Ide Usaha Kecil, Unik, Kreatif yang Menguntungkan di Semarang

usaha semarang

Kamu tinggal di Semarang? Kamu ingin memulai usaha? Sedang cari ide usaha yang mudah dilakukan tapi memberikan keuntungan BESAR? Kira-kira ide bisnis apa yang seperti ini ya?

Nah, langsung simak deh beberapa ide untuk menjalankan usaha yang bisa kamu lakukan dengan mendayagunakan potensi yang ada di Semarang.

1. Pemandu Wisata

Jago berkomunikasi dalam banyak bahasa? Ya, kamu bisa coba untuk menjalankan usaha untuk menjadi pemandu wisata.

Di Semarang banyak tempat wisata yang menarik seperti Lawang Sewu, Kampung Pelangi, Kota Lama dan banyak lagi destinasi lainnya.

Tugasmu sebagai pemandu wisata adalah memandu wisatawan yang datang agar lebih mengenal destinasi yang dikunjunginya. Kamu bisa cari referensi tentang tiap tempat wisata itu dan kemudian mulai berlatih seolah kamu sebagai seorang tour guide.

Selanjutnya kamu tinggal mempromosikan diri. Kamu bisa coba cari wisatawan asal luar negeri maupun dalam negeri yang butuh untuk ditemani saat berwisata di Semarang. Kamu bisa mempromosikan usaha tour guide di Semarang ini lewat internet. Mudah tho?

2. Usaha Parkir

Ya, jangan salah. Potensi usaha parkir ini sangatlah menjanjikan. Kamu bisa cari tempat usaha yang hendak buka dan tawarkan kepada pemiliknya untuk kamu bisa mengelola tempat parkir tersebut.

Modalnya pun hemat. Hanya butuh sempritan dan alat rambu. Kamu bisa mencarinya di toko terdekat atau mencarinya secara online.

Walaupun mungkin awalnya kamu menjalankan seorang diri, tapi nggak masalah. Kamu selanjutnya bisa coba buat sistem agar nantinya usaha parkir yang kamu rintis ini bisa makin membesar. Kamu perlu rekrut-rekrut orang yang bisa sevisi denganmu.

Agar usaha parkirmu pun beda, kamu bisa berikan service lebih. Misalnya petugas parkir nantinya tugasnya tidak hanya menjaga kendaraan, tapi sekalian dengan membersihkannya. Dengan modal kanebo dan kemoceng, kamu bisa menyingkirkan debu-debu yang menempel di badan kendaraan. Pemilik kendaraan pun pasti akan lebih senang.

3. Usaha Les dan Kursus Unik

Iya sih memang usaha sejenis ini sangat menjamur. Tapi misalnya kamu punya keahlian khusus seperti jago main sulap atau mungkin pintar merangkai bunga, atau mungkin jago masak, kamu bisa komersilkan keahlianmu ini.

Kamu bisa coba buat kursus sulap atau kursus memasak. Tak perlu pesimis dulu. Toh tidak ada ruginya untuk mencoba.

Atau kalau kamu lebih condong untuk membuka les-lesan mata pelajaran juga boleh. Kamu bisa rancang konsep yang menarik agar usaha kamu ini bisa berkembang pesat.

4. Berdagang Hasil Pertanian

Semarang juga punya potensi besar di bidang pertanian. Seperti misalnya kamu bisa membeli singkong dan mengolahnya menjadi cemilan. Atau sebaliknya kamu bisa datangkan bahan baku singkong ini dari luar kota dan menyalurkannya kepada produsen kripik singkong di Semarang.

Emang sih untuk usaha ini butuh modal. Tapi sekali lagi, jangan buat modal sebagai penghalang untuk mewujudkan mimpi yang kamu canangkan. Kamu bisa coba untuk memulai usaha ini secara kecil-kecilan. Walau dengan modal seadanya, asalkan kamu tahu cara untuk me-leverage bisnis kamu ini, insya Allah bakal lancar.

5. Palugada

“Apa loe mau, gue ada.” Pokoknya apa saja yang dibutuhkan orang, kamu bisa coba untuk menyediakannya. Kamu bisa memasarkannya untuk lingkup lokal, nasional atau bahkan internasional. Sekarang semua mungkin sebab ada internet. Jadi kamu bisa mendayagunakan pemasaran internet ini untuk mempromosikan apa saja yang kamu bisa jual. 😀

Ya, itulah beberapa ide usaha unik dan menarik bagi kamu yang ada di Semarang. Tentu saja ini juga usaha yang bisa dilakukan oleh kamu yang tinggal di Kendal, Batang, Demak, Wonosobo atau daerah-daerah lainnya.

Yang penting kamu teru semangat untuk berusaha dan mencoba. Pantang menyerah dan tidak mudah mengeluh adalah modal kamu untuk bisa menggapai kesuksesan berusaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.