Cara Hebat Mencuci Baju agar Warna Tidak Pudar

Sering kali baju yang Anda cuci warnanya jadi pudar. Penyebabnya bisa karena salah dalam teknik mencuci, tapi bisa juga karena faktor lainnya.

Kalau warna baju cepat pudar, tentu ini pemborosan tersendiri. Karena itu yuk coba ketahui bagaimana cara mencuci yang benar agar baju yang Anda punya ini bisa awet dan tahan lama.

– Pakai air dingin
Hindari menggunakan air panas dalam mencuci. Gunakan air dingin agar warna pada pakain tidak gampang pudar.

– Jangan disikat terlalu kencang
Kalau misalnya kamu tidak menggunakan mesin cuci alias mencucinya dengan tangan, usahakan agar tidak menyikat baju terlalu kencang.

Kalau pun misalnya Anda rasa perlu sedikit tenaga untuk menghilangkan kotoran yang membandel, cukup lakukan pada area yang sangat kotor itu.

– Beri perhatian pada bagian baju tertentu
Seperti misalnya pada kerah, bagian leher, bagian ketiak dan ujung pakaian. Biasnaya pada lokasi-lokasi tersebut pakaian gampang kotor.

– Pakai deterjen Rinso
Siapapun tahu kalau merk deterjen yang satu ini sudah terkenal sejak lama. Kualitasnya yang bagus menjadi jaminan untuk membuat pakaian bersih.

– Pisah pakaian sesuai kondisi atau warna
Agar proses mencuci lebih efektif, sebaiknya Anda klasifikasikan tiap pakaian kotor ini. Misalnya untuk pakaian yang sangat kotor Anda jadikan dalam tumpukan sendiri. lalu untuk baju yang berwarna putih juga Anda letakkan di tempat sendiri.

Dengan begitu, Anda bisa lakukan perlakuan yang tepat untuk tiap kelompok pakaian ini.

– Jemur secara alami
Sekalipun di rumah ada meisn cuci, tapi sebaiknya tidak selalu bergantung pada alat tersebut. Sebab proses pemanasan yang dilakukan oleh mesin pengering itu dapat membuat warna pakaian menjadi hilang.

Lebih baik Anda jemur secara alami. Pastikan juga sinar matahari tidak terlalu panas. Letakkan jemuran ini di tempat yang teduh. Yang penting mendapat hembusan angin.

– Setrika dengan benar
Untuk tiap jenis pakaian itu, setrikalah sesuai dengan tingkat panas yang sesuai. Ini sangat membantu menjaga warna pakaian agar tetap cemerlang.

– Gunakan pemutih
Untuk baju warna putih, Anda bisa gunakan pemutih. Agar kotoran yang sebelumnya menempel bisa dihilangkan dengan cepat. Namun jangan pula pemutih itu sampai berlebih karena dapat merusak pakaian.

– Simpan di lemari dengan kamper
Letakkan pakaian di lemari dengan baik. Beri kamper agar hewan ngengat enggan datang.

Begitulah cara merawat pakaian yang perlu Anda ketahui. Yuk mari coba dipraktekkan! Share juga info ini ke ibu-ibu lainnya ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.