3.131 Mahasiswa Unnes PPL di 8 Derah

SEBANYAK 3.131 mahasiswa semester gasal 2011 Unnes dilepas untuk mengikuti Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di sejumlah sekolah mitra yang tersebar di delapan kota/kabupaten. Pelepasan dilakukan oleh Pembantu Rektor Bidang Akademik (PR I) Agus Wahyudin MSi,  Senin (8/8), pagi tadi di halaman rektorat kampus Sekaran.

Mereka terdiri atas mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) sebanyak 563 orang, FBS (683 ), FIS (368), FMIPA (452), FT (341), FIK (443), dan FE (309).

“Indikator sebagai guru yang berkualitas, guru yang bermutu, guru yang berkarakter, guru yang bermartabat yang sudah ditetapkan secara nasional adalah Saudara dituntun memiliki empat kompetensi, yakni kompetensi profesional,  pedagogik, sosial, dan kompetensi personal,” kata Agus Wahyudin MSi.

Karena itu, PR I berpesan kepada para calon praktikan agar melakukan apresiasi dalam komunitas di lingkungan sekolah masing-masing.

“Saudara tidak mungkin hanya memiliki tiga aspek kompetensi tanpa ditopang oleh pribadi yang luhur, pribadi yang jujur, yang penuh dengan pengabdian, disiplin, dan tanggung jawab. Empat elemen itu akan menjadikan harga diri Saudara diterima, dihormati, dan diapresiasi oleh seluruh masyarakat khususnya para siswa saudara,” katanya.

Kepala Pusat PPL Unnes Masugino,melporkan  sebelum diterjunkan ke sekolah peserta PPL telah melalui micro teaching pada  tanggal 18 – 29 Juli 2011, pembekalan PPL 3-5 Agustus, observasi dan orientasi PPL sekolah mitra 8-22 Agustus. Menurut rencana praktik mengajar di sekolah mitra akan dilaskanakan 23 Agustus sampai 16 Oktober 2011.

Lanjut Masugino, ada delapan kota/kabupaten yang dijadikan lokasi PPL, yaitu  Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kota Magelang, Kabupaten Magelang, Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal, Kabupaten Kudus, dan Kota Tegal. PortalSemarang.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.