25 Oktober 2017, UMK Kudus Gelar Diskusi Buku “Politik Bahasa Penguasa”

Dalam rangkaian Bulan Bahasa 2017, Universitas Muria Kudus (UMK) akan menggelar diskusi buku Politik Bahasa Penguasa pada Rabu, 25 Oktober 2017.

Buku itu dianggap penting karena mempersoalkan pemakaian bahasa secara kritis pada masyarakat modern seperti saat ini.

Buku Politik Bahasa Penguasa ditulis oleh Profesor Sosiolinguistik Prof Dr FathurRokhman MHum dan dosen Bahasa Indonesia Universitas Negeri Semarang (Unnes) Surahmat SPd MHum. Keduanya dijadwalkan hadir untuk dipanelkan dengan Dr Martono, dosen UMK.

Buku yang diterbitkan Penerbit Buku Kompas itu mempersoalkan penggunaan bahasa secara politis di berbagai bidang kehidupan. Dengan memanfaatkan sejumlah teori kritis, kedua penulis itu menunjukkan aneka bentuk penggunaan bahasa untuk kepentingan kekuasaan.

Dalam praktik kehidupan sehari-hari, kesadaran mengenai politik bahasa dinilai penting. Dengan memiliki kesadaran demikian, pengguna bahasa dapat lebih kritis melihat latar belakang ideologis dan kepentingan penggunannya.

Dosen Bahasa Indonesia UMK Mohamad Noor Ahsin dalam publikasinya menjelaskan, selain diskusi buku pihaknya menyelenggarakan sejumlah lomba, antara lain lomba baca puisi dan pidato.

Kedua lomba itu akan digelar pada Sabtu (21/10) masing-masing di Rektorat UMK dan Gedung J UMK. Informasi mengenai acara ini dapat diaskses melalui nomor 08562054192.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *