Unissula Dorong Alumni Berwirausaha

UNISSULA berkomitmen tidak hanya melahirkan para pencari kerja, tapi juga pencipta lapangan kerja.  Pada hari kedua(17/04) pembekalan wisuda untuk S1, kali ini diisi Mapping Bisnis IKA (Ikatan Alumni) Unissula . Dipandu oleh Sekjend IKA Unissula , Nuridin S. Ag MPd, open discussion tersebut menghadirkan Unissula H. Jawade Hafidz, SH, MH selaku Ketua Umum IKA Unissula.

Acara yang berlangsung di Aula Letkol dr. Soetomo Bariodipoero Lt. 3 Gedung Ar Razi (FK Unissula ) ini berlangsung cukup meriah karena dihadiri sekitar hampir 800 orang mahasiswa.

“Mental baja merupakan modal pertama seseorang untuk memulai bisnis. Kalau mental aja ga punya, ya bakal susah ke depannya. Setelah itu baru networking. Percaya ga percaya, kalau kita punya banyak teman, banyak jaringan, maka akan banyak kesempatan bagus datang kepada kita. Jadi mulai sekarang kalian harus aktif terlibat dalam berbagai komunitas, karena dari situ awal kesuksesan kalian,” kata Jawade mengawali diskusi

Selanjutnya berpikir cerdas dan berorientasi juga menjadi kriteria yang harus dimiliki seorang enterpreneur. Tidak lupa juga refleksi terhadap masa lalu. Refleksi ini merupakan bagaimana kita mengukur pencapaian yang telah kita raih untuk bisa menjadi lebih baik lagi. Tentunya hal tersebut akan menjadi mudah bila kita selalu berpikir dinamis serta kreatif.

“Menjalankan bisnis itu banyak godaannya. Jadi kitapun harus memiliki jiwa problem solving. Tanpa itu tentu saja akan sulit. Ketika bisnis kita menghadapi masalah, kita harus berpikir bagaimana keluar dari masalah tersebut dan menyelamatkan bisnis kita. Kalau tidak ya pasti tiap ketemu jalan buntu selalu dan bisnis kita tidak akan survive, ” tegas Jawade lagi.

Acara Mapping bisnis IKA Unissula terlihat semakin hidup ketika sesi tanya jawab dibuka. Antusiasme para peserta pembekalan wisuda terhadap materi yang disampaikan oleh Wakil Dekan 1 FH Unissula tersebut sangat tinggi. Setelah dzuhur acara dilanjutkan dengan agenda silaturahmi dan penyerahan daftar alumni dari fakultas kepada IKA Unissula .

Dalam kesempatan tersebut secara bergantian memberikan sambutan Drs. Widiyanto, M.Si, Ph.D (Wakil Rektor I), Prof Dr H. Gunarto, S.H.,S.E.Akt.,M.Hum (Wakil Rektor II), Drs. H. Ali Bowo Tjahjono, MPd (Wakil Rektor IV). Tidak lupa para dekan dari 10 fakultas yang diwisuda periode ini juga turut menyampaikan ucapan selamat dan kebanggaan mereka atas prestasi yang telah dicapai oleh para calon peserta wisuda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.