Unpad Akan “Coret” Alumni yang Korupsi, Apa Dasar Hukumnya?

Kejahatan korupsi telah menjadi kesahatan luar biasa di Indonesia. Oleh karena itu, pencegahan dan penindakannya juga harus dilakukan dengan cara luar biasa.

Rektor Universitas Padjajaran (Unpad) Prof. Tri Hanggono Achmad  mewacanakan untuk berpartisipasi melakukan pencegahan dan penindakan korupsi dengan cara mencoret nama alumni yang terbukti korupsi. Jika dimaknai secara pragmatik, kata “mencoret” dapat dimaknai membatalkan gelar akademik yang diberikannya.

“Pada saat wisuda mendatang, ikrar lulusan akan ditambah untuk janji tidak melakukan korupsi,” kata Prof. Tri Hanggono Achmad sebagaimana dirilis website resmi universitas itu.

Ia mengatakan hal itu ketika menghadiri serah terima Ketua Alumni Unpad pada Selasa (10/05).  Menurutnya, alumni harus berperan aktif dalam mengatasi berbagai masalah utama di Indonesia.

Setidaknya, ada tiga permasalahan utama yang saat ini dihadapi di Indonesia, yaitu korupsi, narkoba, dan terorisme. Adapun peran aktif alumni dan Unpad akan lebih terfokus pada penanganan masalah korupsi.

Meskipun rencana ini telah dipublikasikan, Rektor Unpad tidak menjelaskan landasan hukum untuk mengambil tindakan tersebut.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *