Bakteri Baik yang Ada di dalam Makanan

Bakteri tak selamanya jahat dan merugikan manusia. Nyatanya banyak sekali bakteri baik yang justru berperan banyak untuk manusia. Ketika tubuh memiliki banyak bakteri baik maka kesehatan pun akan terjaga begitu juga sebaliknya. Namun, tahukah Anda jika di beberapa makanan di bawah ini terdapat banyak bakteri sebagai upaya bakteri baik melawan bakteri jahat? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Lactobacillus Bulgaricus

Lactobacillus merupakan suatu bakteri yang mana bekerja dengan memfermentasikan laktosa menjadi asam laktat. Lactobacillus ini sangat bermanfaat untuk kesehatan usus serta menghalangi masuknya bakteri jahat penyebab diare dan sembelit. Tidak hanya itu, lactobacillus juga membantu meningkatkan sistem imun tubuh serta berperan memproduksi vitamin B kompleks dan vitamin K sebagai anti tumor. Lactobacillus bulgaricus ini biasanya digunakan pada pembuatan yoghurt serta produk olahan susu lainnya seperti sour cream, butter milk, dan froyo.

2. Kefir

Masih seputar produk olahan susu. Kefir juga masuk dalam jajaran produk makanan yang terkandung bakteri baik di dalamnya yang bermanfaat untuk kesehatan. Kefir ini sangat bermanfaat untuk mencegah perkembangan bakteri jahat di dalam usus serta berperan untuk memperbaiki sel yang rusak. Kefir ini juga kaya akan antioksidan.

3. Rhizopus Oligosporus

Bagi Anda pecinta kedelai tentu tak asing dengan olahan tempe. Iya pembuatan tempe ini ternyata memanfaatkan bakteri Rhizopus Oligosporus untuk fermentasinya. Dengan bantuan bakteri Rhizopus membuat tempe kaya akan enzim, protein, serta komponen bermanfaat lainnya yang bagus untuk kesehatan.

Itulah beberapa makanan sehat yang mengandung beberapa bakteri baik yang dapat melawan bakteri jahat. Sangat baik apabila Anda rutin mengkonsumsinya.

Bagi Anda yang ingin mengetahui informasi tentang dunia kesehatan maka Gue sehat jawabannya. Guesehat.com merupakan sebuah platform digital yang didesain khusus untuk memberikan berbagai informasi terbaru dan tips khusus tentang dunia medis. Tak perlu khawatir karena semua informasi yang diposting di website ini berasal dari sumber yang terpercaya serta mendapat review langsung oleh ahli kesehatan. Tidak hanya itu, Anda seorang wanita juga bisa mengontrol berat badanmu dengan menghitung IMT (Indeks Massa Tubuh) secara cepat.

Mau tahu hal menarik lainnya? Anda bisa langsung kunjungi www.guesehat.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.