Ada Lomba Makan Durian di Festival Durian 2015

festival durian

Kalau Anda suka durian, agendakanlah waktu untuk datang di Festival Durian 2015. Festival akan diadakan selama tiga hari, yakni Jumat-Minggu (6-8 Maret) 2015 di Lapangan Jatisari Kecamatan Mijen, Kota Semarang.

Tak tanggung-tanggung, dalam festival itu akan ada sekitar 150 petani durian yang akan memamerkan durian terbaiknya. Tentu saja Anda bisa membeli dan menyantap durian pilihan.

Festival ini diadakan tepat dengan puncak panen durian di wilayah Mijen dan Gunungpati. Dua daerah tersebut memang dikenal sebagai daerah penghasil durian.

“Festival durian itu salah satu memperingati hari jadi Kota Semarang. Kami ingin agar potensi buah-buahan lokal bisa lebih terkenal. Untuk mutu buah, kami berkolaborasi dengan Dinas Pertanian Jawa Tengah,” ujar Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang, Jawa Tengah, WP Rusdiana.

Selain festival, pemerintah menyediakan berbagai stan khusus yang ditawarkan kepada masyarakat luas untuk pamer produk lokal. “Yang sudah resmi ada sekitar 150 petani. Itu kan masih lama ya, nanti mungkin bisa bertambah banyak lagi yang bergabung dalam festival,” katanya.

Dalam festival, pada hari pertama dijadwalkan ada lomba komoditas lima jenis buah, durian; salak; manggis; duku; dan alpukat dari kabupaten/kota di Jawa Tengah. Pada hari kedua dan ketiga, ada lomba makan durian sepuasnya, lomba durian terbesar dan terberat.

“Tahun kemarin itu yang inisiasi pemerintah kecamatan saja dan khusus soal durian. Kini, kepanitiaan ada di Pemkot Semarang dan dilebarkan, tidak saja pada durian,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.