IKIP Veteran Semarang

ikip-veteran

IKIP Veteran Semarang adalah salah satu Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). Keberadaannya didasarai oleh kesadaran bahwa keberadaan guru bagi suatu bangsa amatlah penting. IKIP Veteran Semarang berkomitmen  untuk menyiapkan tenaga professional di bidang pendidikan yang bisa menjawab tantangan pendidikan saat ini.

Hal ini dibuktikan dengan  peningkatan pada kualitas perkuliahan, sistem pengajaran dan fasilitas-fasilitas yang terus ditingkatan serta peningkatan dalam membudayakan iklim akademik dengan melakukan kajian, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat

IKIP Veteran bermula dari IKIP Negeri Yogyakarta yang membuka IKIP Extension Yogyakarta program doktoral di Semarang pada tanggal 25 Februari 1965. Jurusan yang pertama kali diselenggarakan adalah Ekonomi Perusahaan, Ekonomi Koperasi, Sejarah, Civic Hukum, Inggris dan Seni Rupa dengan jenjang Sarjana Muda.

Saat ini IKIP Veteran membuka 3 fakultas dengan total delapan program studi. Selain itu, IKIP Veteran Semarang juga membuka delapan program extension.

Fakultas Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Sosial  (FPIPS) terdiri dari 4 jurusan, yakni jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, dan Jurusan Pendidikan Sejarah.

Fakultas Ilmu Pendidikan mengelola dua jurusan, yakni Jurusan Bimbingan dan Konseling dan Jurusan Teknologi Pendidikan. Sementara Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan juga membuka dua jurusan, yakni Jurusan Teknik Mesin dan Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan.

Hingga saat ini pun, IKIP Veteran Semarang terus berkembang untuk  menyelenggarakan pendidikan keguruan  yang berorientasi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta berwawasan nasional dan berkarakter al-akhlak al-karimah.

Civitas IKIP Veteran Semarang berpandangan bahwa semakin baik kualitas para guru dalam melaksanakan fungsinya, semakin terjamin pula kesiapan sebuah masyarakat untuk membangun negaranya.

Keberadaan IKIP Veteran Semarang diharapkan dapat menjawab kebutuhan untuk terlaksananya  pembangunan nasional khususnya pembangunan sumberdaya manusia Indonesia dengan  mengembangkan potensi SDM dan memupuk sikap terbuka, responsif dan sensifitas terhadap problem kependidikan nasional serta  menyiapkan tenaga pendidik yang berkualitas untuk kebutuhan pendidikan  khususnya di Jawa Tengah dan seluruh daerah di Indonesia.

IKIP Veteran Semarang
Jl. Pawiyatan Luhur IV No.17, Semarang, Jawa Tengah
Telepon: 024-8316105 / 8316118
Fax: 024-8316105
Email: info@ikip-veteran.ac.id

 SEJARAH PROGRAM STUDI | KEUNGGULAN BIAYA KULIAH | ARSIP IKIP VETERAN

3 Comments

  1. Sophia Ogden Bartaserlo

    February 14, 2012 at 11:08 am

    Isu penting TIK di lembaga pendidikan adalah masalah Kurikulum TIK dan Ketersediaan tenaga Guru TIK untuk pengajarannya di sekolah sekolah.

  2. nur fa'izin

    April 1, 2013 at 8:38 am

    Teknik pemesinan d buka pendaftaran mulai kapan….? Dan berapa biayanya?

    • anggoro

      June 4, 2013 at 5:27 pm

      kalo mau ndaftar pake ijasah sementara boleh ngga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>