Muladi: Mahasiswa USM Harus Miliki Karakter Baik

Salah satu amanah UUD 1945 adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Keberadaan sebuah perguruan tinggi sangatlah penting dalam perannya mencerdaskan kehidupan bangsa dengan membangun peradaban melalui penguasaan ilmu dan teknologi.

Itulah salah satu paparan yang disampaikan oleh Prof Dr Muladi SH kepada 1810 mahasiswa pada kuliah umum pada Ahad (31/8) di Gelora Prof Sodarto USM.

Mantan Rektor Undip ini menekankan betapa pentingnya karakter  bagi kehidupan bangsa. Semakin baik karakter suatu bangsa maka bangsa atersebut akan dengan mudah memmbangun peradaban ilmu dan teknologi.

“Korea selatan tidak memiliki sumber daya alam yang banyak, namun dengan membangun karakter peradaban iptek, Korsel bisa menyaingi negara barat dan eropa” Ujar Ketua Badan Pembina Yayasan Alumni Undip.

Mantan Gubernur Lemhanas ini juga menambahkan bahwa dengan jumlah penduduk lebih daro 230 juta jiwa dan sumber daya alam yang sangat luar biasa harus diikuti dengan pembangunan peradaban iptek melalui pendidikan tinggi.

Perguruan tinggi sangat berperan penting dalam pembangunan iptek dikarenakan perguruan tinggi berbeda dengan yang lain yaitu di perguruan tinggi diajarkan academic freedom, academic culture, kejujuran dll.

Mantan Menkumham ini juga menambhakan bahwa di perguruan tinggi akan di ajarkan bagiamana kita menjadi seorang mahasiswa yang kreatif, inovatif, leadership, kenegarawan, skill full, dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.