Mudah, Menulis Artikel Ilmiah

 

TIDAK sedikit mahasiswa, guru, bahkan dosen kesulitan saat menulis artikel ilmiah. Padahal, untuk membuat Program Kreativitas Mahasiswa Artikel Ilmiah (PKM-AI) yang dibiayai oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Dirjen Dikti tidaklah sulit.

“Sangat mudah sekali tinggal cari laporan-laporan, ganti formatnya, kirimkan, tunggu, kemudian ambil reward-nya,” ujar staf ahli Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Unnes Tommi Yuniawan di sela workshop Wujudkan Karya Intelektual Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Dosen Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia itu bicara dalam workshop penulisan aryikel ilmiah bertajuk Melalui Program Kreativitas Mahasiswa Artikel Ilmiah (PKM-AI) dan Program Kreativitas Mahasiswa Gagasan Tulis (PKM-GT) di Gedung C7 Fakultas Ilmu Sosial, Kampus Sekaran, kemarin.

Menurut dia, menulisnya mahasiswa dapat mengacu pada pedoman tahun 2011 bersumber pada kegiatan mahasiswa yang bersifat kelompok diantaranya bisa dari laporan Kuliah Kerja Nyata (KKN), laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL),PPL,KKL atau laporan-laporan yang bersifat akademik dilakukan oleh mahasiswa di perguruan tinggi (PT).

Dosen Unnes Sri Mantini Rahayu S menambahkan, untuk menyusun program kreativitas mahasiswa gagasan tulis (PKM-GT) mahasiswa harus mempunyai ide kreatif. “Ide tersebut murni dari mahasiswa sendiri sehingga segala sesuatunya bisa dipertanggungjawabkan sesuai dengan panduan karya ilmiah,”jelasnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.