Resensi Buku Sosiologi Suatu Pengantar

Buku ini menjelaskan tentang dasar-dasar dalam ilmu sosiologi. Dalam buku ini menyebutkan bahwa sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari masyarakat seutuhnya, mulai dari tindakan, interaksi dalam masyarakat hingga masalah yang ada dalam masyarakat. Selain pengertian-pengertian tersebut, terdapat pula teori-teori dan juga biografi singkat dari tokoh penting Sosiologi dari negara lain.

Terdapat 15 tokoh sosiologi dalam buku ini, yaitu Auguste Comte, Herbert Spencer, Emile Durkheim, Max Weber, Charles Horton Cooley, Pierre Guillaurne Fredic, Ferdinand Tonnies, Leopold von Wiese, Alfred Vierkandt, Lester Frank, Vilfredo Pareto, George Simmel, William Graham Sumner, Robert Ezra Park, dan Karl Mannheim. Di dalam buku ini dijelaskan mulai dari perjalanan hidup yang singkat, hingga teori-teori yang dikemukakan oleh kelimabelas tokoh tersebut.

Buku ini menjelaskan beberapa aspek kehidupan yang ada dalam masyarakat, misalnya interaksi sosial, lembaga sosial, hingga manfaat dari Sosiologi itu sendiri. Salah satunya adalah lembaga sosial. Terdapat lembaga sosial crescive institutions dan enacted institutions yang merupakan lembaga sosial berdasarkan sudut perkembangannya. Crescive institutions merupakan lembaga primer dalam masyarakat yang tidak sengaja dibentuk, misal lembaga agama, sedangkan enacted institutions adalah lembaga masyarakat yang sengaja dibentuk, misal lembaga pendidikan.

Keunggulan buku ini adalah:
1.  Bahasa yang mudah dipahami.
2. Tata letak paragraf yang rapi.
3. Penjelasan yang tegas, tidak “ngambang”.
4. Sistematis.
5. Terdapat biografi tokoh yang mempengaruhi berkembangnya Sosiologi

Kelemahan buku ini adalah:
1. Tampilan buku ini yang kurang berwarna.
2. Sampul buku kurang menarik.
3. Tidak ada rangkuman.

Bahasa yang digunakan dalam buku ini tegas, sehingga cocok dibaca bagi semua kalangan masyarakat. Manfaat buku ini adalah membuka wawasan pembaca, bahwa masyarakat merupakan sekumpulan orang yang kompleks. Maksud dari kompleks tersebut adalah terdiri dari beberapa aspek kehidupan yang saling berkaitan. Selain itu, dengan membaca buku “Sosiologi Suatu Pengantar” ini, bisa meningkatkan kesadaran akan pentingnya bertoleransi dalam kehidupan bermasyarakat.

Ardhi Noorkhan Syuhada, mahasiswa Jurusan Sosiologi dan Antropologi Unnes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.