Unnes Universitas Terhijau Keempat di Indonesia

Unnes menempati urutan keempat dalam peringkat universitas terhijau di Indonesia. Peringkat tersebut dikeluarkan Greenmetric Universitas Indonesia (UI) pada 22 Januari 2016.

Secara berurutan, peringkat universitas terhijau di Indonesia adalah Universitas Indonesia (6157), Institut Pertanian Bogor (6130), Universitas Diponegoro (5989), Universitas Negeri Semarang (5792) dan Universitas Sebelas Maret (5445).

Adapun di tingkat dunia, urutan lima besar universitas terhijau ditempati oleh University of Nottingham (Skor: 7267), University of Connecticut (7156), University of California, Davis (7134), University College Cork National University of Ireland (7070), dan University of Oxford (6963).

UI Greenmetric mengurutkan 407 universitas dari 65 negara dengan dengan menggunakan enam kriteria universitas hijau. Ke enam indikator universitas hijau itu adalah: pengaturan lingkungan, pengelolaan perubahan iklim dan energi, pengelolaan limbah, pengelolaan air, transportasi hijau dan pendidikan kesadaran lingkungan.

Rektor Unnes, Prof Dr Fathur Rokhman MHum, menyampaikan rasa syukur bahwa Unnes diakui sebagai salah satu universitas terhijau di Indonesia.

Rektor optimis pada tahun 2016 peringkat Unnes akan meningkat seiring dengan selesainya proyek pembangunan fisik yang sedang berlangsung, penataan lingkungan yang lebih intensif, pengelolaan transportasi hijau yang lebih profesional dan pengelolaan limbah yang lebih berkesinambungan.

Sebagaimana diberitakan, gedung-gedung yang dibangun Unnes didesain dengan prinsip konservasi. Dengan desain tersebut, gedung di Unnes akan lebih hemat energi, menghasilkan limbah lebih sedikit, dan lebih menyehatkan penggunanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.