Wujudkan Kampus Bebas Narkoba, 7.420 Maba Unnes Dites Urine

Untuk mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba di kalangan mahasiswa, Universitas Negeri Semarang (Unnes) melakukan tes urine bagi 7.420 mahasiswa baru angkatan 2016, Sabtu (20/8).

Mengingat banyaknya jumlah peserta, Unnes melibatkan 22 personel dari Kepolisian Daerah  (Polda) Jateng, 40 personel dari Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jateng, 90 personel dari Kepolisian Resor Besar Semarang (Polrestabes) Semarang dan 41 personel dari Pusat Layanan Kesehatan Unnes.

“Ini adalah peran Unnes dalam mengantisipasi peredaran narkoba di dalam kampus. Unnes akan menerapkan kebijakan tegas bagi pimpinan atau mahasiswa yang terlibat dalam perederan atau mengonsumsi narkoba,” ujar Wakil Rektor Bidang Kerjasama Prof YL Sukestiyarno MS PhD.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UnnesBambang BR menyampaikan bahwa mahasiswa telah menjadi sasaran pengedar narkoba.

“Padahal mereka adalah aset bangsa yang kelak akan meneruskan tampuk kepemimpinan. Karena itu, dengan tegas UNNES konsisten akan memberantas peredaran narkoba di kampus konservasi ini”, katanya.

Kedepan, tes narkoba akan dilakukan secara rutin bagi setiap mahasiswa  Unnes. Hal tersebut dilakukan sebagai edukasi  dan antisipasi penyalahgunaan narkoba di kalangan civitas akademika Unnes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.