Undip Top 7 Universitas di Indonesia

PEMERINGKATAN universitas di dunia versi QS baru saja dirilis.  Ternyata hanya delapan universitas di Indonesia yang berhasil masuk di Top 700 dunia untuk tahun 2011. Secara berurutan delapan universitas tersebut adalah UI, UGM, ITB, UNAIR, ITS, IPB, UNDIP, dan UB.

Tahun ini Undip menempati peringkat 601+ dunia atau peringkat 7 Indonesia. Peningkatan peringkat hanya diraih UI yang naik dari 236 ke 217.

Pada pemeringkatan tahun 2011 ini, empat perguruan tinggi Indonesia (ITS, IPB, UNDIP, dan UB) hanya menempati peringkat 601+ atau turun jika dibandingkan tahun lalu.

QS rutin merilis pemeringkatan top universities pada tiap semester. Pemeringkatan dilakukan berdasarkan sejumlah indikator.

Kualitas Akademik (Academic Reputation) lewat survei di kalangan akademik dengan pembobotan senilai 40 persen. Kesiapan Lulusan Masuk Dunia Kerja (Employer Reputation) sebuah survei untuk menguak informasi tentang kesiapan kerja lulusan serta tingkat kepuasannya (bobot 10 persen).

Hasil Penelitian yang dikutip per dosen (citations per faculty), yaitu seberapa banyak penelitian universitas terkait dikutip tiap dosen yang tertangkap di Scopus, ISI Web of Science, dan Google Scholar (bobot 20 persen).

Rasio mahasiswa terhadap staf pengajarnya (student to faculty ratio) dengan bobot 20 persen.Jumlah Mahasiswa Asing, international students (5 persen) yaitu jumlah mahasiswa internasional.

Jumlah Dosen Asing, international faculty (5 persen) yaitu jumlah dosen yang berasal dari luar negeri yang mengajar di suatu perguruan tinggi.[]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.