Akpelni – Akademi Pelayaran Niaga

AKPELNI adalah perguruan tinggi bahari di Kota Semarang. Terletak  di Jl. Pawiyatan Luhur II/17 Bendan Dhuwur (daerah Sampangan) Semarang, dapat ditempuh hanya 15 menit dari pusat kota.

Lokasinya diatas bukit, sebelah selatan Tugu Muda (sekitar 7 km) berada di tepi salah satu jalur utama menuju kampus Universitas Negeri Semarang. Selain itu, kampus AKPELNI juga berada di dekat kantor Kopertis Wilayah VI, Semarang Growth Centre, juga sejumlah  PTS besar seperti UNIKA Soegijopranoto, IKIP Veteran, UNISBANK, UNTAG dan STIPER Farming sehingga mudah dijangkau.

AKPELNI Membuka 3 (tiga) program studi dengan jenjang Diploma III sesuai dengan ijin penyelenggaraan Program Studi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, yaitu Nautika, Teknika, dan Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhanan.

Khusus untuk Program Studi Nautika dan Teknika, selain ijin penyelenggaraan Program Studi dari Dikti, juga sudah di approval dari Direktorat Jenderal Pehubungan Laut, dimana kompetensi lulusannya sebagai Ahli Nautika Tingkat III dan Ahli Teknika Tingkat III diakui secara internasional.

Kurikulum yang diterapkan di AKPELNI mengacu pada 2 (dua) departemen, yaitu Departemen Pehubungan untuk kurikulum profesi pelaut serta Departemen Pendidikan Nasional untuk kurikulum Diploma.

Kurikulum untuk profesi mengacu ketentuan pemerintah melalui Departemen Perhubungan khususnya Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Direktorat Jenderal Perhubungan Laut sesuai STCW 95 dan Quality Standard System sesuai persyaratan International Maritime organization (IMO).

Sedangkan pada jenjang Diploma, AKPELNI mengikuti ketentuan Departemen Pendidikan Nasional dalam hal ini Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.  Syarat lulus Diploma dari AKPELNI harus menempuh beban 110-120 SKS yang disajikan selama 6 (enam) semester.

AKPELNI – Akademi Pelayaran Niaga
Jl. Pawiyatan Luhur II/17 Bendan Dhuwur Semarang
Telepon:(0)24 844 6272
Website:www.akpelni.ac.id

SEJARAH VISI DAN MISI | PROGRAM STUDI | KEUNGGULAN| PRESTASI | BIAYA KULIAH |  

42 comments on “Akpelni – Akademi Pelayaran Niaga
  1. BAHARI ADHI GUNA
    Dengan semangat,kerja keras,tekad,dan perjuangan dari cifitas akademika
    yang sesuai dengan logo serta semboyan BAHARI ADHI GUNA,maka jayalah AKPELNI,itu milik ku,itu milik kamu dan itu milik kita. Maka darei itu mari kita semua akan merasa bangga dan bergetar….bergetar…. bila di sebut dengan nama AKPELNI…..dan badan terasa ringan bagaikan tak terinjak bumi ……. Ayoooooo………ayoooooooo………
    ayoooooo…….harumkan nama ku.nama kamu dan nama kita……… Busungkan dada kita dengan logo A K P E L N I Mari kita tatap ke depan dengan tatapan BAHARI ADHI GUNA

  2. mohon penjelasan, pendaftaran masuk akademi akpelni pkai nilai raport apa nggak.? tolong cara dan syarat masuk akpelni lebih jelas dan detail.
    terima kasih

  3. Salam sukses semoga akpelni tetap eksis dan tambah jaya. Tapi ada satu hal yang perlu ditingkatkan, yaitu pengurusan ijazah ant III maupun att III kiranya tidak terlalu lama (sampai ber bulan2) yang bisa mengakibatkan para alumni stres menunggu…. hal ini juga membawa kesan negatip seolah akpelni tidak profesional…. Kalo memang ada prostap dalam pengurusan ijazah kiranya orang tua wali diberi informasi agar tdk salah persepsi…. tank’s

  4. sya mau tanya,,,,
    berapa biaya pendaftaran d sana,,,
    terus setelah lulus dri sana mendapat sertifikat apa saja??????????
    tlong d blas,,,,

  5. Kak,saya mau tanya,.
    Apakah dari Sekolah SMK perikanan bisa daftar ke Universitas Pelayaran semarang ga.
    Soalnya saya tanya sama guru-gutu produktifnya ga bisa,dan baru baru ini(tepatnya bulan januari 2013),alumni SMKN1 Tanjung Balai yang masuk ke Universitas Pelayaran Semarang mengatakan Ijazah SMKN1 Perikanan tidak berlaku untuk daftar ke Unifersitas Pelayaran,..
    masih harus ambil paket C lagi.
    Padahal kan tentang pelayaran juga.

    Tolong di balas ya Kakak.
    by :Anggiat Parasion Purba
    Seklolah:SMKN1 Perikanan dan pelayaran
    Tanjung Balai
    Jurusan:NKPI(Nautika Kapal Penangkap Ikan)

  6. Kak mau nanya,
    Apakah Ijazah SMK Perikanan dan Pelayaran Jurusan NKPI bisa daftar masuk Akademi Pelayaran Semarang ga kakak.
    soal nya Kata kakak alumni dari SMKN1 Perikanan Dan Pelayaran Tanjung Balai Yang masuk Ke Akademi pelayaran Semarang,”Tidak bisa ijazah SMK Perikanan dan Pelayaran Tanjung balai untuk mendaftar,Harus Ambil Paket C lagi”.

    Jadi Saya ingin Kepastiannya.
    Thank.

    By :anggiat parasion purba
    sekolah :SMKN1 perikanan dan PElayaran
    tanjung balai
    Jurusan:NKPI(Nautika Kapal Penangkap IKan)

  7. assalamualaikum ka..
    saya mau tanya kaalau pendaftaran AKPELNI tahun 2013 itu kapan ea….
    terus persyaratannya tu pha ja…
    perkara yang lebih di penting kan dalam mendaftar akpelni itu pha…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *