Magister Kenotariatan Unissula Dibuka, Anda Berminat?

Fakultas Hukum Unissula resmi melaunching Program Magister Kenotariatan (M.Kn) baru baru ini. MKn didirikan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 441/E/O/2012 Tentang Penyelenggaraan Program Studi Kenotariatan (S-2) 27 Desember 2012.

Program Studi M.Kn sampai saat sekarang  ini terhitung masih  langka. Oleh karena itu, dituntut seluruh civitas akademika memiliki komitmen yang tinggi di bidang keilmuan, wawasan, pandangan, dan peka terhadap isu-isu hukum baik skala lokal, regional, nasional maupun pada skala global-international.

Di samping itu, harus dapat merefleksikan nilai-nilai moral akademik yang Islami, paradigma keilmuan yang mapan dan jelas, sehingga terbentuk karakteristik keilmuwan tersendiri, outputnya mampu memberikan solusi atas problem-problem hukum di bidang kenotariatan yang terjadi dalam masyarakat.

Oleh karena itu, kebutuhan akan SDM yang handal dibidang ilmu Kenotariatan, dengan kualifikasi penguasaan pengetahuan teoretik dan keterampilan dalam pembuatan bermacam perjanjian/kontrak dan akta semakin meningkat seiring dengan peningkatkan pemahaman hukum masyarakat.

Peluang inilah yang mendorong Fakultas Hukum Unissula untuk mendirikan Program Studi Magister (S.2) Kenotariatan (M.Kn). Didukung oleh sumber daya insani, sarana serta prasarana yang telah dimiliki. Program Studi M.Kn didirikan untuk memenuhi kebutuhan pangsa pasar akan Pendidikan Magister Kenotariatan. Kulusan program ini diharapkan mampu memiliki kompetensi akademik, keahlian dan keterampilan khusus sebagai Pejabat Umum Pembuat Akta Tanah (PPAT) maupun pelaksana hukum  professional.

Program M.Kn FH Unissula tidak hanya menerima Sarjana Hukum (SH) saja akan tetapi juga menerima Sarjana Hukum Islam (SHI). Program perkuliahan terdiri dari 4 semester dengan jumlah 46 SKS dari 48 SKS. Mata kuliah yang diberikan sesuai dengan kondisi zaman, misalkan di era cyber ini maka mata kuliah Cyber​​International Business mengingat banyaknya pandangan perjanjian atau akad dilakukan melalui dunia maya.

 

12 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.