Unpand – Universitas Pandanaran

Universitas Pandanaran (Unpand) berdiri sejak tahun 1996 di Semarang dengan nama lengkap Universitas Ki Ageng Pandanaran Semarang. Secara yuridis kelhirannya dikukuhkan dengan   SK Mendikbud Nomor 59/D/O/1996.

Sutrisno Suharto (Walikota Semarang  1990-2000) adalah tokoh yang tak bisa dipisahkan dari sejarah Unpand karena jasa-jasanya.

Kelangsungan  penyelenggaraan Universitas Pandanaran Semarang tidak lepas dari keberadaan Yayasan Abdi Masyarakat Korpri Kota Semarang. Bahkan, secara operasional Universitas Pandanaran kini masih di kelola oleh Yayasan tersebut.

Lima Fakultas

Universitas Pandanaran Semarang memiliki 3 (lima) fakultas dengan  10 (sepuluh) Jurusan/Program Studi meliputi  Program Studi Strata Satu (S1) yang terdiri dari Program Studi Teknik Arsitektur, Manajemen dan Akuntansi serta Program Diploma III (D III) meliputi Program Studi Teknik Elektro, Teknik Lingkungan, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Sipil, ilmu Komunikasi dan Ilmu Administrasi Niaga.

Pada tahun  2004, Unpand meresmikan gedung milik sendiri di daerah Tembalang, yang berdekatan dengan kampus universitas negeri di Semarang. Peresmian dilakukan oleh Gubernur Jawa Tengah  saat itu, Bp. Mardiyanto. Tepatnya tanggal 5 Maret 2004.

Saat ini Universitas Pandanaran terbagi dalam 10 Program Studi yang dikelompokkan pada 3 Fakultas yang ada. Sejak awal Universitas Pandanaran berdiri hingga sekarang telah berhasil meluluskan lulusan lebih dari 1000 orang . Terdiri dari lulusan Ahli Madya sebanyak 836 orang dan lulusan Sarjana sebanyak 234 orang.

Alumni Universitas Pandanaran Semarang telah banyak tersebar di berbagai perusahaan antara lain : PLN, Hotel Patra, PNS, Studio TV,  BUMN, Polytron, dan wirausaha. Ssebagian alumni banyak yang telah melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi ke universitas negeri.

Inu Kencana

Sejak 2010 Universitas Pandanaran dipimpin oleh Inu Kencana Syafei, mantan dosen IPDN. Dalam Inu Kencana, Dari IPDN ke Pandanaran, ia mengaku jabatan sebagai rektor itu karena tidak sengaja. Awalnya ia hanya mendaftar sebagai dosen biasa. Namun karena di sana tidak ada jurusan pemerintahan ia ditawari menjadi rektor. 

Universitas Pandanaran Semarang
Alamat: Jl Banjarsari Barat No 1. Semarang. Indonesia. 50237
Telephone: (024) 70797974 : Website: www.unpand.ac.id


SEJARAH | PROGRAM STUDI | KEUNGGULAN | BIAYA KULIAH | ARSIP UNPAND

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.