Apa Software ERP itu: Manfaat, Jenis, dan Rekomendasi Terbaik

Sudah tahu apa itu software ERP? Enterprise Resource Planning (ERP) merupakan software yang berguna untuk mengelola dan mengintegrasikan aktivitas operasional bisnis.

Kalau dulu, seringnya software ERP ini dipakai oleh perusahaan besar. Namun saat ini sudah ada software sistem ERP yang juga bisa dipakai oleh UKM (Usaha Kecil Menengah). Nah, untuk tahu lebih lanjut tentang kegunaan ERP ini, mari kita bahas lanjut di bawah ini.

Ragam Manfaat ERP bagi UKM

Bagi kalangan entreprise, penerapan software Sistem ERP ke dalam bisnis sudah bukan hal yang asing. Namun bagi kalangan UKM, hal ini mungkin masih asing. Penyebabnya karena belum tahu apa keuntungan menggunakan sistem ini.

Secara umum, ERP memiliki fungsi sebagai berikut.

1. Menghadirkan informasi real-time

Banyak kalangan UKM yang masih manual dalam menjalankan bisnisnya. Akibatnya laju bisnis pun jadi lambat. Padahal jika kita bisa menghadirkan info yang lebih real-time, hal itu sangat berguna untuk usaha kita.

Sebagai contoh, misalnya usaha Anda memiliki beberapa cabang. Dengan menggunakan sistem ERP terbaik, maka Anda bisa setiap memonitor perkembangan bisnis Anda. Anda bisa tahu berapa sales saat ini, berapa stock barang yang tersedia, dan hal-hal lainnya secara real time.

2. Integrasi dan otomatisasi proses bisnis

Untuk melakukan otomatisasi proses bisnis, bisa dilakukan dengan menerapkan ERP. Hal ini tentu membuat bisnis Anda menjadi lebih lincah dalam bergerak. Karena proses bisnis telah berjalan secara simultan dan otomatis.

3. Planning lebih terarah dengan data yang tersedia

Ketika kita hendak melakukan plan apa pada beberapa waktu mendatang, kita bisa lihat history yang terjadi sebelumnya. Dengan begitu diharapkan plan yang kita mau lakukan untuk memajukan bisnis menjadi lebih terarah.

Menyimak beberapa fungsi software ERP tersebut, secara lebih nyata, berikut manfaat kalau kita menerapakan aplikasi ERP terbaik pada bisnis kita.

1. Data Transaksi Rapi dan Sistematis

Semua data bisnis kita bisa terekam dengan rinci dan up-to-date. Sebagai contoh apa saja transaksi penjualan yang terjadi hari ini, apa saja transaksi pembelian yang dilakukan bisnis kita. Semuanya terekam dengan sistematis sehingga memudahkan kita untuk melakukan monitoring.

2. Mudah Tambah Produk yang Ingin Dijual

Misalnya saja usaha Anda memiliki beberapa produk baru. Kalau sistem manual, nantinya dalam laporan penambahan item barang ini perlu dibuat secara terpisah, akan tetapi dengan menggunakan software ERP, hal itu bisa lebih dilakukan. Cukup dengan aplikasi ERP yang kita gunakan, secara gampang kita bisa meng-update barang.

3. Monitor Penjualan dan Stok Barang lebih Gampang

Berapa penjualan yang terjadi di cabang A, B, dan C hari ini? Jika Anda pemilik usaha yang memiliki banyak cabang, akan lebih mudah untuk mengetahui hasil penjualan secara relatime dengan sistem ERP.

Bukan hanya itu saja, Anda pun bisa langsung memonitor stok barang. Jika misalnya ada produk yang ketersediaan stoknya menipis, Anda pun bisa cepat untuk segera melakukan stok ulang.

4. Otomatis Lebih Baik Dibanding Manual

Umumnya UKM yang tidak menggunakan ERP biasanya memakai report secara manual. Hal ini sangat tidak efektif karena berpotensi sering terjadi error serta tidak efisien.

Namun dengan menggunakan aplikasi ERP terbaik, bye-bye untuk urusan report manual. Semuanya sudah dijalankan oleh sistem ERP ini.

5. Monitoring Lebih Mudah

Dengan menerapkan sistem ERP pada bisnis, maka memudahkan owner dalam memantau bisnisnya. Anda dengan mudah mengetahui kondisi real yang terjadi pada bisnis Anda saat ini.

Monitoring adalah hal yang penting. Dengan begitu Anda bisa tahu bagaimana performa bisnis Anda. Jika misalnya ada perlambatan, Anda pun tahu apa yang harus segera dilakukan.

Jenis ERP yang Penting Diketahui

Kalau dari segi biaya, sistem ERP ini ada yang bersifat free dan berbayar. Apa bedanya? Tentu saja sistem ERP yang memiliki sistem berbayar lebih tangguh.

Jika ERP gratis misalnya mungkin sering kali tidak responsif atau mungkin sering mengalami gangguan, maka untuk sistem ERP karena memiliki technical support yang selalu siap membantu klien, maka kinerjanya pun akan lebih baik. Selain itu, untuk sistem ERP yang gratis, kita mungkin akan kesulitan untuk mengintegrasikannya dengan bisnis kita. Lain halnya dengan yang berbayar karena memang ada support untuk membantu penerapannya pada bisnis kita.

Sementara dilihat dari tempat server sistem ERP ini, ada dua jenis aplikasi ERP yaitu:

1. ERP Lokal Server (on premise). Artinya sistem ERP tersebut disimpan pada server dan komputer perusahaan Anda.

Tapi jika memilih penerapan ERP model ini, investasi awal yang perlu dilakukan sangat besar. karena Anda perlu membeli hardware serta perangkat IT yang dibutuhkan. Belum lagi soal maintenance-nya

2. Cloud ERP. Nah, untuk model ERP kedua adalah yang menggunakan sistem cloud ERP. Artinya software tersebut ada server penyedia dan kita bisa langsung mengaksesnya melalui web browser. Jadi lebih praktis.

Keuntungan lainnya jika memilih model ini adalah biaya lebih terprediksi. Biaya awalnya pun lebih murah dan kita sebagai pemilik usaha tidak perlu berinvestasi untuk membeli server sendiri. Jadi kita cukup menggunakan aplikasi ERP terbaik dan kita bisa langsung merasakan manfaatnya.

Dari sisi keamanan juga lebih terjamin karena keamanan akan langsung ditangani oleh vendor penyedia ERP tersedia. Kita sebagai user tidak perlu ribet dengan urusan tersebut.

Dari banyak pengalaman, penggunaan cloud ERP terbaik ini juga lebih stabil. Artinya, kita sebagai pengguna bisa lebih puas saat menggunakannya

Nah, itulah beberapa jenis sistem ERP yang ada serta keuntungan yang bisa kita dapatkan jika memilihnya.

Rekomendasi Software ERP Terbaik di Indonesia

Bagi Anda yang mencari referensi software Cloud ERP yang terjangkau tapi memiliki performa hebat, SystemEver bisa menjadi pilihan.

SystemEver adalah software ERP Terbaik di Asia Tenggara. Dengan pengalaman yang begitu teruji, software ini mampu mendukung bisnis Anda agar memiliki proses bisnis yang lebih rapi dan efisien.

Beberapa keunggulan layanan sistem ERP SystemEver adalah.

1. Andal

Soal keandalan sudah banyak diakui. Sebab SystemEver sudah berkecimpung di bisnis ini lebih dari 27 tahun. Survive dalam waktu yang lama tersebut menjadi bukti tersendiri kualitas sistem ERP SystemEver.

2. Akses dari Berbagai Perangkat

Menggunakan software ERP dari perusahaan ini membuat Anda bisa melakukan monitoring kapanpun. Karena Anda bisa mengakses sistem ERP tersebut melalui tablet, laptop, desktop dan juga smartphone Anda. Jadi sekalipun misalnya Anda tengah melakukan perjalanan ke luar negeri, Anda tetap bisa memantau kondisi usaha Anda dengan gampang.

3. Berbasis Cloud

Jika Anda mencari software ERP murah, SystemEver termasuk di dalamnya. Sebab sistem ERP yang dikenbangkan berbasis cloud. Dengan begitu, setiap pelanggan bisa mudah untuk memulai penerapan aplikasi ERP ini.

Jika dulu mungkin orang ketika berbicara tentang ERP identik dengan hal yang mahal, tapi kini berkat terobosan cloud ERP SystemEver, hal itu menjadi tidak relevan lagi. Saat ini UKM bisa meningkatkan sistem bisnisnya menggunakan ERP dengan biaya terjangkau.

4. Integrasi Proses Bisnis

Mungkin Anda sudah lama ingin membuat sistem yang efisien untuk bisnis Anda. Hal itu mungkin lewat penerapan ERP. Dengan menggunakan SystemEver, Anda bisa mengintegrasikan manajemen pabrik, Supply Chain Management (SCM), sistem payroll, sistem penjualan, hingga sistem akuntansi.

Dulu mungkin Anda akan mengira untuk mengintegrasikan semua sistem itu terasa ribet. Tapi kini pandangan itu akan berubah dengan penerapan ERP SystemEver.

5. Lebih Efisien

Proses bisnis Anda menjadi lebih efisien. Dengan database yang teratur memudahkan Anda juga untuk mengetahui informasi yang dibutuhkan secara mudah dan cepat. Tentu Anda juga sadar bahwa efisiensi itu begitu penting karena sangat ber-impact terhadap bisnis Anda.

6. Meningkatkan Kolaborasi

Bagi Anda yang memiliki usaha dengan department dan karyawan yang begitu banyak, jika tidak ada kerapian dalam database maka hal itu bisa memicu terjadinya kesemrawutan. Sebaliknya jika database yang ada bisa diintegrasikan, hal itu bisa meningkatkan kolaborasi antar bidang. Dengan demikian, tingkat sinergi antar-karyawan akan lebih kencang.

7. Memacu Produktivitas

Sistem ERP produktif memangkas cara-cara tradisional yang banyak makan waktu, tidak efisien, dan berpotensi menimbulkan banyak error. Dengan ERP, laporan yang Anda butuhkan bisa tersedia secara realtime.

Sudah saatnya memang pelaku usaha level apapun untuk selalu berupaya meningkatkan kemajuan bisnisnya. Salah satu langkah yang penting dilakukan adalah dengan menerapakan sistem ERP ke dalam perusahaan. Anda bisa mencoba https://systemever.co.id/ untuk mewujudkan hal ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.