Empat Cara Rektor Unnes Jaga Kepercayaan Masyarakat

Kepercayaan masyarakat terhadap Universitas Negeri Semarang (UNNES) terus meningkat. Hal itu dibuktikan dengan meningkatnya jumlah pendaftar calon mahasiswa baru.

Dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019, UNNES menjadi salah satu PTN paling diminati dengan jumlah pendaftar mencapai 44. 937. Hal yang sama juga tampak dari banyaknya jumlah pendaftar dalam SNMPTN dengan 23.886 pendaftar.

Menurut Rektor Prof Dr Fathur Rokhman MHum kepercyaan itu harus dijaga dengan penuh integritas. Pimpinan dan seluruh staf harus bekerja optimal menjaga kepercayaan tersebut.

Mengadaptasi gagasan penulis kondang Amerika, Stephen R Covey, Rektor menyampaikan ada empat cara yang harus dilakukan UNNES untuk menjaga kepercayaan tersebut.

Cara pertama adalah menjaga integritas.
Dalam arti sederhana, integritas adalah kemampuan melaksanakan hal yang dikatakan.

Cara kedua adalah menjaga niat baik.
Dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa, keluarga besra UNNES perlu menjaga niat sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan Tuhan Yang Maha Esa.

Cara ketiga adalah meningkatkan kapasitas.
Pada konteks pendidikan, kapasitas berkaitan dengan kemampuan melaksanakan tugas sesuai target atau bahkan melampauinya. Karena itulah, sumber daya manusia UNNES harus senantiasa meningkat kapasitasnya.

Cara keempat adalah hasil.
Menurutnya, salah satu bukti paling otentik hasil pendidikan yang baik adalah lahirnya mahasiswa dan alumni yang berkarakter dan berprestasi. Jika empat hal itu dilakukan secara konsisten, Rektor optimis UNNES akan terus bertumbuh semakin besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.