Stasiun Poncol Semarang

Stasiun Poncol Semarang adalah salah satu dari dua stasiun kereta api di kota Semarang. Stasiun lainnya adalah Tawang yang terletak di komplek Kota Lama Semarang.

Stasiun Poncol dibangun tahun 1914 di Kelurahan Purwosari, Semarang Utara.

Stasiun ini semula milik SCS (Semarang-Cheribon Stoomtram Maatschappij), terletak di jalan Poncol. Stasiun ini kini menjadi tempat naik-turun kereta api kelas ekonomi.

Alamat: Jl. Imam Bonjol No.115 Semarang | Nomor Telepon: 024 3544496, 3556985, 3585092

Stasiun Poncol dibangun oleh Henry Maclaine Pont, seorang arsitek jaman Belanda yang banyak berkiprah pada dunia arsitektur Indonesia. Bangunan mempunyai integritas langgam arsitektur yang mengarah ke internasional Style, sesuai dengan zamannya dan mendirikan type bangunan perangkutan pada era modern.

Sebagai salah satu bangunan yang mewakili karya Maclaine Pont yang sedikit di Nusantara, bangunan Stasiun Poncol merupakan bangunan stasiun dengan kesinambungan fungsi yang masih dapat dilihat hingga kini.

Hingga saat ini bangunan asli Stasiun Poncol masih dipertahankan. Perubahan hanya dilakukan di halaman depan karena kerap tergenang rob. Memang, salah satu keunikan Stasiun Poncol adalah terletak di ketinggian yang lebih rendah dari permukaan laut.

Akibatnya, jika musim hujan tiba, halaman terendam banjir. Beberapa kali, bahkan, penumpang yang akan membeli tiket harus berjalan dengan bangku yang dijejer untuk menghindari genangan.

Sejak awal 2011 PT Kereta Api (KA) Daerah Operasi (Daops) IV Semarang memprioritaskan pembenahan Stasiun Poncol Semarang untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pengguna jasa KA. “Rencana pembenahan stasiun sudah berjalan dan tahap pertama yakni membenahi Stasiun Poncol,” kata Humas PT KA Daops IV Semarang, Warsono di Semarang, Kamis.

Warsono mengatakan, dengan penataan tersebut diharapkan Stasiun Poncol Semarang lebih representatif untuk pengguna jasa transportasi KA.

“Setelah pembenahan di Stasiun Poncol selesai, maka secepatnya dilanjutkan ke Stasiun Tawang. Kami perkirakan Maret 2009 pembenahan di Stasiun Poncol sudah selesai,” katanya, seperti dikutip AntaraJateng.Com. PortalSemarang.Com

  OBJEK WISATA | HOTEL & PENGINAPAN | KULINER | TOUR AND TRAVEL TENTANG STASIUN PONCOL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>