“Kerempongan” yang akan Dihadapi Orang Tua saat Anak Mau Berangkat Sekolah

Bagi Anda yang anaknya baru mau masuk sekolah–mungkin masuk PAUD, TK, atau SD–mungkin akan menghadapi hal-hal berikut di pagi hari.

1. Membangunkan anak. Anda akan berusaha sekuat tenaga untuk membangunkan anak.  Segala jurus bujuk-rayu Anda lakukan agar anak lekas terjaga. Bahkan sejak malamnya Anda sudah mewanti-wanti agar anak lekas tidur agar esok pagi tidak bangun kesiangan.

2. Memandikan. Kalau anak Anda belum bisa mandi sendiri, selanjutnya yang Anda lakukan adalah “memaksanya” agar lekas mandi. Jika hawa dianggap terlalu dingin, mungkin Anda akan memasak air terlebih dulu supaya anak Anda bisa mandi dngan air hangat.

Lalu Anda pun akan mulai memandikannya, menggosok giginya, menyabuni. Intinya, membersihkan seluruh tubuhnya dari kotoran yang menempel. Selanjutnya, Anda pun akan membantu mengeringkan tubuhnya dengan memakai handuk.

3. Memakaikan pakaian. Anda akan mengenakan pakaian pada anak. Kemudian menyemprotkan pewangi pada pakaian dan tubuhnya. Lalu menyisiri rambutnya agar terlihat rapi.

4. Menyiapkan sarapan. Biasanya orang tua akan memilih membuat menu sarapan yang praktis seperti nasi goreng atau dengan menyajikan telur dadar. Namun sebaiknya pastikan gizi sarapan anak memadai. Sebab kesehatan anak sekolah itu ditunjang oleh makanan yang sehat. Jangan lupa pula agar anak minum susu sebelum berangkat sekolah.

5. Menyiapkan bekal makanan di sekolah. Anda juga akan menyiapkan bekal makanan bagi anak di sekolah.

6. Memakaikan sepatu dan tas. Peralatan ini kemudian Anda kenakan pada kaki dan bahu anak. Setelah selesai memakaikannya biasanya orang tua akan mengamati apakah sepatu dan tas itu sudah dikenakan dengan baik. Jika sudah oke, kemudian Anda akan mengajak anak untuk segera berangkat ke sekolah.

7. Mengantar ke sekolah. Jika tidak ada sopir yang mengantar, maka Anda pun akan mengantar sendiri anak ke sekolah.

8. Bertemu kemacetan. Pagi hari adalah waktu yang penuh dengan hiruk-pikuk. Mungkin Anda akan bertemu dengan kemacetan di perjalanan. Anda perlu sedikit bersabar. Banyak orang yang beraktivitas di pagi hari, baik untuk mengantar sekolah seperti Anda maupun untuk bekerja.

9. Menemani anak. Jika anak Anda baru masuk PAUD, mungkin anak Anda tidak mau Anda tinggal begitu saja. Mau tidak mau Anda pun harus menemaninya. Bahkan mungkin Anda akan “dipaksa” oleh anak untuk ikut masuk kelas.

Itulah “kerompongan” yang mungkin akan Anda alami sebagai orang tua di pagi hari. Memang mungkin saja “kerempongan” tersebut tak dialami oleh semua orang tua, khususnya yang memiliki pembantu dan sopir di rumah. Tapi kalaupun Anda mengalaminya, rasanya itu “kerempongan” yang indah.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *