Undip Buka Hubungan Internasional, Siapa Berminat?

MULAI tahun ajaran baru 2011-2012 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Diponegoro (Undip)  membuka program studi Hubungan Internasional (HI). Sebagai  prodi baru, tahun ini Undip  akan menerima 100 – 150 mahasiswa. Program ini diharapkan mampu membantu pemerintah dalam penyediaan sumber daya manusia (SDM) di bidang politik, diplomat yang handal saat ini dan masa–masa akan datang.

Rektor Undip Soedharto P Hadi mengatakan,  di era global saat ini Indonesia sangat mutlak membutuhkan sumber daya manusia yang profesional di bidang diplomasi, perdagangan, politik dan pendidikan baik di level nasional dan internasional. Kebutuhan tenaga ahli di bidang politik memang saat ini masih sangat kurang. Sejauh ini baru beberapa perguruan tinggi saja yang membuka Prodi HI, antara lain Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta dan Universitas Indonesia (UI) Jakarta.

“Sejalan dengan obsesi Undip sebagai world class university 2020, maka Undip siap menjadi rujukan dari berbagai perguruan tinggi di luar negeri. Belakangan ini Undup juga mendapatkan tawaran dari beberapa perguruan tinggi di luar negeri seperti dari Eropa, Jerman, Spanyol, Austria dan negara-negara ASEAN untuk mengirim mahasiswa ke negara –negara tersebut, begitu pula sebaliknya. Artinya, Undip sudah diperhitungkan di kancah internasional dengan sangat  baik,” ujat Soedharto.

Sebagai tindak lanjut dari rencana tersebut, mulai tanggal  23 – 29 Juni mendatang Undip sudah mulai membuka pendaftaran mahasiswa baru HI di Kampus Undip Tembalang. Untuk itu, para calon mahasiswa yang berminat agar segera mendaftarkan diri ke panitia seleksi masuk HI Undip ini. Karena jumlah kursi terbatas, maka panitia menghimbau para calon mehasiswa untuk mengakses di internet. PortalSemarang.Com


Comments on Facebook


Get Widget