Undip Tawarkan 500 Beasiswa Bidik Misi

Siswa dari keluarga tidak mampu yang ingin melanjutkan studi ke Undip tak perlu risau. Universitas riset ini menawarkan 500 beasiswa Bidik Misi bagi mereka.

“Jumlahnya tahun ini ada 500 beasiswa dan boleh memilih 43 program studi S1 yang ada di Undip, tetapi sebenarnya Undup mengajukan 1.000 usulan beasiswa tetapi masih harus menunggu persetujuan dikti, semoga saja tahun ini jumlahnya bisa meningkat,” ungkap Prof. Dr. Hertanto Wahyu Subagyo, Pembantu Rektor I UndipSenin (13/2)

Beasiswa Bidik Misi disalurkan untuk calon mahasiswa berprestasi dari keluarga tidak mampu. Menurut Hertanto, persyaratan utamanya antara pendapatan kotor gabungan orangtua/wali sebesar-besarnya Rp3.000.000,00 setiap bulan, Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp600.000,00 setiap bulannya.

“Dan Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4” jelasnya lebih lanjut.

Ia juga mengatakan bahwa dipastikan semua penerima beasiswa bidik misi adalah sesuai dengan targetnya. “semua prosedur penilaian dilakukan secara fair oleh Dikti, tidak ada permainan apapun jadi yang menerima dipastikan adalah mereka yang berhak” jelasnya.

“Jangan mempercayai bila ada yang menwarkan fasilitasi dan iming-iming masuk ke Undip” tandasnya.

Sedangkan menurut Kasubag layanan kesejahteraan mahasiswa dan alumni, Damami, SH. menambahkan bahwa jumlah penerima beasiswa bidik misi ini sama dengan tahun 2011 yaitu 500 orang, sedangkan pada tahun 2010 Undip mendapatkan alokasi 225 penerima beasiswa.

“500 penerima beasiswa 2011 tersebar di Fakultas Ekonomi, Hukum, Ilmu Budaya, ISIP, Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, MIPA, Teknik, Peternakan dan Pertanian, Perikanan, Psikologi serta mahasiswa dari Program Diploma III” Tambanhya.

“Selama ini semua penerima beasiswa sudah menerima hak-hak mereka dengan lancar, Beasiswa yang diperoleh langsung dipotongkan untuk kepentingan pembayaran SPP dan Praktikum, sementara uang saku langsung ditrasfer ke rekening penerima beasiswa masing-masing” tambahnya

Sementara Ketua UPT Humas Undip, Agus Naryoso menambahkan bahwa penerima beasiswa bidik misi haruslah berstatus sebagai mahasiswa Undip boleh masuk dari SNMPTN Jalur Undangan, Tulis, Ujian Mandiri. “Khusus untuk jalur SNMPTN jalur Undangan hanya diperuntukan bagi pendaftar angkatan 2012” ungkap dia.

“Saat ini Pendaftaran SNMPTN Jalur Undangan oleh siswa masih di buka sampai dengan 8 Maret 2012” ujarnya.

Ia juga mengingatkan bagi mereka yang dinilia oleh Dikti memenuhi persyaratan untuk diberi beasiswa bidik misi, akan memperoleh kartu peserta dan PIN yang akan dipergunakan untuk mengikuti tahapan seleksi ujian masuk dan tidak akan dikenakan biaya pendaftaran.

“Penerima bidik misi yang tidak diterima di Jalur Undangan, silahkan mencoba di SNMPTN jalur ujian tulis, sementara jika masih tidak diterima silahkan mendaftar di Jalur Ujian Mandiri” katanya. Pserta bidik misi agar lebih jelas bisa membaca lebih detail di laman bidikmisi.dikti.go.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.