Sambut Asian Games Palembang Jakarta Indonesia 2018

asian games palembang

Tak lama lagi kita akan menyongsong acara pesta olahraga terbesar di Asia yaitu Asian Games. Event ini akan diadakan di negeri kita dan mempertandingkan sekitar 40 cabang olahraga. Ingin tahu lebih jauh? Coba kunjungi info Asian Games Palembang Jakarta Indonesia.

Ada banyak hal menarik yang bisa kita ikuti dari kegiatan olahraga multi event ini. Nah biar lebih mengerti lagi kali ini Portal Semarang akan jelaskan beberapa fakta dan data mengenai event olahraga ini.

Tak Hanya Jakarta Palembang

Walau secara resmi Asian Games ini diadakan di Jakarta dan Palembang, namun sebetulnya ada beberapa daerah lainnya yang ikut menjadi tempat penyelenggaraan, misalnya daerah Jawa Barat, Banten dan Lampung.

Di luar hal itu, Indonesia juga menjadi negara pertama yang melakukan Asian games dengan penempatan di dua kota. Seringnya, Asian Game itu dilakukan di satu kota saja, seperti pada Asian Games 2014 di Incheon, Korea, lalu pada Asian games 2010 di Guangzhou China, lalu pada Asian Games 2006 berlangsung di Doha, Qatar.

Pindah dari Vietnam ke Indonesia

Rencana awal Asian Games 2018 ini akan diadakan di Hanoi, Vietnam. Namun karena beberapa alasan, maka kemudian dibatalkan penyelenggaraannya. Lalu terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018.

Jelas dengan ini menjadi kebanggaan masyrakat Indonesia. Ini kali kedua Indonesia menjadi tuan rumah untuk event olahraga terakbar se-Asia ini. Kali pertama, Indonesia pernah melakukannya pada Asian Games 1962 yang diadakan di Jakarta.

Bila dibandingkan dengan negara tetangga, khususnya Thailand, Indonesia memang relatif kalah pengalaman. Sebab Thailand sendiri sudah pernah empat kali menjadi tuan rumah Asian Games yakni pada tahun 1966, 1970, 1978, dan 1998.

Namun jika dibandingkan dengan dengan negara ASEAN lainnya, Indonesia patut berbangga. Sebab Indonesia nantinya berarti dua kali menjadi penyelenggara. Sementara Filipina baru pernah sekali menjadi tuan rumah, lalu Malaysia belum pernah sama sekali.

Dimajukan karena Ada Pemilu

Kalau menurut jadwal, seharusnya Asian Games ini akan diadakan pada tahun 2019 nanti. Namun berhubung tahun 2019 mendatang bangsa Indonesia memiliki hajatan Pemilu, maka Asian games ini pun diadakan tahun ini.

Ini merupakan Asian Games ke-18 kalinya. Tak banyak negara Asia yang mampu menjadi tuan rumah. Sebab dari 18 kali penyelenggaraan Asia Games itu tercatat hanya ada sembilan negara yang pernah menjadi tuan rumah, yaitu India, Filipina, Jepang, Indonesia, Thailand, Iran, Korea Selatan, China, dan Qatar.

40 Cabang Olahraga Dipertandingkan

Ada sekitar 40 cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Asian Games 2018, dengan rincian sekitar 33 cabang olahraga olimpiadi dan 8 cabang olahraga non-olimpiade.

Tentu dengan banyaknya cabang olahraga yang dipertandingkan ini menjadi kesempatan bagi kita semua untuk ikut menontonnya. Jangan lupa kita bisa ikut menontonnya dan mendukung para atlit Indonesia dalam event olahraga bergengsi ini.

Sepakbola Indonesia Asian Games Masuk Grup A

Untuk penggemar sepakbola, tim Indonesia putra dan putri masuk pada grup A pada Asian Games 2018. Untuk tim sepakbola putra Indonesia nantinya akan satu grup dengan Laos, Taiwan dan Hong Kong.

Sementara untuk tim sepakbola putri Indonesia di grup A akan bertanding melawan Taiwan, Korea Selatan dan Maladewa.

Berikut ini daftar lengkap grup sepakbola Asian Games 2018.

Putra
Grup A: Indonesia, Hong Kong, Laos, Taiwan.
Grup B: Thailand, Uzbekistan, Bangladesh, Qatar.
Grup C: Irak, China, Timor Leste, Suriah
Grup D: Jepang, Vietnam, Pakistan, Nepal.
Grup E: Korea Selatan, Kyrgyzstan, Malaysia, Bahrain.
Grup F: Korea Utara, Arab Saudi, Iran, Myanmar.

Putri
Grup A: Indonesia, Maladewa, Taiwan, Korea Selatan.
Grup B: Tajikistan, Hong Kong, China, Korea Utara.
Grup C: Thailand, Vietnam, Jepang

Mari kita dukung terus Indonesia sehingga nantinya bisa berprestasi optimal pada penyelenggaraan Asian Games Palembang Jakarta 2018 ini. Selamat berjuang atlit-atlit Indonesia. Kita beri dukungan doa dan support langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.