SMA Pangudi Luhur Don Bosko Semarang

SMA PL Don Bosko adalah sekolah menengah tingkat atas yang didirikan oleh Yayasan Pangudi Luhur, sebuah Badan Pembantu Karya Kerasulan Kongregasi Para Bruder FIC dalam bidang kerasulan pendidikan.

Badan ini sengaja didirikan oleh Kongregasi FIC , implementasi dari semangat pendiri Kongregasi FIC yang mempunyai kharisma dalam bidang pendidikan untuk mendampingi kaum muda secara utuh dan optimal.

Keberadaan SMA Don Bosko tidak terlepas dari Dewan Misi Kongregasi FIC yang pada waktu itu mencari tempat baru untuk tanah asrama dan bruderan. Akhirnya mendapatkan tanah di Candi Kaliwiru seluas kurang lebih tiga hektar.

Pada tahun 1955 pembangunan asrama SGA Don Bosco dimulai oleh Kapten Brugman, sesudah beliau menyelesaikan pembangunan SMP dan bruderan Klaten. Selanjutnya pada tanggal 23 Juni 1959 Mgr. Soegijapranata memberkati gedung SGA dan asrama Don Bosko.

Nama Don Bosko sendiri diambil dari nama seorang Santo. Yohanes Don Bosko yang hidup antara tahun 1815 – 1888. Seorang imam dan pendidik serta pelindung anak-anak dan muda –mudi terlantar. Julukannya adalah Bapak kaum muda. Setelah ditahbiskan sebagai imam pada usianya yang ke 26 ia tinggal di perkampungan miskin di kota Torino Italia.

_____________________________________________________________________

Alamat: Jl Sultan Agung No 133 Semarang 50234
Telepon: 024-8311015. 024-8311015
Wesbite: www.smapldonbosko.pangudiluhur.org

_____________________________________________________________________

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.