Unnes Usung Tari Semarangan ke Jakarta

REKTOR Universitas Nasional (Unas) Jakarta El Amry Bermawi Putera tak kuasa menampik selendang yang dikalungkan di lehernya oleh Luba, mahasiswa Unnes asal Rusia. Sejurus kemudian, dalam iringan langgam gambang semarang nan rancak, dia pun turut menari.

Itulah penggalan adegan yang tersaji saat enam mahasiswa asing yang kuliah di Semarang, empat Unnes, satu IKIP PGRI, dan satu Undip, menampilkan Tari  Denok Semarang di Universitas Nasional (Unas) Jakarta, Rabu (20/4). Tarian tersebut merupakan menu yang mereka usung dalam acara pembekalan akhir program darmasiswa RI tahun akademik 2010-2011.

Perhelatan dihadiri 750 orang mahasiswa asing dari 62 negara penerima beasiswa Darmasiswa dari pemerintah Indonesia yang belajar di 46 perguruan tinggi di Indonesia.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Biro Kerja Sama Luar Negeri (BKLN) Depdiknas itu berlangsung dua hari, 19-20 April,  dan dipusatkan di tiga tempat, Taman Mini Indonesia Indah, Universitas Nasional Jakarta, dan Kemdiknas.

“Kegiatan ini sebagai apresiasi atas proses belajar di Indonesia. Untuk itu, sengaja kami pilih mementaskan berbagai kebudayaan hasil mereka di perguruan tinggi masing-masing,” kata Yusro Edi Nugroho dosen pembimbing.

Tak pelak, tarian yang berdurasi enam menit itu pun mendapat sambutan hangat penonton, mulai dari pengelola darmasiswa se- Indonesia, jajaran pimpinan beserta staf BKLN, hingga sivitas akademika Unas.

Bintang Hanggoro Putra, penata tari tersebut mengatakan, kontingen Semarang terdiri atas Liubov dari Rusia, Hanna (Polandia), Margit (Hungaria), Eva (Slovakia), Maria (Slovakia), dan Doung (Vietnam). PortalSemarang.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.