Walikota Semarang: Pengembang Jangan Hanya Cari Untung

Walikota Semarang Hendrar Prihadi menegur pengembang perumahan yang tak memedulikan lingkungan ketika membangun kompleks perumahan.

Teguran itu disampaikan langsung kepada para pengembang perumahan saat Sosialisasi dan Penyerahan Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum Perumahan dan Pemukiman di Thamrin Square, Selasa (23/12).

“Pengembang perumahan jangan hanya berfikir dan berorientasi pada bisnis saja. Tapi juga harus memperhatikan lingkungan dan dampak sosial. Jika hanya berfikir keuntungan saja, itu namanya merugikan konsumen dan masyarakat sekitar,” tegasnya.

Dia menyayangkan, ketika di wilayah Semarang bagian atas seperti Sendangmulyo, Kecamatan Tembalang kini memiliki persoalan banjir. Setelah dicek dan dianalisis, persoalan banjir di sana karena disebabkan kapasitas drainase yang tak memadahi.

Apalagi saat ini, banyak pengembang perumahan yang hanya memikirkan dan membangun drainase untuk kepentingan kompleks perumahan yang dibangunnya saja.

Mereka tak memperhatikan persoalan secara menyeluruh serta dampak dari tak tertatanya drainase lingkungan.

“Penataan drainase tak bisa hanya per kawasan, harus menyeluruh. Karena jika drainase buruk, dampaknya banjir di wilayah sekitar. Persoalan lingkungan ini yang harus diperhatikan para pengembang. Jangan merugikan warga sekitar,” paparnya.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *