Motivasi, Kunci Kesuksesan Menulis

MENUANGKAN gagasan dalam sebuah tulisan tampak seperti pekerjaan sepele. Namun nyatanya, tidak banyak yang bisa bertahan dan sukses menulis dengan baik karena rendah motivasi. Karena itu, motivasi adalah hal pokok yang harus dipelihara supay seseorang bisa sukses menulis.

Demikian dikatakan Nuridin, dosen Bahasa Indonesia Universitas Sultan Agung (Unissula) dalam pelatihan menulis artikel yang diselenggarakan HMJ Bahasa Inggris Fakultas Bahasa Unissula, Sabtu (9/7) siang tadi pagi.

Menurut dosen yang juga penulis artikel pendidikan ini, motivasi menulis menyangkut berbagai dimensi, mulai motivasi spiritual, intelektual, sosial, maupun ekonomi. “Tapi yang pertama-tama, lurusakan niat, jadikan menulis sebagai dzikir tangan kita kepada Allah,” lanjut Nuridin.

Lanjutnya, menulis memilik dimensi spiritual yang kuat lantaran bisa menjadi dakwah amar ma’rif nahi munkar. “Tulisan punya efek sosial yang sangat besar. kalau itu kita niatkan untuk tujuan baik, efeknya akan bermanfaat bagi banyak orang,” ucap dosen yang menjaidkan menulsis ebagai sarana mencairkan kebekuan pikiran.

Pelatihan menulis bertajuk “tulis yang kamu lihat dan lihat yang kamu tulis” ini juga diisi pemimpin redaksi PortalSemarang.Com, Surahmat. “Bukalah tulisan dengan cara yang unik, analisis dengan sudut pandang yang berbeda, dan akhiri sebelum pembaca bosan. Insya Allah, makna baru yang kita sajikan akan berkesan pada pembaca,” katanya. PortalSemarang.Com

 

1 Comment

  1. Sugeng Budiarto

    July 14, 2011 at 3:25 pm

    Memang benar, tulisan bagaikan virus yang efeknya bisa menyebar ke mana-mana. Energi positif pada setiap huruf yang kita tuliskan akan membawa kebaikan bagi penulis sendiri dan para pembacanya ….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.