Wow! Undip Sediakan Dana Riset Hingga Rp150 Miliar

Universitas Diponegoro (Undip) menyediakan dana hingga Rp150 miliar untuk riset dan publikasi hasil penelitian. Secara prosentase, dana riset dinaikkan dari 7 persen hingga 15 persen dari keseluruhan dan universitas.

Pembantu Rektor I Undip Prof. M.Zainuri mengatakan hal itu ketika membuka “International Symposium And Collaborative Network On Engineering, Energy, Environmental Sustainaability and Foot Security, Selasa, (8/9) di Gedung ICT Undip Tembalang.

Undip sudah menetapkan kebijakan dari 11 fakultas dan program pascasarjana minimal melaksanakan minimal dua kali internasional seminar atau simposium atas hasil penelitian dari para staf pengajar di lingkungan unit masing-masing, universitas akan membiayai  simposium Internasional yang menghasikan proceeding berindeks scopus, di mana ini merupakan landasan untuk menjadi universitas ranking 500 dunia.

Peningkatan alokasi dana penelitian dinilai Zainuri diperlukan untuk mewujudkan produk-produk indutri yang tangguh, unggul serta berdaya saing tinggi. Hasil-hasil riset di bidang ini perlu saling dikomunikasikan agar dapat dimanfaatkan secara maksimal. Dalam hal ini keberadaan perguruan tinggi (PT) memiliki peran yang strategis.

Perkembangan wacana tentang universitas riset terutama dalam konteks kemitraan perguruan tinggi antar negara kembali mengemuka seiring dengan misi untuk mewujudkan universitas riset berkelas dunia dan masuk menjadi salah satu dari 500 universitas terbaik dunia.

Simposium ini merupakan upaya untuk  mendapatkan pengakuan internasional bahwa Undip merupakan universitas riset yang memiliki kemampuan untuk mengeksplorasi dan mengembangkan teknologi, dasar dari universitas riset adalah pada hasil penelitian yang hasil penelitian itu dapat dikomunikasikan dan diakui secara internasional

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.