SNMPTN Jalur Tulis 2012 Ditutup 30 Mei

JUMLAH pendaftar seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) jalur ujian tulis diprediksi membeludak di hari terakhir pendaftaran.

Pengarah panitia lokal (panlok) SNMPTN Semarang, Mukh Arifin mengatakan, hingga hari ke-14 jumlah pendaftar yang masuk mencapai 10.976 orang.Ini khusus panlok Semarang yang meliputi Universitas Diponegoro (Undip) dan Universitas Negeri Semarang (Unnes).”Jumlah ini kami prediksi akan semakin bertambah mendekati penutupan nanti,”ujarnya kemarin.

Sesuai jadwal, pendaftaran yang mulai dibuka Kamis (10/5) akan ditutup pada Rabu (30/5). Perkiraan jumlah pendaftar mendekati masa penutupan pendaftaran online akan mencapai angka 25.000 orang. “Tahun lalu pendaftar mencapai sekitar 21.000. Tahun ini kami sudah menyiapkan tempat untuk ujian hingga 25.960 kursi.Ujian akan dilakukan selama dua hari 12-13 Juni,” kata Ketua LP2MP Undip. Khusus bagi pendaftar melalui jalur beasiswa bidik misi, kata Arifin, setelah lolos verifikasi, mereka secara otomatis akan memperoleh personal identification number (PIN). “PIN ini nantinya dapat digunakan untuk mendaftar ke SNMPTN jalur ujian tertulis,” paparnya.

Hingga kini masih ditemukan adanya laporan dari pendaftar yang mengaku kesulitan melakukan pendaftaran secara online.“Keluhan mereka biasanya kesulitan meng-upload foto, mereka sudah meng-upload tapi fotonya tidak muncul. Bisa jadi itu karena ukuran foto yang terlalu besar atau terlalu kecil,” paparnya. Sebagai jalan keluar bagi pendaftar yang kesulitan meng-uploadfoto,pihak panlok mengimbau agar para pendaftar mengirimkan foto mereka melalui um_undip@yahoo.- com.

Atau datang langsung ke LP2MP Undip dan akan dibantu melakukan pendaftarannya.“ Kami juga mengimbau agar para pendaftar menghindari waktu menjelang penutupan pendaftaran. Sebab, umumnya akan kacau karena banyak yang mengakses,”katanya. Unnes merupakan koordinator wilayah II yang meliputi Jateng-DIY, Jabar, Kalimantan, Banten,DKI Jakarta,Bangka Belitung, dan Kepulauan Riau.

Soal-soal untuk SNMPTN dicetak di sejumlah PTN dan dijaga ketat. Di Unnes, selama sebulan penuh proses percetakan para staf yang mengurusi percetakan dikarantina secara penuh.“Unnes menyuplai soal untuk dua provinsi Jateng dan DIY. Jakarta dan sekitarnya disuplai dari UI dan tentunya melalui pengawasan Unnes juga,” kata Humas Unnes Sucipto Hadi Purnomo.

Hingga sejauh ini di sejumlah wilayah yang masuk pada panitia wilayah II belum ditemukan kendala berarti. Dengan adanya pendaftaran secara online, kondisi membludaknya pendaftar seperti tahun-tahun sebelumnya yang datang di PTN tidak terjadi. “Online ini sangat memudahkan, ini berbeda dengan manual yang harus antre dan sebagainya,” paparnya.

Untuk yang kesulitan mendaftar secara online,dapat dilayani di semua PTN yang menyediakan help desk atau loket khusus.“Bagi yang ingin mendaftar, ya segera mendaftar agar tidak membludak di akhir penutupan pendaftaran,” ujarnya.

Sumber: Seputar-Indonesia.Com

1 Comment

  1. Priskila D Kurniasih

    June 6, 2012 at 3:11 am

    minta print kartu snmptn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.