5 Tips Membeli Headset untuk Bermain Game

headset

Kamu suka bermain game? Kalau begitu kamu pasti punya headset gaming. Alat ini bisa membantu kamu agar bisa lebih fokus saat bermain game.

Masalahnya, khususnya bagi kamu yang masih pemula, terkadang tak mudah untuk memilih headset gaming yang tepat. Lalu bagaimana solusinya?

Mungkin di awal, kamu akan menjadikan hal-hal berikut ini sebagai pertimbangan saat ingin membeli headset gaming:

  • Harga
  • Kualitas suara
  • Mudah dibawa
  • Kenyamanan saat headset ini dipasang di telinga

Sebetulnya beberapa kriteria tersebut bisa cukup membantu kamu agar bisa mendapatkan headset terbaik. Tapi sebetulnya tak hanya itu, kamu pelru lebih jauh melakukan beberapa pertimbangan yang lebih matang agar kamu benar-benar bisa mendapatkan headset game yang paling baik.

Nah, berikut ini beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Beberapa poin ini juga sudah disebutkan pada beberapa poin di atas.

1. Kualitas Suara

Ini yang paling utama karena orang membeli headset tentu ingin merasakan kualitas suaranya. Apalagi untuk bermain game, kualitas suara ini akan ikut menentukan kenyamananmu saat bermain game.

Kualitas suara ini juga yang menjadi pembeda antara headset murah dan headset mahal. Headset yang bagus akan mengeluarkan suara bass yang mantap. Headset yang berkualitas jelas juga bisa meredam suara dari luar sehingga kamu hanya bisa mendengarkan suara yang keluar dari headset itu saja. Dengan suara headset yang bagus, kamu pun bisa merasa lebih nyaman. Moddmu akan terangkat saat misalnya kamu mendengarkan musik.

2. Ada Microphone

Ini hal yang penting. Kamu perlu pastikan headset yang ingin kamu beli memiliki microphone. Ya, beberapa headset hanya memiliki headset saja dan tidak memiliki microphone.

Lebih baik memiliki headset yang ber-microphone. Karena saat kamu bermain game tertentu, khususnya yang berbentuk tim, kamu akan perlu berkoordinasi dengan gamers lainnya. Nah, dengan adanya microphone itu kamu bisa melakukan komunikasi itu dengan lancar.

3. Nyaman Dipakai

Ya, ini juga hal yang sangat penting. Sebab orang memakai headset itu bisa sampai berjam-jam. Kalau headsetnya tidak nyaman bisa bikin sakit telinga.

Kenyamanan sebuah headset itu ditentukan dari bahan pembuatnya. Bahannya harus lembut dan nyaman dipakai. Karena itu, memang sebaiknya kamu mencoba langsung saat ingin membeli headset. Terkecuali kamu sudah memiliki merk headset favorit yang selama ini menurutmu nyaman dipakai, maka kamu pun bisa melakukan pembelian secara online.

Kenyamanan headset ini jjuga terkait dengan ukurannya. Headset itu harus sesuai dengan ukuran kepalamu sehingga kamu merasa nyaman memakainya. Secara bentuk, biasanya headset berukuran besar yang akan nyaman.

4. Berkabel atau Wireless

Kalau soal memilih headset wireless atau kabel itu sebetulnya soal selera saja. Mungkin sebagaian orang akan lebih suka untuk memilih headset berkabel karena terkait kestabilan suara yang diterima. Tapi ada juga yang lebih suka headset wireless karena dipandang lebih praktis. Ya, jadi untuk poin ini kamu bisa bisa pilih sesuai selerama saja.

5. Harga

Tak pelak harga pasti akan berpengaruh terhadap kualitas. Kalau kamu pengen merasa nyaman, kamu bisa beli untuk headset yang harganya mulai dari harga Rp 500 ribuan. Tapi kalau memang kondisi kocek sedang tidak memadai, ya bolehlah beli yang harganya sekitar Rp 100 ribui sampai Rp 200 ribuan.

Tapi jika kamu memang serius sebagai gamers, disarankan kamu berinvestasi dengan membeli peralatan, termasuk headset yang berkualitas. Sebab nantinya bakal kamu rasakan sendiri perbedaannya.

Nah, itulah kira-kira lima tips yang bisa kamu pakai ketika hendak membeli headset gaming. Tentu saja, tips ini juga bisa kamu pakai jika ingin membeli headset biasa.

Staytune terus di PortalSemarang untuk mendapatkan info-info terbaru yang menarik ya.

credit image: cnbc

1 Comment

  1. ukeyyid

    October 31, 2019 at 10:58 am

    tips nya mantap , trima kasih atas pencerahannya jadi tau jenis headset yg bagus dan ngk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.