciri masing-masing bahasa sangat membantu saya ketika membuat tulisan seperti makalah karya ilmiah
    -Saya dapat dengan mudah memahami tulisan yang saya abaca.

    4. Yang harus dipertimbangkan supaya seorang penulis dapat memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah:
    -Mengikuti kaidah yang mencakup isi, metode penulisan, tata cara penulisannya,, dan menggunakan bahasa yang baku.
    -Mengikuti langkah-langkah pembuatan karya ilmiah :
    1. Menentukan topik atau masalah dalam karya ilmiah
    2. Setelah menentukan topik, kita menelurusi semua informasi yang berhubungan dengan topik tersebut.
    3. Melakukan survei.
    4. Menyusun hipotesis.
    5. Menyusun rancangan penelitian.
    6. Menerapkan metode penelitan yang akan kita pakai.
    7. Menganalisis menggunakan teori
    8. Menarik kesimpulan.
    9. Melaporkan hasil penelitian.

    5. Menyusun kalimat supaya menjadi kalimat yang efektif :
    a. Kesatuan dan keutuhan gagasan. Kesatuan gagasan yang dimaksudkan adalah dalam menyusun kalimat efektif harus ada unsur seperti subjek, predikat objek dan keterangan yang dapat membentuk suatu kalimat.
    b. Kalimat yang dibuat harus memiliki kesejajaran makna.
    c. Tidak perlu menggunakan kalimat yang bertele-tele, tidak boleh mubadzir kata.
    d. Dalam penulisan harus ada penekanan di dalam kalimat supaya pembaca memahami dengan jelas apa yang dimaksud dalam tulisan.
    e. Memiliki kepaduan antar kalimat-kalimat yang ada dalam tulisan.
    6. -Mengganti kata terhadap menjadi dengan
    -Mengganti kata akan, berlangsung
    -Mengganti kata Amerika dan China menjadi mereka
    -Mengganti kata punya menjadi memiliki
    Pertarungan ekonomi antara Amerika dengan China semakin sengit karena mereka memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan memiliki rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.

    7. Saya kuliah dalam bidang Akuntansi:
    Akuntansi adalah suatu proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah dan menyajikan data, transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat digunakan dengan mudah untuk pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya. Akuntansi berasal dari bahasa asing Accounting yang artinya menghitung atau mempertanggungjawabkan. Akuntansi digunakan di hampir seluruh kegiatan bisnis di seluruh dunia untuk mengambil keputusan sehingga disebut sebagai bahasa bisnis.

    8. Untuk meningkatkan kemampuan menulis :
    a. Memperbanyak membaca
    b. Belajar menulis sesuai EYD
    c. Sering melakukan latihan menulis
    d. Selalu mengevaluasi ketika selesai menulis
    e. Selalu meminta kritik dan saran kepada orang lain.

  16. Rizky Yusiana Putri (7211415157)

    October 27, 2016 at 1:33 am

    Nama : Rizky Yusiana Putri
    NIM : 7211415157

    1. Manfaat yang dapat saya peroleh ketika mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa indonesia adalah saya dapat mengetahui asal usul adanya bahasa indonesia yang dulunya adalah bahasa melayu dan selanjutnya ditetapkan sebagai bahasa nasional dan bahasa pemersatu dengan beberapa alasan yang mendukung bahasa indonesia menjadi bahasa nasional. selain itu saya juga dapat mengetahui perkembangan bahasa indonesia dari jaman ke jaman.

    2. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari materi kesantunan berbahasa adalah saya dapat berbicara dan bertutur kata dengan lebih santun sesuai dengan maksum-maksum yang diperbolehkan. Selain itu saya juga dapat mengetahui dan menganalisis apakah gaya bicara saya atau seseorang sudah mencapai tingkat kesantunan atau belum.

    3. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari ragam bahasa adalah saya dapat membedakan berbagai macam ragam bahasa, seperti ragam bahasa jurnalistik, ragam bahasa sastra, ragam bahasa hukum dan ragam bahasa ilmiah dengan karakteristik-karakteristik yang ada. Saya juga dapat membuat kalimat ataupun paragraf yang didalamnya mengandung ragam bahasa tersebut.

    4. Hal yang harus dipertimbangkan supaya seorang penulis dapat memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah adalah yang pertama adalah kata baku, penulis harus memilih kata yang baku yang terdapat di EBI dan menghindari kata yang belum dibakukan. Kedua, penulis harus menggunakan kata yang lazim, yang sering digunakan oleh masyarakat.

    5. Cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif yang pertama adalah kesepadanan, kesepadanan yang dimaksud ialah keseimbangan antara pikiran dan struktur bahasa yang dipakai. Kedua adalah keparalelan, maksudnya adalah kesamaan bentuk kata yang digunakan dalam kalimat tersebut. Ketiga, ketegasan dalam penyampaian ide pokok dalam kalimat tersebut. Keempat, kehematan dalam penggunaan kata, frasa atau lainnya yang dianggap tidak perlu. Terakhir adalah kecermatan, maksudnya adalah kalimat efektif tidak boleh memiliki penafsiran ganda.

    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dengan China akan bertambah sengit karena mereka memiliki modal yang sama besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai banyak rakyat sebagai basis konsumen.

    7. Saat ini Indonesia masih terus membangkitkan perekonomiannya. Banyak usaha yang dilakukan, mulai dari menekan jumlah barang impor yang mengalahkan pemakaian barang lokal. Pemerintah juga melakukan perluasan lapangan perkerjaan agar sumber daya manusia dapat digunakan dengan maksimal. Selain itu indonesia juga memaksimalkan sumber daya alam terutama sumber daya kelautan yang ada. Pemerintah juga melakukan penggurangan pengangguran yang ada di indonesia agar perekonomian perkapita indonesia meningkat.

    8. yang saya lakukan agar ketrampilan menulis saya meningkat signifikan adalah dengan cara berlatih menulis dengan menggunakan materi-materi yang telah diajarkan di kelas bahasa indonesia. Seperti bagaimana menentukan diksi yang tepat, bagaimana menulis kalimat efektif yang benar, bagaimana membuat paragraf yang benar dan lain sebagainya.

  17. Multy Adra Madona (7211415156)

    October 27, 2016 at 1:33 am

    Nama : Multy Adra Madona
    Nim : 7211415156

    1. Saya mendapatkan banyak manfaat setelah mempelajari mata kuliah Bahasa Indonesia khususnya pada materi Sejarah dan Perkembangan Bahasa Indonesia. Saya menjadi lebih tahu bagaimana perkembangan Bahasa Indonesia dari dicetuskannya Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 hingga saat ini. Seiring perkembangan zaman Bahasa Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat. Mulai dari bahasa “poenya” menjadi “punya”, “jang” menjadi “yang” hingga saat ini Bahasa Indonesia yang sudah mendapat banyak tambahan kosakata seperti “galau”. Namun saat ini penguasaan Bahasa baku oleh masyarakat khususnya para pelajar mengalami penurunan. Hal ini bisa dilihat sebagai salah satu contohnya ketika mahasiswa berbicara atau mengirim pesan singkat pada dosennya, masih banyak ditemukan bahasa-bahasa yang tidak baku dan dinilai kurang sopan. Dengan adanya materi Bahasa Indonesia ini saya bisa mengambil beberapa manfaat yaitu:
    – dapat mengetahui sejarah perkembangan Bahasa Indonesia
    – dapat menggunakan bahasa Indonesia dengan ejaan yang benar
    – dapat menempatkan bahasa yang benar dengan tepat.

    2. Setelah saya mempelajari materi Kesantunan Bahasa saya memperoleh beberapa manfaat, yaitu:
    – saya menjadi lebih paham tentang penempatan berbahasa yang benar.
    – diharapkan saya bisa lebih pandai dalam menggunakan bahasa kepada orang-orang tertentu.
    – saya dapat menerapkan ilmu saya dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
    – saya bisa mengajari adik-adik saya untuk berbicara sopan kepada orang.

    3. Setelah saya mempelajari ragam bahasa ada 4 ragam bahasa yang saya ketahui, yaitu: ragam undang-undang atau hukum, ragam jurnalistik, ragam karya ilmiah, ragam sastra.
    manfaat yang saya peroleh dari ragam bahasa tersebut adalah:
    – bahasa atau kosakata yang saya peroleh menjadi lebih banyak beserta artinya seperti “benda tumpul, rumah tahanan” dan saya sekarang bisa membedakan antara terpidana, narapidana, tersangka, terdakwa dll, yang bersifat khusus.
    – saya menjadi lebih bisa menempatkan kalimat atau bahasa pada tempatnya.
    – saya bisa bermain kata-kata lebih banyak lagi.
    – saya bisa menggunakan ragam bahasa sastra untuk memperindah kalimat.

    4. – bersifat formal dan objektif
    – menggunakan sudut pandang orang ketiga
    – menggunakan titik pandang yang gramatik dan konsisten
    – menggunakan istilah khusus sesuai bidang keilmuan
    – tingkat formalitas bahasa bersifat resmi
    – gagasan diungkapkan dengan lengkap dan jelas

    5. ada beberapa ciri yang harus diketahui ketika ingin membuat kalimat menjadi efektif, yaitu:
    – kalimat harus mempunyai unsur S,P,O sekurang-kurangnya mempunyai unsur subjek dan predikat serta memiliki keutuhan dan kesatuan
    – memiliki keterpautan dan kepaduan
    – memiliki pemusatan perhatian
    – memiliki kehematan
    – memiliki kevariasian
    – memiliki kesejajaran (paralelisme)

    6. perdebatan ekonomi antara Amerika dan China akan berlangsung semakin sengit karena Amerika dan China sama-sama memiliki modal yang besar. Keduanya mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen sehingga dapat menguasai pasar dunia.

    7. Akuntasi merupakan salah satu jurusan Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Semarang. Saya sebagai salah satu mahasiswa akuntansi setiap harinya menghitung banyak uang yang tidak bida saya lihat. Mulai dari menjurnal, membuat buku besar, membuat jurnal penyesuaian, membuat laporan keuangan adalah makanan sehari-hari saya. Selain mendapatkan mata kuliah prodi, saya juga mendapatkan mata kuliah umum salah satunya, yaitu Bahasa Indonesia. Pada mata kuliah Bahasa Indonesia saya dapat mempelajari bagaimana cara membuat paragraf dengan benar.

    8. Agar keterampilan menulis saya meningkat siginifikan tentunya saya akan lebih giat lagi belajar menulis dan mengulang-ngulang kalimat supaya menjadi lebih baik, serta membiasakan diri untuk menulis hal-hal kecil seperti buku harian. Berlatih dan terus berlatih menulis, inilah salah satu kunci agar keterampilan menulis saya meningkat.

  18. Ani Rohanah (7211415007)

    October 27, 2016 at 1:34 am

    Ani Rohanah (7211415007)

    1. Manfaat yang saya peroleh ketika memperlajari materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia, saya bisa tahu bahwa bahasa indonesia tidak muncul begitu saja. Mengetahui sejarah dan perkembangan tersebut membuat saya bangga dengan Indonesia yang dengan kokoh menjunjung bahasa persatuan, bahasa indonesia.
    2. Manfaat yang saya peroleh ketika memperlajari materi kesatuan berbahasa, saya sekarang mengerti cara penulisan yang benar dan bisa mengindentifikasi suatu kalimat sudah memiliki unsur satu kesatuan, karena dalam membuat paragraf salah satu syaratnya adalah kalimat memiliki unsur satu kesatuan yang utuh.
    3. Saya bisa mengetahui bahwa bahasa banyak ragam bahasa dalam kepenulisan dan bisa praktik menulis sesuai dengan konteks sehingga saya lebih paham.
    4. Hal yang harus dipertimbangkan supaya seorang penulis dapat memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah adalah sasaran pembaca, tujuan kepenulisan, memiliki unsur kelogisan, situasi dan sarana.
    5. Dalam menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif kita harus memperhatikan ciri-ciri kalimat efektif, seperti : Memiliki unsur kesatuan dan kepaduan, memiliki kejelasan dan kelogisan, tidak memiliki unsur kata yang mubazir dan memiliki unsur kata paralelisme.
    6. Perbaikan kalimat :
    Pertarungan ekonomi antara Amerika dan China akan berlangsung sengit karena Amerika dan China memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7. Akuntansi adalah suatu aktivitas jasa seperti mengidentifikasi, menganalisis dan membuat laporan keuangan yang menghasilkan output berupa Informasi keuangan. Informasi tersebut berpengaruh dalam pengambilan keputusan manajemen di suatu perusahaan. Seseorang yang ahli akuntansi disebut Akuntan.
    8. Saya akan melatih keterampilan menulis saya dengan mencoba mengikuti lomba karya tulis dan mengaktifkan kembali blog yang pernah saya buat.

  19. Maudi Yulias Saputri

    October 27, 2016 at 1:34 am

    Nama : Maudi Yulias Saputri (3601415006)
    Rombel : 001
    Jawaban :
    1.Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia yaitu saya mengetauhi asal mula terbentuknya bahasa Indonesia dan saya mengetauhi alasan bahasa indonesia diambil dari bahasa melayu karena bahasa melayu tidak memiliki tingkatan seperti bahasa jawa
    2.Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari materi kesantunan berbahasa yaitu saya menjadi lebih tau dalam memilih kata dalam berkomuniasi
    3.Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari ragam bahasa yaitu saya menjadi lebih tau bagaimana menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar serta menggunakan EYD.
    4.Hal yang harus dipertimbangkan ketika seorang penulis memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah yaitu ketepatan kata sesuai bidangnya,menghindari kata kata percakapan dalam karya ilmiah.
    5.Cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif yaitu menggunakan kalimat yang memiliki kesatuan, memiliki kepaduan, memiliki pusat perhatian, Logis,Lugas dan menggunakan kalimat efektif.
    6.Pertarungan Ekonomi antara Amerika dengan China semakin sengit karena Amerika dan China memiliki modal yang besar, mengusai mayoritas masyarakat dunia dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7.Separatisme berarti tindakan memisahkan diri dari suatu komuitas yang lebih besar atau negara untuk mendapatkan kedaulatan komunitasnya. Separatis dpat dijalankan dengan dua cara.Pertama dengan cara kekerasa yaitu mendorong suatu negara kearah revolusi. Kedua dengan cara halus dan politis untuk meminta otonomi yang lebih luas atau campur tangan dari keduanya.
    8.Hal yang saya lakukan agar keterampilan menulis saya dapat meningkat secara signifikan yaitu dengan banyak membaca buku buku , mempelajari kaidah penulian yang benar.

  20. Arum Triasih (7211415096)

    October 27, 2016 at 1:38 am

    1. Manfaat yang saya dapat dari mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia adalah saya mengetahui bagaimana awal mula terciptanya bahasa Indonesia dan membuat saya lebih menghargai dan mencintai bahasa Indonesia mengingat perjuangan dari para pemuda terdahulu dalam memperjuangan bahasa persatuan bagi bangsa Indonesia.
    2. Manfaat yang saya peroleh dari mempelajari materi kesantunan berbahasa adalah saya mengetahui bagaimana berbahasa yang baik dan benar, berbahasa disini diartikan tidak hanya bagaimana saya dapat berbicara yang baik tetapi juga kesantunan bahasa dalam membuat suatu tulisan.
    3. Manfaat yang diperoleh setelah saya mempelajari materi ragam bahasa adalah saat ini saya mengetahui bahwa dalam bahasa Indonesia terdapat berbagai ragam bahasa seperti ragam undang-undang, ragam jurnalistik, ragam ilmiah, dan ragam sastra dan membuat saya mengerti bahwa bahasa yang digunakan dalam setiap ragam memiliki ciri khas masing-masing.
    4. Dalam membuat karya ilmiah seorang penulis harus menggunakan kata baku, karyanya harus memiliki keutuhan dan kesatuan gagasan, memiliki keterpaduan bahasa, menggunaka Ejaan Yang Disempurnakan (EYD), membuat pembaca mengerti apa yang ingin disampaikan oleh penulis tetapi dengan tetap menggunakan bahasa yang baku.
    5. Dalam menyusun suatu kalimat agar menjadi kalimat yang efektif yaitu terdapat keutuhan dan kesatuan kalimat atau minimalnya dalam sebuah kalimat harus terdapat subjek dan predikat, tidak mengulang kata yang sama artinya harus memiliki kevariasian bahasa, tidak mengandung kata yang mubadzir, dan menggunakan kata penghubung yang tepat atau setiap katanya memiliki keterpaduan.
    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dan China semakin sengit karena keduanya memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai banyak penduduk sebagai basis konsumen.
    7. Perekonomian Indonesia dinilai masih dalam tahap berkembang. Penguatan ekonomi harus dilakukan salah satunya dengan menguatkan sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) karena UMKM merupakan sektor ekonomi yang berpegaruh besar bagi perekonomian dan dapat menyediakan lapangan kerja serta sebagai salah satu sektor yang tidak terpengaruh saat terjadi inflasi seperti pada tahun 1998. Pemerintah mempuyai peran sangat penting untuk membantu para pelaku UMKM dalam menjalankan usahanya dan agar dapat bersaing dengan negara lain mengingat mulai tahun 2016 ini telah diberlakukannya pasar bebas atau Masyarkat Ekonomi Asean (MEA).
    8. Hal yang saya lakukan agar kemampuan menulis saya dapat meningkat adalah saya terus mencoba untuk menulis. Saat ini saya sedang mencoba untuk membuat karya tulis ilmiah yang baik.

  21. ESTU RATNASARI (7211415149)

    October 27, 2016 at 1:39 am

    ESTU RATNASARI (7211415149)
    1. Manfaat yang saya peroleh dari mempelajari materi sejarah dan perkembangan Bahasa Indonesia yaitu dapat mengetahui sejarah kelahiran Bahasa Indonesia serta perkembangan diperolehnya nama Indonesia.
    2. Manfaat yang saya peroleh dari mempelajari materi Kesantunan Bahasa yaitu dapat menerapkan bagaimana menggunakan bahasa yang santun ketika berbicara dengan lawan bicara.
    3. Manfaat yang saya peroleh dari mempelajari Ragam Bahasa yaitu dapat membedakan cara penulisan bebagai jenis ragam bahasa seperti Hukum,Jurnalistik,sastra, dan Karya Tulis Ilmiah.
    4. Hal yang perlu dipertimbangkan seoran penulis dalam memilih kata yang tepat saat menulis Karya Tulis Ilmiah, yaitu:
    a. Menggunakan diksi yang tepat.
    b. Menggunakan bahasa baku yang sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan.
    c. Diksi yang digunakan harus sesuai antar kalimat atau kata.
    5. Cara menyusun kalimat efektif, yaitu:
    a. Pemilihan diksi yang tepat.
    b. Terdapat keterpaduan.
    c. Memiliki variasi
    6. Perkembangan Ekonomi Global semakin berkembang pesat menyebabkan persaingan sengit antara negara Amerika dan China karena kedua negara tersebut memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan memiliki jumlah penduduk yang besar sebagai sasaran konsumen.
    7. Akuntansi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana data keuangan diolah agar menghasilkan laporan keuangan serta informasi keuangan yang dapat bermanfaat bagi pihak yang berkepentingan. Pihak-pihak yang berkepentingan tersebut dibagi menjadi dua, yaitu pihak Eksternal dan pihak Internal. Pihak Eksternal adalah pihak yang berkepentingan secara langsung dengan perusahaan, Misalnya: Investor, Karyawan dan Kreditur. Sedangkan Pihak Internal yaitu pihak yang berkepentingan secara langsung dengan perusahaan, Misalnya: Manajer.
    8. Apa hal yang akan Anda lakukan agar keterampilan menulis Anda meningkat signifikan?
    Hal yang perlu dilakukan agar keterampilan menulis saya meningkat secara signifikan yaitu:
    a.Sering membaca buku agar memperbanyak kosa kata yang kita miliki
    b.Mengikuti pelatihan maupun seminar tentang menulis.
    c.Aktif dalam mengikuti lomba menulis

  22. nafilatun nur indahsari

    October 27, 2016 at 1:40 am

    NAFILATUN NUR INDAHSARI
    7211415158

    1. Bahasa memiliki peran dalam perkembangan sosial dan emosional pada diri kita dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi.
    manfaatnya agar kita dapat berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku baik secara lisan maupun tertulis, memahami bahasa indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan, dan menghargai dan banggsa menggunakan bahasa indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara
    2.Manfaat materi kesantunan berbahasa kita lebih mengerti dalam bertutur sedemikian rupa sehingga dapat menentukan pilihan-pilihan kata yang tepat dan efektif.
    3.Manfaat mempelajari ragam bahasa kita bisa mengenal empat ragam bahasa, yaitu ragam bahasa hukum(undang-undang),ragam bahasa jurnalistik,ragam bahasa karya ilmiah,dan ragam bahasa sastra
    4.Yang harus dipertimbangkan supaya seorang penulis dapat memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah yaitu dapat menggunakan kalimat efektif dan dapat pilihan kata (diksi)dan kejelasan lafal untuk memperoleh kata-kata yang tepat.
    5.Menyusun kalimat efektif harus ada beberapa unsur seperti subjek, objek, dan perikat. Tidak perlu menggunakan kata-kata yang maknanya sama atau kata-kata yang tidak diperlukan. Penyusunan kalimat unsur-unsurnya harus berhubungan. Dan harus ada penekanan dalam kalimat tersebut.
    6.Pertarungan ekonomi antara Amerika terhadap China akan berlangsung semakin sengit karena kedua negara tersebut memiliki modal yang besar, juga menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7.Akuntansi merupakan ilmu yang mempelajari tentang laporan keuangan yang nantinya akan disusun pada akhir tahun dan diserahkan untuk mengambil keputusan dalam mengambil keputusan atas anggaran tahun selanjutnya. Jadi kita bisa membuat coret-coret dari laporan pada perusahaan tersebut.
    8.Membaca terus dan melatih diri dalam berkomunikasi menggunakan kalimat yang efektif dan tidak mengulang-ulang kalimat yang tidak diperlukan dan begitu akan dapat meningkatkan menulis.

  23. Desi Rejeki (7211415162)

    October 27, 2016 at 1:41 am

    Nama : Desi Rejeki (7211415162)

    1. Manfaat yang saya peroleh setelah mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia yaitu mengetahui sejarah lahirnya bahasa Indonesia yang semula berdasarkan bahasa melayu yang kemudian mengalami perubahan dan perkembangan sehingga menjadi EYD kemudian EBI sampai saat ini. Selain itu saya juga memperoleh pengetahuan bahwa dalam perkembangan bahasa Indonesia tersebut tidak luput dari peranan para tokoh dan peristiwa bersejarah seperti sumpah pemuda tahun 1928.
    2. Manfaat yang saya peroleh setelah mempelajari materi kesantunan berbahasa yaitu saya dapat mengetahui bahwa dalam berbahasa itu ada prinsip sopan santun yang terdiri dari maksim-maksim seperti, maksim kebijaksanaan,maksim kedermawanan, maksim penalaran, maksim kemufakatan,maksim kesederhanaan dan maksim simpati. Dimana dalam tata cara berbicara seseorang belum tentu mengandung maksim-maksim dalam prinsip sopan santun yang ada.
    3. Manfaat yang saya peroleh setelah mempelajari materi ragam bahasa yaitu saya memperoleh pengetahuan bahwa dalam berbahasa itu ada macam-macam jenisnya seperti ragam bahasa jurnalistik,ragam bahasa hukum, ragam bahasa ilmiah, ragam bahasa sastra,dsb. Dimana ragam bahasa tersebut digunakan dalam lingkungannya masig-masing sehingga bahasa yang digunakan dapat dimengerti oleh kalangan tersebut.
    4. Hal-hal yang harus dipertimbangkan oleh penulis ketika menulis karya ilmiah supaya dapat memilih kata dengan tepat,yaitu:
    – Memperhatikan bidang yang dibuat dalam karya ilmiah
    – Pemilihan ragam bahasa yang sesuai
    – Pemilihan diksi
    5. Cara menyusun kalimat menjadi kalimat yang efektif,yaitu menghilangkan kata-kata yang berlebih, menggunakan kata hubung,memilih kata yang tepat, memperhatikan struktur kalimat,menghindari kata yang bermakna sama dan berulang
    6. Pertarungan antara Amerika Serikat dan China akan semakin sengit karena mereka memiliki modal yang besar , menguasai mayoritas pasar dunia , dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7. Pajak merupakan konstribusi wajib orang pribadi atau badan kepada negara yang dapat dipaksakan berdasarkan undang-undang , tidak memperoleh timbal balik secara langsung, dan digunakan untuk pengeluaran negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.
    8. Hal yang akan saya lakukan agar keterampilan menulis saya meningkat dengan signifikan,yaitu:
    – Sering menulis
    – Mempelajari ragam bahasa
    – Meperhatikan diksi
    – Mengevaluasi tulisan yg telah kita buat

  24. Nurmawati Cahyaningsih (7211415109)

    October 27, 2016 at 1:43 am

    Nama : Nurmawati Cahyaningsih
    Nim : 7211415109

    1. Manfaat mempelajari sejarah dan perkembangan bahasa indonesia
    – mendapatkan pengetahuan tentang sejarah bahasa indonesia dan perkembangannya sejak awal
    – mengetahui perjuangan sumpah pemuda yaitu bahasa indonesia sebagai bahasa persatuan
    – memunculkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air melalui bahasa indonesia
    – menggunakan bahasa indonesia dengan lebih baik
    2. Materi kesantunan bahasa mengajarkan agar seseorang memperhatikan kesantunan dalam berbahasa baik secara lisan maupun tulisan, manfaat mempelajari kesantunan bahasa :
    – mengetahui bagaimana etika dalam berbahasa
    – mengaplikasikan pengetahuan yang saya dapat, sehingga dalam berkomunikasi bisa mempertimbangkan bagaimana saya harus beretika
    3. Manfaat mempelajari ragam bahasa
    – banyak pengetahuan yang saya dapat tentang ragam bahasa yang selama ini belum saya ketahui
    – dapat memahami dan membedakan ragam bahasa yang ada
    – bisa menanggapi dengan tepat sebuah bacaan agar paham maksut nya
    4. Hal yang dipertimbangkan dalam pemilihan kata :
    – siapa audien nya
    – bagaimana situasi nya
    – apa tujuan nya
    – apa sarana komunikasi nya
    5. Menyusun kalimat efektif
    – memiliki keutuhan atau kesatuan gagasan
    – memiliki kepaduan
    – memiliki penekanan atau pemusatan perhatian
    – memiliki kehematan
    – memiliki kevariasian
    – kesejajaran atau paralelisme
    6. Persaingan ekonomi antara Amerika dan China akan berlangsung sengit karena keduanya memiliki modal yang besar, menguasai pasar dunia, dan jumlah penduduknya banyak sebagai pelaku konsumen.
    7. Akuntansi adalah suatu aktivitas mengidentifikasi, mengklasifikasi, dan melaporkan transaksi-transaksi dalam sebuah entitas, sehingga menghasilkan informasi keuangan yang membantu dalam pembuatan keputusan. Informasi yang dihasilkan adalah laporan keuangan yang diperluakan oleh stakeholders.
    8. – Mempelajari bagaimana struktur tulisan yang baik
    – sering membaca
    – membiasakan menulis
    – konsultasi

  25. Jadyi Laskono(7211415164)

    October 27, 2016 at 1:44 am

    Nama: Jadyi Laksono
    NIM: 7211415164
    Bahasa Indonesia Rombel 01
    1. Ketika mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia manfaat yang diperoleh adalah mengetahui bagaimana bahasa yang sekarang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari ternyata memiliki sejarah yang cukup panjang. Bahasa Indonesia yang pada jaman dahulu adalah bermula pada bahasa Melayu yang juga kebanyakan bahasa melayu banyak digunakan atau diucapkan.
    Dengan kita mengetahui sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia, kita bisa merefleksikan diri kita untuk bisa meningkatkan kemampuan berbahasa yang baik.

    2. Manfaat yang diperoleh dengan mempelajari materi kesantunan berbahasa yaitu kita menjadi tahu bahwa dalam berbahasa kita memiliki tata aturan kesantunan dan etika yang yang harus kita taati, khususnya ketika berbahasa atau berbicara secara lisan maupun tulisan dengan lawan bicara kita atau pembaca tulisan kita. Dalam berbahasa kita harus melihat keadaan lawan bicara kita agar kita bisa menentukan bahasa yang harus kita gunakan. Menurut teori dalam kesantunan berbahasa kita harus menaati lima maksim, lima maksim itu adalah maksim kedermawanan, maksim penghargaan, maksin kesederhanaan, maksim maksim kebijaksanaan, dan maksinm kemufakatan.

    3. Manfaat yang diperoleh dalam mempelajari materi ragam bahasa kita dapat mengetahui tentang bahasa yang sangat beragam. Khususnya di Indonesia yang memiliki banyak sekali keanekaragaman bahasa, di Indonesia setiap daerah memiliki bahasa yang berbeda akan tetapi Indonesia memiliki bahasa Kesatuan yaitu bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa kesatuan, jadi dalam hal ini bahasa juga memiliki fungsi yang bisa menyatukan.

    4. Hal yang harus dipertimbangkan supaya seorang penulis dapat memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah yaitu
    a. Kata yang dipilih atau yang digunakan harus memiliki keterkaitan antara kata yang satu dengan kata yang lain
    b. Kata yang dihubungkan harus bisa membuat kalimat menjadi baku dan lugas, tidak bertele-tele
    c. Kata yang digunakan tidak boros
    d. Kata yang digunakan dapat memberi pemahaman

    5. Cara menyusun kalimat agar menjadi kalimat yang efektif yaitu
    -Kalimat yang dibuat tidak memiliki maksud yang sama dengan kalimat yang sebelumnya dibuat
    -Kalimat tidak menggunkan kata boros
    -Kata yang digunakan dalam kalimat tidak ambigu atau bermakna ganda
    -Kalimatnya harus lugas

    6. Perbaikilah kalimat
    Pertarungan ekonomi antara Amerika terhadap China akan semakin sengit, karena kedua negara besar tersebut memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan punya rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.

    7. Akuntansi adalah sebuah seni penghitungan, pencatatan, dan pengikhtisaran transaksi keuangan. Sebagai sebuah seni, akuntansi dapat dibuat dengan model yang dinginkan oleh seorang akuntan. Walaupun demikian, akuntansi tetap memiliki aturan yang harus ditaati, aturan ini dibuat agar akuntansi memiliki acuan yang sama.

    8. Hal yang dilakukan agar keterampilan menulis signifikan
    -Mempelajari materi-materi tentang menulis
    -Banyak membaca karya tulisan para penulis yang terkenal
    -Membuka kembali tulisan yang pernah dibuat, dan koreksi atau teliti kesalahan-kesalahan menulis yang mungkin pernah dilakukan
    -Menulis banyak bidang penulisan, seperti menulis jurnalistik, karya ilmiah, dan bidang-bidang yang lain.
    -Menambah wawasan dengan banyak membaca informasi yang terkini

  26. Jadyi Laksono(7211415164)

    October 27, 2016 at 1:44 am

    Nama: Jadyi Laksono
    NIM: 7211415164
    Bahasa Indonesia Rombel 01
    1. Ketika mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia manfaat yang diperoleh adalah mengetahui bagaimana bahasa yang sekarang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari ternyata memiliki sejarah yang cukup panjang. Bahasa Indonesia yang pada jaman dahulu adalah bermula pada bahasa Melayu yang juga kebanyakan bahasa melayu banyak digunakan atau diucapkan.
    Dengan kita mengetahui sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia, kita bisa merefleksikan diri kita untuk bisa meningkatkan kemampuan berbahasa yang baik.

    2. Manfaat yang diperoleh dengan mempelajari materi kesantunan berbahasa yaitu kita menjadi tahu bahwa dalam berbahasa kita memiliki tata aturan kesantunan dan etika yang yang harus kita taati, khususnya ketika berbahasa atau berbicara secara lisan maupun tulisan dengan lawan bicara kita atau pembaca tulisan kita. Dalam berbahasa kita harus melihat keadaan lawan bicara kita agar kita bisa menentukan bahasa yang harus kita gunakan. Menurut teori dalam kesantunan berbahasa kita harus menaati lima maksim, lima maksim itu adalah maksim kedermawanan, maksim penghargaan, maksin kesederhanaan, maksim maksim kebijaksanaan, dan maksinm kemufakatan.

    3. Manfaat yang diperoleh dalam mempelajari materi ragam bahasa kita dapat mengetahui tentang bahasa yang sangat beragam. Khususnya di Indonesia yang memiliki banyak sekali keanekaragaman bahasa, di Indonesia setiap daerah memiliki bahasa yang berbeda akan tetapi Indonesia memiliki bahasa Kesatuan yaitu bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa kesatuan, jadi dalam hal ini bahasa juga memiliki fungsi yang bisa menyatukan.

    4. Hal yang harus dipertimbangkan supaya seorang penulis dapat memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah yaitu
    a. Kata yang dipilih atau yang digunakan harus memiliki keterkaitan antara kata yang satu dengan kata yang lain
    b. Kata yang dihubungkan harus bisa membuat kalimat menjadi baku dan lugas, tidak bertele-tele
    c. Kata yang digunakan tidak boros
    d. Kata yang digunakan dapat memberi pemahaman

    5. Cara menyusun kalimat agar menjadi kalimat yang efektif yaitu
    -Kalimat yang dibuat tidak memiliki maksud yang sama dengan kalimat yang sebelumnya dibuat
    -Kalimat tidak menggunkan kata boros
    -Kata yang digunakan dalam kalimat tidak ambigu atau bermakna ganda
    -Kalimatnya harus lugas

    6. Perbaikilah kalimat
    Pertarungan ekonomi antara Amerika terhadap China akan semakin sengit, karena kedua negara besar tersebut memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan punya rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.

    7. Akuntansi adalah sebuah seni penghitungan, pencatatan, dan pengikhtisaran transaksi keuangan. Sebagai sebuah seni, akuntansi dapat dibuat dengan model yang dinginkan oleh seorang akuntan. Walaupun demikian, akuntansi tetap memiliki aturan yang harus ditaati, aturan ini dibuat agar akuntansi memiliki acuan yang sama.

    8. Hal yang dilakukan agar keterampilan menulis signifikan
    -Mempelajari materi-materi tentang menulis
    -Banyak membaca karya tulisan para penulis yang terkenal
    -Membuka kembali tulisan yang pernah dibuat, dan koreksi atau teliti kesalahan-kesalahan menulis yang mungkin pernah dilakukan
    -Menulis banyak bidang penulisan, seperti menulis jurnalistik, karya ilmiah, dan bidang-bidang yang lain.
    -Menambah wawasan dengan banyak membaca informasi yang terkini

  27. heny rahmawati (7211415166)

    October 27, 2016 at 1:46 am

    Nama:Heny Rahmawati
    NIM: 7211415166

    1. Manfaat yang saya dapatkan ketika mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa indonesia sangat banyak dengan saya belajar bahasa indonesia saya menjadi tau bagaimana sejarah dan perkembangan bahasa indonesia sehingga menambah ilmu pengetahuan saya yang dulunya saya tidak mengetahui bagaiman sejarah dan perkembangan bahasa indonesia sekarang saya menjadi paham.

    2. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari kesantunan bahasa adalah saya dapat memperbaiki bahasa yang saya gunakan sehari hari karena dalam peekuliahan mata kuliah bahasa indonesia di ajari bagaimana itu keasantunan bahasa, sehingga kita dapat menerapkannya dalam kehiduman sehari hari kita dan kita dapat mengajari adik adik kita bagaimana cara berbahasa yang santun. Selain itu kita dapat mengetahui bagaimana cara kita berbahasa dengan orang yang lebih tua dan bagaimana cara lita berbahasa dengan orang yang sebaya.

    3. setelah mempelajari materi ragam bahasa saya menjadi tau bahwa ada banyak macam ragam bahasa seperri ragam undang undang, ragam sastra, ragam ilmiah, dan ragam bahasa jurnalistik. Selain itu kita dapat menganalisis macam macam ragam bahasa tersebut. Dapat mengetahui apa itu ragam bahasa undang undang, ragam bahasa jurnalis, ragam bahasa sastra dan ragam bahasa karya ilmiah dan kita juga dapat mengetahui apa saja ciri ciri ragam ragam bahasa tersebut.

    4. Hal yang saya pertimbangkan saan memilih kata dalam membuat karya ilmiah adalah diksi, klausa, dan frasa. Dalam pilihan kata atau diksi sebaiknya kita menggunakan kata yang efektif, karena dengan kita membuat karya ilmiah dengan kata kata yang efektif maka orang yang membaca karya ilmiah kita menjadi mudah mengerti sehingga pembaca memperoleh manfaat ketika membaca karya ilmiah kita.
    Setelah kata kata yang efektif, disusun kedalam kalimat. Kemudian kalimat kalimat tersebut disususn menjadi paragraf. Jika kalimat yang kita gunakan kalimat efektif maka pembaca akan mudah paham dan setelah membaca mendapatkan manfaatnya.

    5. Cara menyusun kalimat agar efektif adalah dengan kita menggunkan pilihan kata atau diksi yang tepat. Selain itu dalam kalimat tersebut harus hemat kata, tidak pemborosan kata. Yang di maksud pemborisan kata kita tidak mengulang kata kata yang sekiranya tidak harus di masukkan dalam kalimat tersebut.

    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dan China berlangaung semakin sengit, karena dua negara tersebut memiliki modal besar, menguasai pasar dunia dan mempunyai rakyat yang banyak.

    7. Akuntansi merupakan salah satu bidang yang ada di dalam ekonomi. Dalam ilmu akuntansi materi yang di perdalam yaitu bagaiman menyusun laporan keuangan. Menjadi orang akuntan dibutuhkan keahlian khusus yaitu menghitung. Dalam menghitung orang akuntansi harus teliti, cekatan dan cermat.

    8. Hal yang saya lakukan agar ketrampilan menulis saya meningkat signifikan adalah dengan saya sering berlatih menulis, membaca baca buku, belajar dengan teman ataupun belajar dengan dosen. Agar ketrampilan menulis kita meningkat kita harus sering sering berlatih menulis, memanfaatkat waktu luang untuk menulis. Selain itu membaca baca buku, atau bertukar pikiran dengan teman yang juga mempunyai hobi membaca.

  28. Putri Prinayoma(7211415115)

    October 27, 2016 at 1:47 am

    Nama: Putri Prinayoma
    NIM: 7211415115

    1. Manfaat yang diperoleh ketika mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia adalah mengetahui asal usul bahasa Indonesia yang saat ini digunakan dan mengetahui perubahan perubahan yang terjadi dari awal penggunaan bahasa Indonesia sampai saat ini.
    2. Manfaat yang diperoleh ketika mempelajari materi kesantunan berbahasa adalah saya dapat lebih paham macam-macam maksim yang digunakan dalam kesantunan bahasa dan mengerti waktu penggunaan bahasa yang santun
    3. Manfaat yang diperoleh ketika mempelajari ragam bahasa adalah saya dapat mengetahui macam-macam ragam bahasa, sifat dari macam-macam ragam bahasa dan waktu penggunaan ragam bahasa. Selain itu, saya dapat mengasah kemampuan menulis dengan menggunakan ragam bahasa melalui tugas yang diberikan oleh dosen.
    4. Hal yang harus dipertimbangkan supaya seorang penulis dapat memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah adalah memahami topik yang akan dibahas sehingga penulis dapat menggunakan istilah kata yang tepat, memperhatikan penggunaan kata umum dan khusus, memahami makna kata konotasi dan denotasi, mengetahui siapa yang akan membaca tulisan tersebut.
    5. cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif adalah melihat susunan pola kalimat yang benar, memperhatikan kepaduan kalimat, memperhatikan pemilihan kata yang digunakan.
    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dan China akan semakin sengit karena Amerika dan China memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7. Saya menekuni bidang akuntansi. Bidang tersebut mempunyai beberapa sub bagian, diantaranya auditing, akuntansi manajemen, akuntansi keuangan, akuntansi syariah, dan lain sebagainya. Auditing adalah sub bagian bidang akuntansi yang menjalani pemeriksaan terhadap suatu instansi. Akuntansi manajemen cenderung berhubungan dengan pengambilan keputusan dari seorang manajer. Akuntansi keuangan adalah sub bagian bidang akuntansi yang menjalani pembuatan laporan keuangan secara periode tertentu di dalam suatu instansi. Akuntansi syariah adalah sub bagian bidang akuntansi yang berlandaskan ajaran islam.
    8. hal yang akan saya lakukan agar keterampilan menulis saya meningkat signifikan adalah membaca lebih banyak agar referensi yang saya miliki semakin bertambah, melatih kemampuan menulis saya, dan merevisi setiap hasil tulisan saya agar dapat menjadi tulisan yang lebih baik.

  29. SITI NURMALA SARI (7211415095)

    October 27, 2016 at 1:47 am

    1. Saya merasa banyak manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia. Dengan mengetahui sejarah bahasa Indonesia ada kepuasan tersendiri bagi saya. Menengok bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan bangsa, dari Sabang sampai Merauke dengan berbagai keanekaragaman suku dan bahasa dileburkan dan disatukan dengan bahasa besar yaitu bahasa Indonesia. Kemudian, ketika kita paham terkait perkembangan bahasa Indonesia maka akan pahamlah bagaimana kita berbasa yang baik dan benar. Bahasa Indonesia sendiri dari tahun ke tahun mengalami banyak perkembangan terbukti dengan adanya edisi-edisi dalam Kamus Besar bahasa Indonesia (KBBI). Untuk itu, sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia perlu kita pahami karena itu sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari dalam berbahasa. Sebagai contoh: kata doloe akan aneh digunakan di era sekarang untuk itu kita perlu mengetahui sejarah dan perkembangannya agar kita tepat dalam berbahasa.

    2. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari kesantunan bahasa antara lain yaitu:
    Saya menjadi paham bagaimana harus memposisikan diri saat berhadapan dengan orang-orang dengan karakter dan latar belakang yang berbeda-beda. Kesantunan bahasa adalah jurus jitu dalam berkomunikasi.

    3. Melalui ragam bahasa kita dapat berkomunikasi dengan baik dan tidak monoton. Serta memiliki tata bahasa yang tertata dan beraneka ragam.

    4. Hal yang perlu dipertimbangkan penulis ketika memilih kata dalam menulis karya ilmiah yaitu:
    – Latar belakang pembaca
    – Kelas pembaca
    – Pendidikan pembaca
    – Tujuan dibuatnya karya tulis tersebut
    – Dan lain sebagainya

    5. Cara menyusun kalimat menjadi efektif:
    – Memperhatikan subjek, predikat, objek, dan keterangan pada kalimat
    – Meletakkan posisi kata sesuai dengan susunan yang baik agar tidak rancu dan ambigu.
    – Setidaknya sebuah kalimat harus memiliki subjek dan predikat. Sehingga kita harus sekurang-kurangnya menggunakan itu agar kalimat yang kita susun efektif.
    – Memperhatikan kelogisan kalimat.
    – Menggunakan kata hubung jika diperlukan.
    – Tidak menggunakan kata yang maknanya sama dalam satu kalimat agar tidak mubazir.

    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dan China akan berlangsung sengit karena mereka memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai jumlah rakyat yang besar sebagai basis konsumen.

    7. Mahasiswa menurut Kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah orang yang belajar di perguruan tinggi. Dengan kata lain orang yang menimba ilmu di perguruan tinggi. Entah dalam bangku perkuliahan kelas maupun luar kelas. Mahasiswa sebagai kaum intelektual memiliki posisi yang strategis dan harapan besar masyarakat luas. Serta harapan besar bangsa dimasa depan. Menengok sejarah mahasiswa pula yang ikut berperan besar dalam revolusi semakin meyakinkan bahwa mahasiswa bukan main-main perannya terhadap bangsa. Namun menengok mahasiswa zaman sekarang tentunya banyak pro dan kontra di era globalisasi ini. Mahasiswa apatis, hedonis, sampai kritis begitu menjamurnya di nusantara. Mahasiswa yang katanya dekat dengan rakyat dan pejuang kemerdekaan rakyat. Melakukan pengkritisan, kajian dan aksi. Ada pula yang hanya duduk di kelas yang mengejar IP dan IPK tinggi. Ada pula yang sekadar hura-hura dan mencari eksistensi. Lalu, apakah sebenarnya esensi mahasiswa?
    Mahasiswa adalah pemuda pendobrak bangsa. Tidak hanya mereka yang duduk di kelas tapi mereka yang mau bergerak menyingsingkan lengan bajunya dan mengotori tanganya untuk dirinya sendiri, rakyat dan bangsa ini. Kita sebagai mahasiswa memiliki Tri darma Perguruan tinggi yang bukan sekadar tulisan tanpa realisasi nyata. Setinggi apa pun pendidikan yang kita timba, tidak akan ada artinya tanpa adanya kepekaan dan kepedulian terhadap lingkungan. Ketika berbicara soal rakyat, mereka tidak butuh teori-teori yang memuakkan dan memekakan telinga tapi mereka butuh aksi nyata! Lalu apa kontribusimu untuk negeri wahai mahasiswa yang katanya pro rakyat?

    8. Agar kemampuan menulis saya meningkat secara signifikan maka saya akan sering membaca entah dari buku perkuliahan, buku pengetahuan umum, atau berita maupun karya sastra lainnya. Kemudian saya akan sering membiasakan menulis dan mencoba membuat karya-karya tulisan entah rangkaian kata indah maupun retorika-retorika dalam media sosial. Dulu saya juga sering membuat essay maupun cerpen. Bahkan saya sering memuat diary. Itulah cara saya meningkatkan kemampuan menulis saya.

  30. SITI NURMALA SARI (7211415095)

    October 27, 2016 at 1:48 am

    1. Saya merasa banyak manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia. Dengan mengetahui sejarah bahasa Indonesia ada kepuasan tersendiri bagi saya. Menengok bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan bangsa, dari Sabang sampai Merauke dengan berbagai keanekaragaman suku dan bahasa dileburkan dan disatukan dengan bahasa besar yaitu bahasa Indonesia. Kemudian, ketika kita paham terkait perkembangan bahasa Indonesia maka akan pahamlah bagaimana kita berbasa yang baik dan benar. Bahasa Indonesia sendiri dari tahun ke tahun mengalami banyak perkembangan terbukti dengan adanya edisi-edisi dalam Kamus Besar bahasa Indonesia (KBBI). Untuk itu, sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia perlu kita pahami karena itu sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari dalam berbahasa. Sebagai contoh: kata doloe akan aneh digunakan di era sekarang untuk itu kita perlu mengetahui sejarah dan perkembangannya agar kita tepat dalam berbahasa.

    2. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari kesantunan bahasa antara lain yaitu:
    Saya menjadi paham bagaimana harus memposisikan diri saat berhadapan dengan orang-orang dengan karakter dan latar belakang yang berbeda-beda. Kesantunan bahasa adalah jurus jitu dalam berkomunikasi.

    3. Melalui ragam bahasa kita dapat berkomunikasi dengan baik dan tidak monoton. Serta memiliki tata bahasa yang tertata dan beraneka ragam.

    4. Hal yang perlu dipertimbangkan penulis ketika memilih kata dalam menulis karya ilmiah yaitu:
    – Latar belakang pembaca
    – Kelas pembaca
    – Pendidikan pembaca
    – Tujuan dibuatnya karya tulis tersebut
    – Dan lain sebagainya

    5. Cara menyusun kalimat menjadi efektif:
    – Memperhatikan subjek, predikat, objek, dan keterangan pada kalimat
    – Meletakkan posisi kata sesuai dengan susunan yang baik agar tidak rancu dan ambigu.
    – Setidaknya sebuah kalimat harus memiliki subjek dan predikat. Sehingga kita harus sekurang-kurangnya menggunakan itu agar kalimat yang kita susun efektif.
    – Memperhatikan kelogisan kalimat.
    – Menggunakan kata hubung jika diperlukan.
    – Tidak menggunakan kata yang maknanya sama dalam satu kalimat agar tidak mubazir.

    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dan China akan berlangsung sengit karena mereka memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai jumlah rakyat yang besar sebagai basis konsumen.

    7. Mahasiswa menurut Kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah orang yang belajar di perguruan tinggi. Dengan kata lain orang yang menimba ilmu di perguruan tinggi. Entah dalam bangku perkuliahan kelas maupun luar kelas. Mahasiswa sebagai kaum intelektual memiliki posisi yang strategis dan harapan besar masyarakat luas. Serta harapan besar bangsa dimasa depan. Menengok sejarah mahasiswa pula yang ikut berperan besar dalam revolusi semakin meyakinkan bahwa mahasiswa bukan main-main perannya terhadap bangsa. Namun menengok mahasiswa zaman sekarang tentunya banyak pro dan kontra di era globalisasi ini. Mahasiswa apatis, hedonis, sampai kritis begitu menjamurnya di nusantara. Mahasiswa yang katanya dekat dengan rakyat dan pejuang kemerdekaan rakyat. Melakukan pengkritisan, kajian dan aksi. Ada pula yang hanya duduk di kelas yang mengejar IP dan IPK tinggi. Ada pula yang sekadar hura-hura dan mencari eksistensi. Lalu, apakah sebenarnya esensi mahasiswa?
    Mahasiswa adalah pemuda pendobrak bangsa. Tidak hanya mereka yang duduk di kelas tapi mereka yang mau bergerak menyingsingkan lengan bajunya dan mengotori tanganya untuk dirinya sendiri, rakyat dan bangsa ini. Kita sebagai mahasiswa memiliki Tri darma Perguruan tinggi yang bukan sekadar tulisan tanpa realisasi nyata. Setinggi apa pun pendidikan yang kita timba, tidak akan ada artinya tanpa adanya kepekaan dan kepedulian terhadap lingkungan. Ketika berbicara soal rakyat, mereka tidak butuh teori-teori yang memuakkan dan memekakan telinga tapi mereka butuh aksi nyata! Lalu apa kontribusimu untuk negeri wahai mahasiswa yang katanya pro rakyat?

    8. Agar kemampuan menulis saya meningkat secara signifikan maka saya akan sering membaca entah dari buku perkuliahan, buku pengetahuan umum, atau berita maupun karya sastra lainnya. Kemudian saya akan sering membiasakan menulis dan mencoba membuat karya-karya tulisan entah rangkaian kata indah maupun retorika-retorika dalam media sosial. Dulu saya juga sering membuat essay maupun cerpen. Bahkan saya sering memuat diary. Itulah cara saya meningkatkan kemampuan menulis saya.

  31. AGATHA ALDA ALDIANA (7211415151)

    October 27, 2016 at 1:50 am

    UTS BAHASA INDONESIA ROMBEL 1

    Apa manfaat yang Anda peroleh ketika mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia?

    Jawab :
    * Sebagai sarana edukatif atau pelajaran.
    * Sebagai sarana inspiratif sehingga dapat memberikan inspirasi bagi para pembaca/pendengarnya.
    * Sebagai sarana rekreatif, dapat memberikan suatu hiburan bagi pembaca/pendengarnya.

    Apa manfaat yang Anda peroleh ketika mempelajari materi kesantunan berbahasa?

    Jawab :
    Manfaat yang diperoleh ketika mempelajari kesantunan berbahasa adalah saya dapat berkomunikasi dengan baik dan benar dengan memperhatikan kesantunan berbahasa. Dapat mengetahui dan membedakan cara berkomunikasi yang baik pada teman sebaya, orang tua, dosen, dekan, rektor dll.

    Apa manfaat yang Anda peroleh ketika mempelajari ragam bahasa?

    Jawab :
    Manfaat yang diperoleh ketika mempelajari ragam bahasa adalah saya dapat mengetahui jenis-jenis ragam bahasa dan dapat mengetahui ragam bahasa yang dipakai tergantung pada kondisi serta situasinya.

    Hal apa saja yang harus dipertimbangkan supaya seorang penulis dapat memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah?

    Jawab :
    Pengunaan ragam bahasa, pemilihan kata yang tepat(diksi), menggunakan kalimat yang efektif dan pengunaan bahasa yang baku.

    Bagaimana cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif?
    Perbaikilah kalimat di bawah ini sehingga menjadi kalimat yang efektif:
    Pertarungan ekonomi antara Amerika terhadap China akan semakin berlangsung sengit karena Amerika dan China memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan punya rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.

    Jawab :
    Pertarungan ekonomi antara Amerika dan China akan berlangsung sengit karena mereka memiliki modal yang besar, menguasai pasar dunia, dan memiliki rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.

    Susunlah sebuah paragraf yang baik tentang bidang keilmuan Anda sesuai dengan kriteria paragraf yang baik!

    Jawab :
    Wajib Pajak mempunyai hak untuk mendapat perlindungan kerahasiaan atas segala sesuatu informasi yang telah disampaikannya kepada Direktorat Jenderal Pajak dalam rangka menjalankan ketentuan perpajakan.

    Apa hal yang akan Anda lakukan agar keterampilan menulis Anda meningkat signifikan?

    Jawab :
    Hal yang dilakukan agar keterampilan menulis saya meningkat signifikan adalah gemar dan rajin membaca. Sering menulis misalnya mencurahkan kegiatan sehari-hari (diary). Mengikuti seminar-seminar atau bergabung dengan kelompok karya tulis.

  32. Putri Prinayoma 7211415115

    October 27, 2016 at 1:57 am

    Nama: Putri Prinayoma
    NIM: 7211415115

    1. Manfaat yang diperoleh ketika mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia adalah mengetahui asal usul bahasa Indonesia yang saat ini digunakan dan mengetahui perubahan perubahan yang terjadi dari awal penggunaan bahasa Indonesia sampai saat ini.
    2. Manfaat yang diperoleh ketika mempelajari materi kesantunan berbahasa adalah saya dapat lebih paham macam-macam maksim yang digunakan dalam kesantunan bahasa dan mengerti waktu penggunaan bahasa yang santun
    3. Manfaat yang diperoleh ketika mempelajari ragam bahasa adalah saya dapat mengetahui macam-macam ragam bahasa, sifat dari macam-macam ragam bahasa dan waktu penggunaan ragam bahasa. Selain itu, saya dapat mengasah kemampuan menulis dengan menggunakan ragam bahasa melalui tugas yang diberikan oleh dosen.
    4. Hal yang harus dipertimbangkan supaya seorang penulis dapat memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah adalah memahami topik yang akan dibahas sehingga penulis dapat menggunakan istilah kata yang tepat, memperhatikan penggunaan kata umum dan khusus, memahami makna kata konotasi dan denotasi, mengetahui siapa yang akan membaca tulisan tersebut.
    5. cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif adalah melihat susunan pola kalimat yang benar, memperhatikan kepaduan kalimat, memperhatikan pemilihan kata yang digunakan.
    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dan China akan semakin sengit karena Amerika dan China memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7. Saya menekuni bidang akuntansi. Bidang tersebut mempunyai beberapa sub bagian, diantaranya auditing, akuntansi manajemen, akuntansi keuangan, akuntansi syariah, dan lain sebagainya. Auditing adalah sub bagian bidang akuntansi yang menjalani pemeriksaan terhadap suatu instansi. Akuntansi manajemen cenderung berhubungan dengan pengambilan keputusan dari seorang manajer. Akuntansi keuangan adalah sub bagian bidang akuntansi yang menjalani pembuatan laporan keuangan secara periode tertentu di dalam suatu instansi. Akuntansi syariah adalah sub bagian bidang akuntansi yang berlandaskan ajaran islam.
    8. hal yang akan saya lakukan agar keterampilan menulis saya meningkat signifikan adalah membaca lebih banyak agar referensi yang saya miliki semakin bertambah, melatih kemampuan menulis saya, dan merevisi setiap hasil tulisan saya agar dapat menjadi tulisan yang lebih baik.

  33. Ivan Diella Dona Amellinda 1601415090

    October 27, 2016 at 2:00 am

    1.Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia adalah saya mulai dapat menyusun kalimat dengan baik lagi dari sebelumnya, dan saya juga sedikit menyalurkan ilmu yang saya dapat ketika mempelajari materi ini.
    Selain itu, dilihat dari perbedaan zamannyapun ejaan bahasa Indonesia selalu berubah. Seperti pada jaman dulu ketika mereka masih menggunakan huruf J (yang sekarang) dengan menggunakan 2 huruf, yakni “Dj”, lalu ejaan “Su” (yang sekarang) pada jaman dulu di tulis dengan kata “Soe”. Hal ini membuat tulisan susah untuk dibaca, maka dari itu karena adanya perkembangan bahasa mempermudah para pembaca untuk membaca tulisan-tulisan.
    2.Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari kesantunan berbahasa adalah saya lebih mengerti dan memahami konsep kalimat baku, ini terkait tentang pembuatan makalah/laporan/resume/yang lainnya yang bersifat ilmiah. Selain itu, saya juga dapat menerapkannya di kehidupan sehari-hari ketika bertemu dengan orang yang lebih dewasa, disitu kesantunan berbahasa digunakan. Tidak hanya saat bertemu orang dewasa saja, akan tetapi setiap kali kita berbicara seharusnya memang menggunakan kesantunan berbahasa.
    3.Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari ragam bahasa adalah saya jadi lebih mengerti cara membuat tulisan atau artikel dan sejenisnya dengan bahasa yang tepat. Contohnya ketika saya membuat artikel saya dapet menerapkan ragam bahasa jurnalistik, karena disini saya juga belajar cara berbahasa yag komunikatif.
    4.Hal yang perlu dipertimbangkan saat menulis karya ilmiah adalah cara pemilihan kosa kata/istilah yang sesuai pada bidangnya.
    5.Cara menyusun kalimat agar menjadi kalimat efektif yaitu dengan membuat kalimat dengan memenuhi SPOK, dan kalimat yang digunakan juga tidak boleh mengulang-ngulang kata yang sama, saat membuat kalimat harus memiliki variasi kata, antara kalimat satu dengan yang lainnya harus saling berkaitan.
    6. pertarungan ekonomi antar Amerika dan China akan berlangsung semakin sengit karena mereka memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7. Pendidikan Anak Usia Dini adalah pendidikan yang berlangsung pada saat anak berusia 0-6 tahun. oleh karena itu, pendidikan ini sangat penting bagi mereka unntuk membangun karakteristik yang baik. pendidikan ini juga mempelajari sikap, sifat, kebiasaan, tumbuh dan kembang anak.
    8. Hal yang akan saya lakukan adalah memberlakukan apa yang sudah saya pelajari di mata kuliah bahasa Indonesia saat menulis apapun. seperti menggunakan kalimat efektif, dan menerapkan ragam bahasa sesuai dengan tulisan yang akan saya buat. Seperti misalnya, jika saya ingin membuat sebuah cerita untuk anak, maka saya harus menggunkan ragam bahasa sastra agar cerita yang saya buat menarik untuk anak-anak.
    dengan memberlakukan hal tersebut, saya yakin ketrampilan menulis saya akan meningkat secara signifikan.

  34. Novi Yuspitasari(7211415116)

    October 27, 2016 at 2:02 am

    Nama : Novi Yuspitasari (721141516)

    1. Manfaat yang saya peroleh dari mempelajari sejarah dan perkembangan Bahasa Indonesia yaitu saya memperoleh wawasan mengenai sejarah dan perkembangan Bahasa Indonesia. Dimana sebelum mempelajari sejarah dan perkembangan Bahasa Indonesia saya tidak mengetahui sejarah bahasa indonesia, namun setelah mempelajarinya saya menjadi paham dan mengerti secara luas termasuk perkembangan dari bahasa Indonesia.

    2. Manfaat yang diperoleh dari mempelajari kesantunan bahasa yaitu, saya menjadi paham dan mengerti tentang kesantunan bahasa. Awalnya saya tidak mengerti apakah kalimat yang ucapkan sudah santun atau belum. Namun setelah mempelajari materi kesantunan bahasa, saya menjadi tahu dan mulai belajar sedikit demi sedikit untuk mengucapkan kalimat dengan santun dan dengan memperhatikan kaidah-kaidah dan maksum dalam kesantunan kalimat.

    3. Dengan mempelajari ragam bahasa saya menjadi mendapat pengetahuan dan wawasan mengenai ragam bahasa yang ada. Dimana saya mendapat materi ragam bahasa Undang-Undang,jurnalistik,ilmiah dan ragam sastra. Dari empat ragam tersebut saya sekarang bisa membedakan mana yang termasuk ragam bahasa Undang-undang, Jurnalistik, ilmiah dan sastra. saya juga sedikit bisa membuat beberapa paragraf tentang ragam bahasa. Selain itu, ketika menonton ataupun membaca berita, saya menjadi lebih paham maksud dari berita tersebut berkat belajar ragam bahasa jurnalistik.

    4.Hal yang harus dipertimbangkan seorang penulis dalam memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah yaitu dengan memperhatikan ketepatan pemilihan kata yang dapat mewakili gagasan penulis dengan benar, sehingga tidak terjadi perbedaan tafsir antara penulis dengan pembaca dan kesesuain dalam pemilihan kata yang cocok dengan konteks, seperti situasi pemakaian, sasaran penulis, dan lain-lain.

    5. Cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif yaitu dalam penyusunan kalimat paling tidak memenuhi enam syarat, yaitu kesatuan, kepaduan, kepararelan, ketepatan dalam menggunakan diksi, kehematan, dan kelogisan. Selain itu, dalam menyusun kalimat juga memperhatikan struktur penulisan kalimat. Dalam sebuah kalimat efektif, minimal harus ada subjek dan predikat.

    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dan China akan berlangsung sengit karena Amerika dan China memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.

    7. Akuntansi keuangan adalah bagian dari akuntansi yang berkaitan dengan penyiapan laporan keuangan untuk pihak luar, seperti pemegang saham, kreditor, pemasok, serta pemerintah. Prinsip utama yang dipakai dalam akuntansi keuangan adalah persamaan akuntansi (Aset = Liabilitas + Ekuitas). Akuntansi keuangan berhubungan dengan masalah pencatatan transaksi suatu perusahaan atau organisasi dan penyusunan berbagai laporan berkala dari hasil pencatatan tersebut. Laporan ini disusun untuk kepentingan umum dan biasanya digunakan pemilik perusahaan untuk menilai prestasi manajer atau dipakai manajer sebagai pertanggungjawaban keuangan terhadap para pemegang saham. Hal terpenting dari akuntansi keuangan adalah adanya Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang merupakan aturan-aturan yang harus digunakan di dalam pengukuran dan penyajian laporan keuangan untuk kepentingan eksternal. Oleh karena itu, diharapkan pemakai dan penyusun laporan keuangan dapat berkomunikasi melaui laporan keuangan ini, sebab mereka menggunakan acuan yang sama yaitu SAK. SAK ini mulai diterapkan di Indonesia pada 1994, menggantikan prinsip-prinsip Akuntansi Indonesia tahun 1994.

    8. Hal yang akan saya lakukan agar kemampuan menulis saya meningkat yaitu, saya mulai membiasakan diri untuk menulis seperti membuat cerpen, mengerjakan tugas-tugas dari kampus. Selain itu saya juga mencoba untuk lebih berimajinasi lagi untuk mengasah daya pikir saya agar menjadi lebih kreatif dalam menulis.

  35. Purbo tri Prakoso

    October 27, 2016 at 8:38 am

    Nama : Purbo Tri Prakoso,
    NIM : 530 1415034
    Rombel : 24
    Assalamualaikum Wr. Wb.
    maaf pak saya baru bisa mengirimkan jawaban UTS(ujian tengah semester) dikarenakan mengurusi passpor yang mendesak dan tidak dapat diwakilkan.

    1. Apa manfaat yang Anda peroleh ketika mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia?
    Jawab; dalam mempelajari sejarah dari Bahasa Indonesia serta perkembanganya saya mejadi pahan dengan cara orang terdahulu dalam menciptaka kode-kode dalam bentuk suara untuk mendiskripsikan suatu kegiatan, benda, nama orang, sifat dan lain sebagainya yang merupakan berasal dari kegiatan sehari hari dan sangat dipengaruhi oleh keadaan alam berupa iklim maupun keadaan dari suatu daerah tersebut.

    2. Apa manfaat yang Anda peroleh ketika mempelajari materi kesantunan berbahasa?
    Jawab; dalam mempelajari materi kesantunan dalam berbahasa saya menjadi lebih paham bahwa adanya pemilihan kata yang dalam keadaan tertentu dan penekanan dalam berucap sangat berpengaruh dalam pemahaman pendengar dalam memahami makna dari kata yang diucapkan, hal ini berdampak positif terhadap saya dalam berkomunikasi dengan lawan bicara dengan lebih memikirka makna dari apa yang sedang dan akan saya utarakan.

    3. Apa manfaat yang Anda peroleh ketika mempelajari ragam bahasa?
    Jawab; banyak hal yang saya dapatkan dalam mempelajari ragam bahasa, terutama bahasa yang saya gunaka setiap harinya. Pada kondisi tertentu yang dapat dipengaruhi oleh banyak hal seperti siapa audiennya, apa titk berat yang ditekankan ketersampainya makna dan lain sebagainya sangat bermanfaat apabila kita berada dalam kondisi tertentu yang magharuskan saya memberikan informasi sesuai dengan keadaan tanpa mengurangi dari makna informasi tersebut

    4. Hal apa saja yang harus dipertimbangkan supaya seorang penulis dapat memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah?
    Jawab; dalam penulisan karya ilmiah sangat diperhatikan pemilihan kata yang paling tepat sehingga tidak mengurangi makna kata tersebut dan tidak dapat memiliki makna kata ganda dapat diartikan dalam penulisan karya ilmiah haruslah jelas, efisien, logis dan gramatikal.

    5. Bagaimana cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif?
    Jawab; cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif diantaranya adalah keefektifan kalimat dengan menggukana kate sedikit mungkin namun tidak mengubah makna dari kalimat tersebut, adanya kejelasan makna dari kalimat tersebut, harus ada unsur seperti subjek, predikat objek dan keterangan yang dapat membentuk suatu kalimat, logis atau masuk akal, jadi dalam penyusunan kalimat unsur-unsurnya harus berhubungan.

    6. Perbaikilah kalimat di bawah ini sehingga menjadi kalimat yang efektif:
    Pertarungan ekonomi antara Amerika terhadap China akan semakin berlangsung sengit karena Amerika dan China memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan punya rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    Jawab; Persaingan dalam dunia ekonomi antara Amerika dan China akan mengalami persaingan yang sengit, mengingat kedua negara tersebut sama-sama memiliki modal yang besar, tidak hanya itu negara negara tersebut juga menguasai sebagian besar perdagangan dunia terlebih mereka juga memilik jumlah penduduk yang dapat menjadi konsumen yang bayak.

    7. Susunlah sebuah paragraf yang baik tentang bidang keilmuan Anda sesuai dengan kriteria paragraf yang baik!
    Jawab; Dalam perkembangan dunia elektronik untuk saat ini semakin lama mulai menggeser dari industri otomotif, hal ini sangat terlihat dengan adanya penggunaan jumlah baran elektrinik dengan berbagai macam fingsi yang digunakan sebagai pengganti pekerja manusia, selain lebih murah dalam perawatanya konsumsi dari energinya pun lebih murah apabila dibandingkan dengan pekerja manusia, salah satu dari keuntungan menggunakan teknologi elektronik adalam semua pekerjaan dapat dikendalikan dan di pantau oleh satu orang teknisi saja, sehingga mengurangi jumlaj kesalahan dalam memproduksi sebuah barang ataupun jasa, hal ini adalah beberapa alasan mengapa pemilik pabrik memilih manggunakan tenaga mesin dengan basis teknologi listrik ketimbang tenaga manusia.

    8. Apa hal yang akan Anda lakukan agar keterampilan menulis Anda meningkat signifikan?
    Jawab; yang saya lakukan agar keterampilan menulis meningkat signifikan adalah dengan mulai membaca beberapa karya ilmiah berupa jurnal nasional maupun internasional sehingga saya terbiasa dengan tulisan yang benar dan baik dari semua segi unsur pembentuk karya tulis yang baik yang pada akhirnya adalah saya menulis hal-hal yang saya pelajari dengan profesional agar lebih banyak orang meninjau tulisan saya hal ini agar tetap ada orang yang memberikan masukan kepada saya tentang karya tulis saya agar saya memiliki kemapuan menulis yang terus meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.