Unissula Juara MTQ Mahasiswa se-Jateng

KONTINGEN Unissula berhasil menjadi yang terbaik diantara 109 PTN/PTS dan keluar sebagai juara  umum dalam kompetisi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Mahasiswa XXIV tingkat Provinsi Jawa Tengah yang berlangsung di Asrama Haji Transit Manyaran Semarang  (3/5).

Unissula mendapat skor tertinggi yakni  20 melalui Juara I Tafsir Bahasa Inggris Argo Victoria (Fakultas Agama Islam), Juara I Musabaqoh Makalah Ilmiah Alqur’an (M2IQ) Moh Farhan (Fakultas Agama Islam), juara II hafidz Wahyu Hidayah Silmi (Fakultas Agama Islam), Juara II Hafidzah Nur Diana Avivah (Fakultas Agama Islam, Juara III Tafsir Bahasa Inggris Marlis Herni Afridah (Fakultas Teknologi Industri).

Peringkat kedua, diraih IAIN Walisongo dengan skor 13, peringkat ketiga, diraih STAIN Pekalongan dengan skor 9. Keempat, diraih STAIN Kudus dengan skor 7. Kelima, diraih UNS Surakarta dengan skor 6.

Dalam Musabaqah ini terdiri dari 4 cabang perlombaan yaitu cabang Tahfidz Al-Qur’an 1 Juz, cabang Tilawah Putra-Putri, Cabang Tafsir Bahasa Inggris Putra-Putri, dan cabang (M2IQ) Putra-Putri.

Rektor Unissula Prof Dr Laode M Kamaluddin menyambut antusias keberhasilan para mahasiswanya. “Keberhasilan Tim MTQ melengkapi prestasi membanggakan Unissula dalam dua bulan terakhir.  Hampir semua delegasi Unissula di berbagai kompetisi berhasil menjadi juara dan menjadi wakil Jawa Tengah di Kompetisi nasional seperti kompetisi mahasiswa berprestasi, dosen dan tenaga kependidikan berprestasi tingkat Kopertis VI bulan lalu antara lain Dr Mutamimah SE MSi juara dosen berprestasi, Abdul Rochim ST MT juara ketua program studi berprestasi, Adityo Wibowo ST MEng, juara tenaga administrasi akademik berprestasi, Indah Setiawati SPd juara pengelola keuangan berprestasi, Atiya Mahmud Hana juara mahasiswa berprestasi. Serta menjadi juara di Kompetisi Robot Indonesia (KRI) se Jateng-DIY (29/4) dan berhak melaju ke tingkat nasional.”

Masih menurut Laode berbagai prestasi tersebut memperlihatkan bahwa sistem pendidikan dan pembinaan yang dilakukan Unissula untuk mengkader  mahasiswa prestatif dan kompetitif telah berjalan baik dan semoga akan semakin meningkat di masa mendatang. Ujarnya.

Sementara itu Nurkhamdi SH pembina MTQ mahasiswa Unissula mengatakan kemenangan ini menjadi modal berharga sebelum berlaga di MTQ nasional. Ia berharap para mahasiswanya akan memberikan kontribusi yang lebih baik di tingkat nasional karena tidak hanya membawa nama Unissula tapi juga Jawa Tengah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.