Usaha Kos-kosan Sebagai Usaha yang Menjanjikan

Mempunyai usaha kos-kosan adalah usaha yang sangat menjanjikan. Terlebih lagi usaha ini memberikan hasil tanpa perlu terlalu repot bekerja. Usaha ini cenderung dimiliki oleh orang-orang yang sudah pensiun atau usianya cukup tua karena faktor modal yang cukup dan produktifitas kerja yang sudah menurun. Namun sebenarnya akan lebih baik jika kita berinvestasi di bidang kos-kosan selagi muda dan masih produktif untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Banyak kalangan muda yang ragu untuk menjalankan usaha kos-kosan. Hal ini sangat wajar mengingat modal yang diperlukan untuk memulai usaha kost sangat besar. Untuk memulai sebuah usaha rumah kost, seorang pengusaha kost perlu menyiapkan sebuah rumah kost yang harganya bisa mencapai angka ratusan juta hingga milyaran rupiah.

Selain itu, mengelola sebuah rumah kos merupakan tanggung jawab berat. Anda pastinya tidak ingin mendapat keluhan dari penghuni yang tinggal di rumah kos anda, atau malah mendengar tentang kejadian tidak mengenakkan terjadi di sana bukan?

Terlepas dari besarnya modal yang harus disediakan, usaha kos kosan menawarkan banyak keuntungan. Beberapa keuntungan dari menjalankan usaha kos antara lain:

1. Permintaan rumah kost yang sangat tinggi.
Pangsa pasar usaha bisnis kos-kosan adalah  mahasiswa atau karyawan. Meski usaha kost tidak membutuhkan banyak tenaga, tetapi harus ada usaha dan trik bagaimana caranya agar kos selalu ramai oleh para penyewa. Salah satu triknya adalah dengan membangun sebuah kos di sekitar kawasan kampus atau kantor. Dengan demikian akan lebih memudahkan para penyewa kost, dan mereka akan banyak mencari kos yang dekat dengan kampus atau kantor.

2. Memberikan penghasilan rutin dan jangka panjang.
Pengahasilan usaha kos kosan akan memberikan penghasilan atau uang online setiap bulannya dalam jangka panjang, dan bukan tidak mungkin Anda akan bisa mendapatkan keuntungan dua kali lipat. Jika Anda bisa mengatur penghasilan setiap bulannya, Anda bisa menambah usaha Anda dari tempat satu ke tempat lainnya. Tentu dengan catatan harus memilih lokasi yang strategis.

3. Pengelolaan kos yang relatif mudah.
Menjalankan usaha kos sangatlah mudah. Kesibukan akan terjadi di awal ketika Anda membuat kos, yaitu ketika Anda memilih lokasi yang strategis, memilih desain kamar kos, membeli barang-barang yang di perlukan setiap kamar, mencari asisten rumah tangga untuk membersikan kos setiap harinya, dan juga mencari penjaga kos.

4. Peluang untuk memperoleh penghasilan tambahan.
Selain mendapatkan uang dari uang sewa, Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan lain dengan membuka usaha yang berhubungan. Contohnya seperti membuka layanan jasa seperti cuci baju dan menjual barang-barang yang dibutuhkan oleh penghuni kos. Anda juga bisa menawarkan barang-barang kebutuhan sehari-hari seperti pulsa, air mineral, dan juga mie instan. Penggunaan beberapa fasilitas tertentu seperti AC, internet, televisi berlangganan, dan kost dengan kamar mandi dalam juga bisa diperhitungkan sebagai biaya tambahan diluar sewa kos.

5. Penghasilan yang lebih tinggi dibanding menyewakan rumah.
Saat ingin memperoleh penghasilan pasif dari sebuah rumah, ada dua pilihan utama, yaitu disewakan atau dikoskan. Karena alasan kepraktisan, pada umumnya orang lebih memilih menyewakan rumahnya. Menjalankan usaha rumah kos memang sedikit lebih rumit dibanding menyewakan rumah, namun penghasilan yang diperoleh setimpal dengan usaha yang dilakukan. Penghasilan dari menjalankan usaha kos jauh lebih tinggi dibanding menyewakan rumah, terlebih jika Anda menyediakan fasilitas tambahan seperti yang telah kami uraikan di atas.

Membangun kos-kosan atau kontrakan memang harus memerlukan mental yang kuat. Jangan merasa ragu untuk meminta dari bimbingan orang-orang yang sudah profesional. Jika sudah memilih mana yang pas antara kos kosan atau kontrakan, Anda dapat memulainya dengan menyicil pembayaran online kebutuhan apa yang harus dilakukan agar bisa teratur dengan baik.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *