Wisata Pendidikan di Kebun Binatang Mangkang

Kebun Binatang Mangkang bisa jadi pilihan jika anda bosan dengan tempat wisata yang itu-itu saja? Tempat yang nama resminya adalah Taman Margasatwa Mangkang ini menjanjikan wisata yang asyik sekaligus mendidik. Ada banyak jenis binatang yang bisa disaksikan. Selain itu ada juga berbagai wahana permainan yang bisa anda nikmati bersama keluarga.

Kebun binatang Mangkang terletak di perbatasan Semarang-Kendal. Tempat yang dibuka pada Februari 2007 ini dibangun untuk menggantikan kebun binatang Tinjomoyo Semarang yang dianggap sudah tak representatif lagi.

Lokasi baru ini diharapkan membuat jumlah pengunjung semakin bertambah karena aksesnya lebih mudah dicapai. Sebab, Kebun Binatang Mangkang terletak di pinggir jalan, bersebarangan dengan terminal Mangkang.

Kebun Binatang Mangkang kini sudah memiliki sekitar 150 ekor hewan yang terdiri dari 40 jenis spesies. Ada Ular, Rusa, Gajah, Orangutan, juga Harimau.

Pengelola kebun binatang Mangkang dalam waktu dekat juga akan menambah koleksi hewan. Seperti 1 Harimau Benggala dan sepasang Singa yang didatangkan dari Kebun Binatang Seruling Mas Banjarnegara.

Kepala Kebung Binatang Mangkang Kusyanto mengatakan, semua hewan itu ditempatkan di areal seluas 9 hektar. “Ada yang ditempatkan di kandang, ada juga yang di ruang terbuka sesuai habitatnya,” katanya.

Cukup dengan tiket masuk Rp 1500,- pada hari biasa dan Rp 3000,- di hari libur, Anda sekeluarga dapat menikmati keanekaragaman jenis satwa di sini. Pengunjung juga bisa berfoto bersama Ular dan Burung. Atau menikmati sensasi naik Gajah cukup dengan mebayar Rp 5000,-.

“Ada juga fasilitas lain seperti Outbound Kids, Kereta Mini yang akan membawa pengunjung berkeliling Bonbin, juga Becak Air yang bisa dikendarai di tengah danau,” ujarnya.

Bila lelah berkeliling melihat koleksi binatang, anak-anak juga bisa mencoba fasilitas Flying Fox yang telah lama ada di Kebun binatang Mangkang, Jaring Laba-Laba, dan lain sebagainya. Bonbin Mangkang paling ramai dikunjungi pada hari Minggu atau hari libur. Pada akhir pekan, jumlah pengunjung bisa mencapai 1000 orang per hari. Sedangkan hari biasa sebanyak 100 orang per hari.

“ Sebagian besar pengunjung adalah rombongan anak sekolah, 50 persen berasal dari Semarang sisanya dari luar kota”, terangnya. Dalam waktu dekat, pengelola Kebun Binatang tersebut akan menambah jumlah pohon peneduh, memperbanyak Shelter dan memperluas lahan parkir agar pengunjung semakin nyaman. PortalSemarang.com

OBJEK WISATA LAIN |   HOTEL PENGINAPAN KULINER | TOUR AND TRAVEL |   KEBUN BINATANG MANGKANG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.