Unnes Buka Seleksi Jalur Prestasi, Inilah Syarat bagi Siswa Agar Bisa Mengikutinya

Penerimaan mahasiswa baru Universitas Negeri Semarang (UNNES) dilakukan melalui tiga jalur. Selain SNMPTN dan SBMPTN yang diselenggarakan secara nasional, UNNES juga membuka penerimaan melalui jalur mandiri.

Jalur mandiri diselenggarakan dalam dua mekanisme, yaitu seleksi mandiri jalur prestasi dan seleksi mandiri jalur tertulis.

Lalu, siapa saja siswa yang dapat mengikuti seleksi mandiri jalur prestasi? Berdasarkan pengumuman Nomor 24/UN37/DL/2017, Rektor UNNES Prof Fathur Rokhman MHum menyampaikan sejumlah persyaratan siswa dapat mengikuti seleksi ini.

Pertama, memiliki prestasi sebagai juara I, II, atau III (medali emas, perak, atau perunggu) minimal di tingkat provinsi dalam bidang olahraga, seni, olimpiade bidang studi, atau keagamaan selama menjadi siswa SMA/SMK/MA/sederajat.

Kedua, memiliki prestasi sebagai juara I (medali emas) minimal di tingkat kabupaten/kota dalam bidang olahraga, seni, olimpiade bidang studi, atau keagamaan selama menjadi siswa SMA/SMK/MA/sederajat.

Ketiga, mempunyai keahlian atau kemampuan luar biasa yang dibuktikan dengan surat keterangan atau sertifikat dari lembaga. Misalnya, hafidz Al-Quran 20 juz, penemu teknologi tepat guna, memiliki hak cipta, paten, dan lain sebagainya.

Secara teknis, tim seleksi telah mengatur ketentuan jenis kejuaraan yang diakui sebagai persyaratan dan tidak. Ketentuan ini digunakan untuk memastikan bahwa prestasi tersebut benar adanya dan diakui oleh lembaga berwenang.

Siswa yang memenuhi persyaratan tersebut tidak otomatis lolos. Peserta akan diwawancari oleh tim seleksi terdahulu.

Berdasarkan pengumuman yang sama, seleksi mandiri jalur prestasi UNNES akan dibuka pada 1 Februari dan ditutup pada 1 April 2017. Pendaftaran dapat dilakukan  melalui laman http://penerimaan.unnes.ac.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.