Belajar Sejarah di Museum Ronggowarsito

JIKA Anda berpendapat wisata edukasi adalah penting, berkunjunglah ke Museum Ronggowarsito. Ini salah satu museum di Kota Semarang, selain museum Jamu Nyonya Mener dan Museum Mandala Bakti.Berbagai koleksi benda budaya Jawa tersimpan di sini.

Museum ini terletak di Jalan Abdulrahman Saleh Nomor 1 Semarang, persis di samping Bundaran Kalibanteng. Museum Ronggowarsito mempunyai dua misi, yaitu “Meningkatkan apresiasi budaya dan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap budaya”.

Museum ini menyuguhkan bagi Anda koleksi sejarah, alam, arkeologi, kebudayaan, era pembangunan, dan wawasan nusantara.

Nama Ronggowarsito diambil dari nama salah satu pujangga Indonesia terkenal dengan hasil karyanya dalam bidang filsafat dan kebudayaan. Museum ini menempati luas tanah 1,8 ha dan dibuka setiap hari pukul 08.00-14.00 WIB kecuali hari Senin.

Dinamakan Museum Negeri Ronggowarsito dengan beberapa pertimbangan antar lain karena Rongowarsito merupakan pujangga besar, yang telah banyak meninggalkan kebudayaan bagi masyarakat Indonesia pada umumnya dan masyarakat Jawa pada khususnya yaitu yang berupa buku-buku dan naskah.

Museum Jawa Tengah Ronggowarsito, merupakan Museum yang memiliki koleksi terbesar dan unsur pendukung lain adalah kelengkapan layanan dan sarana yang tersedia. Museum Ronggowarsito telah bersiap diri mulai dari Tata Pameran, pemandu, souvenir shop, layanan Audio Visual, Free Hot Spot Area, Ruang Apresiasi Seni, Meeting Room, Ticketing dan Travel Biro serta Limo Transport Shuttle telah di gelar menanti kunjungan masyarakat dalam dan luar negeri. Mulai pukul 07.30 sampai 15.00 WIB, ruang psamer tetap dapat dikunjungi dan selalu buka bahkan dihari libur dan hari Besar, ini satu-satunya museum negeri yang setiap hari buka tidak pernah libur.

Museum Jawa Tengah Ronggowarsito Semarang memiliki total koleksi mencapai 59.784 unit yang terdiri dari berbagai kategori koleksi. Koleksi terbanyak adalah kategori numismatik-heraldika, yakni mata uang dan tanda pangkat. Jumlah koleksi numismatik-heraldika tersebut mencapai 44.961 unit, kategori etnografi sebanyak 6.803 unit, dan koleksi benda-benda arkeologi berjumlah 5.211 unit.

Jumlah koleksi keramik, kata dia, sebanyak 1.199 unit, biologi sebanyak 617 unit, historika sebanyak 318 unit, seni rupa 397 unit, dan geologika berupa batuan alam sebanyak 200 unit. Koleksi yang jumlahnya masih sedikit kategori filologika, berupa naskah atau manuskrip yang hanya 36 unit dan teknologika, seperti mesin ketik kuno sebanyak 42 unit.

Museum Jawa Tengah Ronggowarsito, termasuk museum provinsi terbesar di Indonesia dalam hal jumlah koleksi dan keluasan bangunan. Museum ronggowarsito dirancang sesuai dengan standar museum di Asia tenggara. Luas bangunan kira-kira 8.438 m persegi. Yang mencakup pendopo, gedung pertemuan, gedung pameran tetap, perpustakaan, laboratorium, perkantoran. PortalSemarang.Com

 

OBJEK WISATA | HOTEL  & PENGINAPAN | KULINER | TOUR AND TRAVEL | SHOPING GUIDE | RONGGOWARSITO


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


Get Widget