Empat Prodi Unnes Tersertifikasi Internasional, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Tertinggi

Empat program studi di Universitas Negeri Semarang (Unnes) kini telah tersertifikasi internasional. Hal itu diraih setelah ASEAN University Network Quality Assurance (AUN QA) mengumumkan hasil penilaiannya.

Organisasi itu menilai empat program studi tersebut telah menjalankan pendidikan sesuai yang diharapkan.

Empat prodi yang tersertifikasi AUN QA tersebut adalah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI/Fakultas Bahasa dan Seni), Pendidikan Biologi (FMIPA), Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (PJKR/Fakultas Ilmu Keolahragaan), dan  Ekonomi Pembangunan (PE/Fakultas Ekonomi).

Dalam melakukan penilaian, tim AUN QA telah melakukan pemeriksaan administratif secara mendalam. Setelah itu, tim juga melakukan asesemen lapangan selama tiga hari dengan memeriksa dan menemui berbagai stakeholder.

Penilaian dilakukan terhadap sebelas aspek, mulai dari perancangan kurikulum hingga kualitas lulusan.

Setelah melakukan asesemen pada 28-30 Agustus 2019 lalu, tim yang berasal dari berbagai negara di Asia Tenggara tersebut menyatakan penilaian bahwa empat program studi tersebut sesuai dengan yang diharapkan.

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) menjadi program studi  dengan skor tertinggi.

Serifikasi AUN-QA yang diperoleh empat prodi tersebut melengkapi akreditasi yang dilakukan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) yang telah diperoleh. Pengakuan internasional itu penting untuk menjamin lulusan memiliki daya tawar tinggi di kancah internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.