Prodi Nonkependidikan Kian Diminati

SEJUMLAH program studi nonkependidikan Universitas Negeri Semarang (Unnes) makin diminati oleh lulusan SMA/SMK. Itu tampak dari tingginya animo memasuki program studi yang lazim disebut ilmu murni itu pada tabulasi pendaftar SNMPTN Jalur Ujian Tulis-Keterampilan.

“Hingga Sabtu (2/6) pagi, sejumlah prodi nonkependidikan diminati pendaftar. Di antara program studi itu adalah Kesehatan Masyarakat, Manajemen, Akuntansi, Ilmu Hukum, dan Psikologi,” ungkap Pembantu Rekor Bidang Akademik Unnes Agus Wahyudin kepada unnes.ac.id, Sabtu (2/6).

Sebagai gambaran, pendaftar ke Kesehatan Masyarakat 1.310 orang dari daya tampung pada SNMPTN Ujian Tulis 39 orang, Manajemen 1.291 (29), Akuntansi 1.235 (29), Ilmu Hukum 617 (56), dan Psikologi 600 (26).

Program studi lainnya, yakni Ekonomi Pembangunan, Tekik Arsitektur,  Ilmu Keolahragaan, Matematika, Biologi, dan Sastra Inggris dengan pendaftar lebih dari 200 orang. Adapun prodi dengan pendaftar kurang dari 200 pendaftar adalah Geografi, Sastra Indonesia, Kimia, Fisika, Seni Rupa, Ilmu Sejarah, Sastra Jawa, dan Sastra Perancis.

“Besarnya minat pada program studi nonkependidikan menunjukkan makin meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Unnes, bukan hanya sebagai lembaga pendidikan tenaga  kependidikan, melainkan juga sebagai lembaga yang melahirkan sarjana ‘ilm murni,” kata PR I.

Sejalan dengan itu, lanjut Agus Wahyudin, pada umumnya program studi nonkependidikan telah menunjukkan performa sangat bagus. “Tak sedikit yang telah memperoleh akreditasi A,” imbuhnya.

Pendaftaran SNMPTN Ujian Tulis-Keterampilan akan ditutup Sabtu (2/6) pukul 23.59 WIB. Ujian Tulis akan digelar 12 dan 13 Juni 2012, sedangkan ujian keterampilan 14 dan 15 Juni 2012. Adapun pendaftaran Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU) yang merupakan jalur mandiri meski biaya kuliahnya sama dengan jalur seleksi nasional, dibuka mulai 7 Juli 2012 atau pada hari yang sama dengan pengumuman hasil SNMPTN Ujian Tulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.