Yozar dan Selestia, Jalan Sulit Menulis Novel Fantasi

Setelah diluncurkan sebulan lalu di Jakarta, novel Selestia dan Penjara Teka-teki karya Yozar Firdaus Amrullah didiskusikan Sabtu (18/2) di kantor redaksi Koran Pagi Wawasan, Semarang. Pilihannya untuk menulis fiksi remaja bergenre fantasi dipuji sebagai langkah berani.

Mengapa berani? Novelis Wiwien Wintarto berpendapat ada dua hal yang membuat Yoazar dianggap berani. Pertama, menulis fiksi anak sendiri merupakan kegiatan yang secara teknis tidak mudah. Orang dewasa yang terbiasa berpikir dan berbahasa sesuai perkembangan intelektualnya harus bercerita dengan logika anak-anak.

Kedua, untuk menulis cerita fantasi penulis harus membuat hukum-hukumnya sendiri yang tidak ada dalam kehidupan riil. Hukum-hukum itu harus dirangkai sedemikian rupa supaya terasa masuk akal. Bagi kebanyakan penulis, ini adalah pjalan sulit.

“Penulis-penulis kondang pun, yang biasa nulis serius, akan kesulitan nulis cerita anak. Apalagi juga harus membuat aturan-aturan sendiri supaya masuk akal” kata penulis novel teenlit ini dalam acara yang dihadiri sejumlah pemimpin redaksi media massa ini.

Menurutnya, para penulis cerita selalu dihadapkan pada  dua pilihan, yaitu jalan mudah dan jalan sulit. Jalan mudah berarti membuat cerita yang secara teknis dan ggasan relatif familiar. Adapun jalan sulit berarti pilihan untuk menempuh cara-cara baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Yozar sendiri mengungkapkan, pilihan terhadap fiksi anak genre fantasi ini lantaran merasa tertantang. Di karya-karya (Selestia adalah karya ketujuhnya) sebelumnya ia menulis dengan memilih “jalan mudah”.

“Ya memang relatif lebih sulit, tapi ini menantang. Di karya-karya sebelumnya saya menulis teenlit yang mudah,” katanya.

Wisnu T Hanggo dari Southeast Asian Press Alliance (SEAPA) mengapresiasi penerbitan novel ini sekaligus berharap kehadirannya akan mendorong tradisi baca masyarakat. Harapan itu ia ungkapkan karena, menurutnya, tradisi baca dalam masyarakat Indonesia demikian lemah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.