Jangan Lakukan Ke 5 Hal Ini Ketika Sedang Cuci Tangan

cuci tangan

Kegiatan cuci tangan dianggap menjadi hal yang sepele bagi sebagian orang. Padahal melakukan cuci tangan setiap saat menjadi hal yang wajib untuk dilakukan bagi setiap orang. Melalui kebiasaan mecuci tangan, maka akan menjadikan hidup seseorang sehat. Orang yang merasa malas mencuci tangan, maka hal ini dapat mengganggu kesehatan dan memberikan peluang bagi bakteri untuk masuk ke dalam tubuh.

Bakteri atau kuman memang sering kali tidak terlihat oleh mata. Oleh karena itu banyak orang yang beranggan bahwa tangannya bersih dari kuman, padahal ada banyak kuman dan bakteri yang menumpuk. Apabila Anda sudah membiasakan diri untuk mencuci tangan, maka bisa meminimalisir tumbuhnya kuman dan bakteri. Namun jangan berbangga dulu, ada kesalahan yang sering kali dilakukan ketika mencuci tangan. Jika Anda sering kali melakukan kesalahan tersebut, cobalah untuk menghindarinya agar kebiasaan mencuci tangan tidak berakhir sia-sia.

Berikut ini 5 kesalahan ketika cuci tangan, yaitu:

1. Tidak menggunakan handwash

Handwash memiliki peran yang begitu sangat penting, yaitu membantu membunuh kuman dan bakteri yang menempel pada tangan. Selain memiliki aroma yang wangi dan menyegarkan, handwash juga terbuat dari lemak yang secara efektik mampu membunuh kuman dan bakteri. Percuma saja jika Anda setiap jam mencuci tangan namun tidak menggunakan sabun. Jika Anda ingin kuman dan bakteri dapat bersih secara sempurna, maka selalu sediakan sabun pencuci tangan di wastafel atau di tempat untuk mencuci tangan.

2. Kurang lama

Ketika Anda mencuci tangan, jangan hanya berfikir yang penting tangan basah. Hal tersebut tentunya ssagat salah besar. Mencuci tangan yang terlalu cepat menjadi kesalahan yang harus segera di hilangkan. Membunuh tumpukan bakteri dan kuman membutuhkan waktu kisaran 40-60 detik. Agar mencuci tangan lebih sempurna, gunakan handwash.

3. Sering menunda

Sering menunda melakukan cuci tangan sering kali dilakukan hampir semua orang, khususnya pada saat selesai melakukan aktifitas kamar mandi. Sedangkan kamar mandi adalah tempat bersarangnya kuman dan bakteri. Jangan melakukan cuci tangan di dalam kamar mandi, namun lakukan mencuci tangan di luar kamar mandi.

4. Tidak mengeringkan tangan

Bakteri akan dengan mudah berkembang jika tangan dalam keadaan basah dan tidak segera di keringkan. Dengan demikian, pada saat Anda sudah membersihkan tangan denga nmenggunakan handwash, segeralah mengeringkannya, baik dengan mesin pengering, dengan tisu maupun dengan handuk khusus.

5. Menggunakan pengering tangan

Mengeringkan tangan yang paling mudah yaitu dengan menggunakan pengering tangan. Namun tahukah Anda? Bahwa menggunakan pengering tangan yang terlalu sering ternyata memiliki dampak yang buruk. Hal ini dapat menyebabkan kulit tangan terasa lebih mengering, sehingga jangan sering menggunakan alat pengering tangan setelah cuci tangan. Cara paling efektif dalam membunuh kuman setelah mengeringkan tangan yaitu dengan menggunakan handuk maupun tisu.

Melakukan cuci tangan setiap saat akan sangat membantu orang agar terhindarkan dari yang namanya kuman dan bakteri. Kehadiran bakteri dan kuman tentunya dapat menimbulkan penyakit.

Jika Anda membiarkan kuman dan bakteri berkembang baik dan bersarang dalam tubuh, maka Anda harus terima kenyataan bahwa kesehatan Anda akan terganggu. Semakin banyaknya kuman dan bakteri yang bersarang, maka akan sangat memudahkan berbagai penyakit bersarang dalam tubuh.

Untuk menghilangkan bakteri dan menghindari segala jenis penyakit, maka Anda dapat memulainya dengan hal kecil seperti mencuci tangan setiap kali ingin memulai dan mengakhiri aktivitas. Yap, sangat mudah kan untuk menjaga kesehatan dengan rutin mencuci tangan sesuai tips di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.