Giliran MV Colombus Sandar di Tanjung Emas

PELABUHAN Tanjung Emas Semarang kembali menerima kunjungan kapal pesiar. Senin (13/2) kemarin giliran MV. Columbus yang bersandar. Kapal ini menjadi kapal pesiar keenam yang singgah diPelabuhan Tanjung Emas dalam kurun waktu tujuh minggu terakhir selama tahun 2012 ini.

“Bagi turis asing, Candi Borobudur tetap menjadi primadona daya tarik wisata Propinsi Jawa Tengah”, kata General Manager PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tanjung Emas Semarang, Rismarture Sidabutar.

“Tercatat ada enam kapal yang sandar di Dermaga Samudera Pelabuhan Tanjung Emas pada tahun 2012 ini, yakni kapal Sebourn Legend, Zaandam, Seven Seas Voyager, Pacific Venus, Seabourn Legend, dan kapal Columbus ini, para turis selalu berkunjung ke Borobudur,” tambahnya lagi.

MV. Columbus merupakan kapal pesiar berbendera Bahamas yang mengangkut 286 penumpang dan 170 crew. Kapal dengan panjang LOA (Length Over All) 144,13 meter ini datang dari Benoa-Bali kemudian sandar di Pelabuhan Tanjung Emas tepat pada pukul 07.00 WIB.

Dari total jumlah penumpang, sejumlah 133 orang memesan paket wisata ke Candi Borobudur.   Sedangkan 28 orang berwisata ke Ambarawa Mountain Railway, 66 orang mengambil paket wisataSemarang City Tour.

Beberapa armada bis yang berada di halaman parkir Terminal Penumpang menjadi sarana transportasi yang telah disiapkan untuk wisatawan.

Terkait kedatangan kapal pesiar. Rismarture mengatakan pihaknya telah menyiapkan berbagai fasilitas sebagai komitmen pelayanan prima PT Pelabuhan Indonesia III (Persero). Beberapa hari sebelum kedatangan kapal pesiar, pihak Pelabuhan Tanjung Emas telah memasang LCD TV di Terminal Penumpang kedatangan luar negeri (VIP) sebagai bagian dari hiburan para turis luar negeri.

Area Lini 1 yang meliputi wilayah Terminal Penumpang hingga Dermaga Samudera telah disterilkan satu hari sebelum kedatangankapal. “Hal ini untuk menjamin keamanan dan kenyamanan para penumpang kapal pesiar”, ungkap pria kelahiran Kota Medan ini.

Kapal dengan berat 15.067 GRT (Grosstonnage) dan draft kedalaman minus 5,6 meter ini rencananya akan meninggalkan Pelabuhan Tanjung Emas pada pukul 19.00 WIB. Sebelumnya kapal ini telah berkunjung kePapua Nugini, Australia, dan tentunya Indonesia.

Tempat wisata di Larantuka (Flores), Pulau Komodo, Benoa (Bali), dan Semarang (Jawa) merupakan magnet wisata bagi penumpang Columbus ketika berada di Indonesia. Menurut jadwal, setelah dari Semarang, Columbus segera berangkat untuk berpesiar lagi ke Bintulu, Sarawak, Malaysia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.