Akpelni – Akademi Pelayaran Niaga Indonesia

AKPELNI adalah perguruan tinggi bahari di Kota Semarang. Terletak  di Jl. Pawiyatan Luhur II/17 Bendan Dhuwur (daerah Sampangan) Semarang, dapat ditempuh hanya 15 menit dari pusat kota.

Lokasinya diatas bukit, sebelah selatan Tugu Muda (sekitar 7 km) berada di tepi salah satu jalur utama menuju kampus Universitas Negeri Semarang. Selain itu, kampus AKPELNI juga berada di dekat kantor Kopertis Wilayah VI, Semarang Growth Centre, juga sejumlah  PTS besar seperti UNIKA Soegijopranoto, IKIP Veteran, UNISBANK, UNTAG dan STIPER Farming sehingga mudah dijangkau.

AKPELNI Membuka 3 (tiga) program studi dengan jenjang Diploma III sesuai dengan izin penyelenggaraan Program Studi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, yaitu Nautika, Teknika, dan Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhanan.

Khusus untuk Program Studi Nautika dan Teknika, selain ijin penyelenggaraan Program Studi dari Dikti, juga sudah di approval dari Direktorat Jenderal Pehubungan Laut, dimana kompetensi lulusannya sebagai Ahli Nautika Tingkat III dan Ahli Teknika Tingkat III diakui secara internasional.

Kurikulum yang diterapkan di AKPELNI mengacu pada 2 (dua) departemen, yaitu Departemen Pehubungan untuk kurikulum profesi pelaut serta Departemen Pendidikan Nasional untuk kurikulum Diploma.

Kurikulum untuk profesi mengacu ketentuan pemerintah melalui Departemen Perhubungan khususnya Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Direktorat Jenderal Perhubungan Laut sesuai STCW 95 dan Quality Standard System sesuai persyaratan International Maritime organization (IMO).

Sedangkan pada jenjang Diploma, AKPELNI mengikuti ketentuan Departemen Pendidikan Nasional dalam hal ini Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.  Syarat lulus Diploma dari AKPELNI harus menempuh beban 110-120 SKS yang disajikan selama 6 (enam) semester.

AKPELNI – Akademi Pelayaran Niaga
Jl. Pawiyatan Luhur II/17 Bendan Dhuwur Semarang
Telepon:(0)24 844 6272
Website:www.akpelni.ac.id

SEJARAH VISI DAN MISI | PENDAFTARAN 2016KEUNGGULANBIAYA KULIAH

48 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.