RS Elisabeth Semarang

RS Elisabeth adalah rumah sakit Katolik yang terletak di Jalan Kawi, Semarang. Didirikan pada 3 September 1923 atas keprihatinan para suster St. Fransiskus di Indonesia. Sebab, saat itu di Semarang hanya ada dua rumah sakit sehingga tidak cukup menampung warga yang sakit.

Saat itu para suster mengumpulkan dana dari para sosiawan, pemerintah kota praja Semarang serta dari pusat Suster-suster St. Fransiskus. Dana yang terkumpul digunakan untuk membeli tanah seluas 34.000 m2 di daerah perbukitan Candi Baru.

RS Elisabeth Semarang
Alamat: Jl. Kawi No. 1  Semarang | Nomor Telepon: (024) 8310076, 8310035  | Nomor Fax: (024) 8413373 | Website: www.elisabeth.or.id

Namun, pembangunan gedung RS Elisabeth bukan tanpa kesulitan. Sejak peletakan batu pertama pada tanggal 9 Maret 1926 oleh Mgr.APF Van Velsen SJ, pembangunan dilaksanakan oleh 3 kontraktor yaitu Ir.Karsten, Ir.Zoetmulder, Ir.Peters dan Ir. Keliverda. Harga bahan bangunan mengalami kenaikan luar biasa pada masa pembangunan Ir.Kersten, sehingga dibutuhkan dana tambahan yang cukup besar.

Berkat karunia Tuhan pembangunan gedung dapat selesai pada tanggal 8 Agustus 1927. Berbagai persiapan menjelang peresmian dilaksanakan antara lain dengan menempatkan 50 tempat tidur dan peralatan-peralatan lainnya.

RS Elisabeth resmi dibuka 18 Oktober 1927 bertepatan dengan pesta St.Lucas sebagai pelindung profesi kedokteran. Pada masa pendudukan Jepang, RS St. Elisabeth diambil alih dan dijadikan kantor militer. Para suster Belanda ditawan dan 9 orang diantaranya meninggal di kamp tawanan.

RS St. Elisabeth diserahkan kembali pada tanggal 1 September 1945 dalam keadaan porak poranda dan kekurangan tenaga. Menyaksikan kenyataan ini, para suster harus bekerja keras. Secara resmi pada tanggal 3 September 1945 Sr. Charitas Lammerink bersama 2 suster lainnya memulai karya rumah sakit lagi hingga besar seperti saat ini.

Pada tahun 2009 RS Elisabeth menerima akreditasi penuh tingkat lengkap dari Departemen Kesehatan RI. Tidak lama kemudian, RS Elisabeth menerima penghargaan dari Walikota Semarang sebagai Peringkat I (Satu) Evaluasi Rumah Sakit Sayang Ibu Bayi Tingkat Kota Semarang.

 

SEJARAH | PROFIL DOKTERRAWAT JALAN | RAWAT INAP | FASILITAS ARSIP RS ELISABETH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


Get Widget