Wah, Bayar Pajak di Samsat Online Semarang Hanya 5 Menit

Kalau ada layanan publik yang sepengalaman saya memuaskan, Samsat Online Semarang adalah salah satunya. Meski sudah 10 tahun memiliki motor, saya baru memanfaatkan layanan Samsat online hari ini.

Pajak kendaraan bermotor saya jatuh tempo 19 Oktober 2015. Sudah lama ingin saya bayar. Tapi karena kendaraan masih berplat luar kota, rencana itu tertunda terus.

Akhirnya ada teman yang memberi , sementara hari ini sudah 12 November. Lalu teman mengingatkan supaya dibayar di Semarang saja. Di Semarang layanan Samsat sudah online sehingga bisa meng-cover pajak kendaraan dari berbagai daerah.

Ada tiga kantor Samsat di Semarang, yakni di DP Mall (Jalan Pemuda), di Srondol, dan di Kalibanteng (Jalan Siliwangi). Saya memilih ke DP Mall untuk sekalian ketemu teman di Balaikota.

Di kantor ini, Anda hanya harus membawa tiga kelengkapan, yaitu BPKB asli, STNK asli, dan KTP asli. Ketiganya diserahkan kepada petugas. Saya tinggal duduk, bercengkrama dengan warga lain.

Tak lebih dari 5 menit, nama saya dipanggil. Petugas menyebutkan jumlah uang yang harus saya bayar, yakni Rp182.000. Setelah saya bayar, STNK baru, BPKP, dan KTP bisa segera diambil.  Sayangnya petugas tidak memberi kuitansi.

Bagi warga yang bertahun-tahun trauma dengan pelayan publik yang lama dan bertele-tele, pengalaman membayar pajak kendaraan di Samsat Online amat menyenangkan. Mereka memenuhi janji mereka: maksimal lima menit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.