Segudang Manfaat Rahasia Kopi, Termasuk Bisa Turunkan Berat Badan

Kita semua pasti sudah pernah mendengar kan bahwa kopi sangat bermanfaat untuk kesehatan. Terlepas dari pro kontra apakah minuman hitam itu benar-benar sehat atau justru merugikan kesehatan, orang masih tetap menyukainya. Di seluruh dunia kopi diseduh dan dinikmati setiap hari. Cita rasanya yang unik dan aromanya yang harum membuat kopi jadi minuman favorit bagi semua orang, tak peduli itu tua maupun muda, pria atau wanita.

Di beberapa negara, kopi menduduki peringkat pertama dalam daftar minuman yang paling banyak dikonsumsi. Sedangkan di tempat-tempat lain kopi bersaing ketat dengan teh yang juga jadi minuman primadona. Maraknya konsumsi kopi dari waktu ke waktu membuat industri kopi sulit untuk gulung tikar. Dari mulai pertanian hingga pengolahan pabrik sampai pada bisnis kedai dan kuliner olahan kopi, industri kopi tak pernah sepi.

Kopi biasa mudah ditemukan di mana-mana, tapi untuk kopi-kopi yang unik dan premium, bahkan saat ini Anda juga bisa membelinya secara online di beberapa toko online yang tersebar di e-commerce terpercaya, salah satunya Shopee Indonesia.

Berbagai penelitian ilmiah membuktikan bahwa kopi punya segudang manfaat untuk kesehatan. Kandungan kafein terbukti mampu meningkatkan metabolisme dan meningkatkan pembakaran lemak. Ini tentu saja amat membantu dalam menurunkan berat badan. Dan baru-baru ini studi lain menemukan bahwa kopi bisa membantu memperpanjang usia seseorang.

Dalam sebuah laporan yang dipublikasikan di jurnal kesehatan JAMA Internal Medicine, kopi ditengarai mampu menurunkan resiko kematian sebanyak 12% dibandingkan mereka yang tidak meminum kopi. Studi lain dari Spanyol bahkan menyimpulkan bahwa empat cangkir kopi diyakini bisa menurunkan resiko kematian hingga 64%.

Menurut penelitian ilmiah, secara garis besar kopi memiliki beberapa manfaat besar untuk kesehatan, antara lain:

  • Kopi diyakini bisa menjadi senjata ampuh untuk menurunkan berat badan. Asam klorogenik dalam kopi meningkatkan pembakaran lemak hingga 50%.
  • Peminum kopi memiliki resiko terkena diabetes tipe 2 lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak minum kopi.
  • Kopi terbukti mampu melawan depresi dan menurunkan resiko bunuh diri pada seseorang yang dilanda stres berat.
  • Ada banyak sekali studi yang menyimpulkan bahwa kopi bisa melindungi seseorang dari penyakit Alzheimer.
  • Mereka yang rutin meminum 3-5 cangkir kopi akan menurunkan resiko terkena penyakit jantung.
  • Kafein dalam kopi bisa meningkatkan performa fisik seseorang dengan cara meningkatkan adrenaline dan melepaskan asam lemak dari jaringan.
  • Menurut beberapa suatu penelitian yang telah dirilis pada Januari 2015, kopi juga memiliki manfaat untuk menurunkan resiko kanker kulit yang berbahaya

Tak terbatas pada itu saja, kopi sebenarnya masih punya banyak sekali manfaat lainnya. Kafein yang hadir dalam kopi bisa menstimulasi sistem saraf yang membuatnya mengirim sinyal pada sel lemak untuk memecah lemak tubuh. Selain itu dalam dunia kecantikan, kopi juga kerap kali dipakai sebagai masker karena manfaat dari kopi sendiri mampu menghilangkan jerawat dan bisa menyamarkan noda jerawat pada wajah.

Kopi dapat membuat otak Anda lebih tajam. Pasalnya, kafein disebut mampu berfungsi sebagai stimulan sistem saraf pusat. Kafein mengalir ke otak untuk meningkatkan kinerja neuron dan memicu metabolisme energi di seluruh otak Anda.

Di samping itu, kopi sudah lama dikenal sebagai energizer alias peningkat tenaga. Hadirnya kafein akan memberikan dorongan pada tubuh dan membuat seseorang tetap terjaga. Jadi jangan heran bila kopi sering dijadikan minuman utama untuk mereka yang bekerja di malam hari. Kopi menjaga konsentrasi seseorang dan membuat mereka tidak mudah mengantuk.

Baca Juga: Mahasiswa Korea Belajar Kopi di Undip

Tentu saja, apapun yang dikonsumsi secara berlebihan itu tidak baik, termasuk kopi. Kopi memang bermanfaat dan direkomendasikan oleh banyak ahli kesehatan, tapi kopi harus dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Kelebihan konsumsi kopi membuat jantung berdebar-debar dan sering buang air kecil. Dan buat mereka yang sudah kecanduan kopi, sedikit saja terlambat minum kopi bisa menyebabkan pusing ringan.

So, konsumsi sewajarnya saja ya guys!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.