6 Es Teh Segar Paling Nikmat

es teh

Es teh merupakan salah satu minuman favorit orang Indonesia. Tak hanya melulu dengan mengkombinasikan teh, gula beserta es, ternyata banyak modifikasi minuman teh yang dibuat untuk disajikan dingin.

Apa saja ya? Yuk simak daftarnya di bawah ini.

1. Es teh tarik

Minuman ini asalnya dari negara tetangga kita, Malaysia. Secara singkat, minuman ini dikombinasikan dengan susu.

Cara membuatnya sebetulnya amat mudah. Bisa pakai teh celup seperti Sariwangi yang kemudian dikombinasikan dengan susu dan air secukupnya. Lalu tinggal dicampurkan semua bahan itu dan ditambahkan dengan es batu.

Minuman ini pun sudah siap untuk disajikan.

2. Thai iced tea

Ini varian lainnya yang bisa kamu coba. Sesuai namanya, teh ini berasal dari Thailand. Di Indonesia, minuman ini cukup favorit.

Sepintas mungkin mirip dengan teh tarik yang disebutkan pada poin pertama. Tapi ada perbedaannya yaitu dengan digunakannya rempah.

Resep minuman teh ini dilengkapi dengan daun teh kering khas Thailand. Lalu sebagai tambahannya adalah dengan menggunakan susu kental manis dan susu evapoir.

Membuat es teh Thailand sangat mudah. Saat memanaskan air, kita kemudian bisa tunggu dulu sampai uapnya menghilang. Lalu setelah itu bisa kita masukkan daun teh kering dan tunggu hingga nantinya air teh menggelap.

Setelah itu, baru kita saring air teh tadi. Sebagai tambahannya kita bisa masukkan susu evapoir serta susu kental manis. Lalu tinggal ditambahkan es batu. Selesai dan es teh ala Thailand ini pun siap untuk dinikmati.

3. Es Teh Campuran Lemon

Kalau yang satu ini menempatkan sebagai jeruk lemon sebagai pembedanya. Untuk melakukan
olahan teh kekinian ini mudah saja. Kita bisa membuat teh seperti biasa dan setelah itu kita bisa campurkan dengan jeruk lemon.

Lalu tinggal ditambahkan dengan es dan minuman ini siap untuk disajikan. Ini termasuk resep teh enak yang disukai banyak orang. Paling pas minum es teh varian ini saat siang atau malam hari.

4. Es Teh Jahe

Kalau ingin coba yang beda, bisa coba untuk membuat es teh dengan campuran jahe. Boleh gunakan jahe asli atau yang sudah berupa sirup.

Kalau ingin lebih simpel bisa gunakan sirup jahe saja. Tapi kalau di rumah tidak tersedia, bisa gunakan jahe biasa saja.

Cara membuat es teh jahe ini seerti biasanya. Cuma nantinya hanya ditambahkan dengan jahe. Rasanya seru dan unik. Ada rasa pedas dari jahe yang berpadu dengan rasa dingin es.

5. Es Teh Hijau

Coba juga untuk menjajal resep teh kekinian dengan memakai teh hijau sebagai bahan untuk membuat es teh.

Cara membuatnya seperti biasa saja. Tinggal gunakan teh hijau sebagai bahan utamanya. Boleh ditambahkan dengan gula. Atau kalau ingin bereksperimen lebih jauh juga bisa dengan menambahkan irisan lemon sebagai penghias agar minuman ini terlihat lebih cantik.

6. Es Lemon Mandarin

Untuk membuat resep es teh segar ini diperlukan jeruk mandarin. Bahan lainnya seperti biasa yaitu gula pasur dan teh celup.

Cara membuatnya, kita bisa buat lebih dulu es batu mandarin. Caranya, jeruk mandarin ini kita bisa masukkan ke dalam kantong plastik dan simpan di dalam freezer.

Lalu untuk tehnya, kita bisa buat dari teh celup Sariwangi dan buat teh seperti biasa. Lalu setelah itu, tinggal kita padukan saja. Maka jadilah es teh lemon mandarin yang lezat dan nikmat.

Sebetulnya selain 6 jenis es teh di atas, kita juga bisa kombinasikan dengan bahan lainnya. Mungkin kamu juga ingin coba untuk bereksperimen dengan membuat es teh rambutan atau bahkan es teh durian. 😀 Coba aja siapa tahu rasanya enak!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.